10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya Lengkap

Posted on

10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya Lengkap

Tugas Malaikat Mikail – Sebagai umat islam tentu kita wajib yakin adanya malaikat, dan beriman kepada malaikat adalah rukun iman yang ke-2. Walaupun malaikat tak bisa kita lihat dengan mata kita sendiri. Jumlah malaikat sebenarnya sangat banyak sekali, dan hanya Allah SWT yang mengetahui jumlah pasti malaikat. Tetapi ada 10 nama malaikat yang wajib kita ketahui beserta tugas-tugasnya.

10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya Lengkap

Mungkin anda sudah sering mendengar nama malaikat. Seperti misalnya Malaikat Jibril yang ditugaskan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada Rasulullah SAW, Nabi serta Rasul yang lainnya. Atau Malaikat Izrail yang bertugas untuk mencabut nyawa setiap makhluk. Berikut ini nama-nama malaikat beserta tugasnya lengkap.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya

Malaikat Jibril

Anda mungkin paling sering mendengar nama malaikat yang satu ini, karena Malaikat Jibril dianggap sebagai salah satu malaikat yang menjadi pemimpin dari para malaikat. Tugas Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu kepada Rasulullah SAW dan para nabi.

Malaikat Mikail

Malaikat Mikail ditugaskan oleh Allah untuk memberi rezeki kepada seluruh makhluk hidup, mengatur air, serta menurunkan hujan dan juga petir. Atau bisa juga rezeki yang berupa harta, kesehatan, atau lainnya. Rasulullah menyebut nama Malaikat Mikail sebagai salah satu pembantu Beliau, yang turun dari langit sebagaimana hadist yang berbunyi :

Baca Juga :  Hikmah Beriman Kepada Malaikat – Pengertian Dan Sifatnya Lengkap

“Sesungguhnya Allah menguatkanku dengan empat pembantu: dua dari penduduk langit yaitu Jibril dan Mikail. Dan dua dari penduduk bumi yaitu Abu Bakar dan Umar.” (HR. Ibnu Abbas)

Malaikat Israfil

Isi rukum iman yang ke-6 adalah iman kepada hari akhir atau kiamat, dan Malaikat Israfil ditugaskan oleh Allah untuk meniup terompek Sangkakala. Terompet ini terus menerus menempel di mulut Malaikat Israfil sampai datangnya perintah Allah untuk meniupnya ketika hari kiamat tiba.

Malaikat Israfil adalah salah satu dari empat malaikat utama, yaitu Malaikat Jibril, Malikat Mikail dan Malaikat Izrail.

Malaikat Izrail

Allah SWT berfirman, setiap yang bernyawa pasti mati. Malaikat yang diberi tugas untuk mencabut nyawa adalah Malaikat Israfil. sesudah seluruh makhluk hidup mati, dan dicabut nyawanya di hari kiamat maka yang tersisa hanyalah Malaikat Izrail. lalu Allah SWT memerintahkan Malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya sendiri.

Demi melihat bagaimana sakaratul maut dirinya sendiri, Malaikat Izrail berkata :

“Ya Allah seandainya saya tahu ternyata pedih sekali sakaratul maut ini, tidak akan tega saya mencabut nyawa seorang mukmin”.

Malaikat Munkar

Sesudah ruh meninggalkan jasadnya atau meninggal, maka ruh akan pergi ke alam barzah atau alam kubur. Kemudian ruh akan ditanya oleh Malaikat Munkar dan Nakir. Pertanyaan akan dimulai saat proses penguburan sudah selesai, dan 70 langkah orang terakhir dari tempat kuburnya mayat tersebut.

“Siapakah Tuhan mu?”, “Siapa Nabi mu?”, “Apa agama mu?”

Bagi siapapun yang dapat menjawab pertanyaan itu, maka mayat tersebut akan diberi keluasan dan diterangkan kuburnya, hingga hari kiamat. Untuk yang tak bisa menjawab maka akan mendapat siksa sampai hari kebangkitan tiba.

Malaikat Nakir

Tugas Malaikat Nakir sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menanyakan apa saja amal perbuatan manusia saat ada di alam barzah.

Baca Juga :  Doa Pernikahan – Arab, Latin Dan Terjemahannya Lengkap

Malaikat Raqib

Terlepas dari manusia yang sering melakukan hal yang buruk, pasti ada hal yang baik yang pernah dilakukan. Perlu diketahui juga bahwa Malaikat Raqiblah yang mencatat segala amal baik yang kita lakukan selama di dunia.

Malaikat Atid

Nama Malaikat Atid selalu berdampingan dengan Malaikat Rakib. Dan tugas Malaikat Atid adalah mencatat segala amal perbuatan buruk yang dilakukan manusia selama di dunia. Yang menjadi kebalikan dari tugas Malaikat Rakib.

Malaikat Malik

Malaikat Malik merupakan pemimpin para Malaikat Zabaniyah yang ada di neraka. Malaikat Malik juga sering dikaitkan dengan Malaikat Ridwan, yang menjaga pintu surga.

Disebutkan di dalam Al-Qur’an:

“Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin. (Sad 38:57)”

“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan ghossaq, sebagai pembalasan yang setimpal.” (QS. An Naba’: 24-26).

Tugas Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka, neraka dipegang dan ditahan oleh 70.000 tali dan setiap talinya ini dipegang oleh 70.000 malaikat. Subhanallah, semoga kita selalu dihindarkan dari api neraka. Amin.

Malaikat Ridwan

Malaikat yang ditugaskan untuk menjaga pintu surga yaitu Malaikat Ridwan. Allah berfirman di dalam Al-Qur’an:

“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah seperti taman mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.” (Ar-Ra’d 13:35).

Itulah tugas Malaikat Mikail yang dilengkapi dengan tugas dari 9 malaikat lainnya yang wajib kita ketahui. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua, dan semoga kita semua termasuk ke dalam orang yang beriman dan calon penghuni surga.

Baca Juga :  Kaligrafi : Pengertian, Definisi dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Baca Juga :