12 Macam Bentuk Muka Bumi Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

12 Macam Bentuk Muka Bumi Lengkap

Bentuk Muka Bumi – Bumi yang kita huni ini tak sepenuhnya berbentuk bulat, dan memiliki permukaan yang tak rata. Artinya terdapat bentuk muka bumi yang bermacam-macam. Permukaan bumi ini ada yang berbentuk cembung atau cekung. Permukaan bumi cembung misalnya gunung, bukit atau pegunungan. Dan permukaan bumi cekung yaitu danau, lembah atau hutan.

12 Macam Bentuk Muka Bumi Lengkap

Ada pula dataran rendah dan tinggi, keadaan ini tidak hanya ada di daratan saja. Di lautan juga ada lembah yang dalam atau palung laut, gunung laut, punggung laut, lubuk laut dan lain sebagainya. Sehingga relief pada permukaan bumi pun bermacam-macam, relief adalah perbedaan tinggi dan rendahnya permukaan bumi.

Bentuk Muka Bumi di Daratan

Penjelasan:

  1. dataran tinggi
  2. jurang
  3. ngarai
  4. lembah
  5. sungai
  6. danau
  7. dataran rendah
  8. pegunungan
  9. bukit

Dataran Tinggi (Plato)

Adalah tanah datar yang tinggi dengan ketinggian ratusan sampai ribuan meter di atas permukaan laut. Daerah yang menonjol ke atas lebih tinggi dari daerah yang ada di sekitarnya serta di puncak datar yang disebut dengan plato. Plato bisa berada di dataran tinggi atau rendah.

Jurang

Lembah yang dalam, sempit dan memiliki dinding yang curam disebut dengan jurang. Anda tentu sudah mengetahui bagaimana bentuk dari jurang tersebut.

Baca Juga :  Metabolisme Protein : Pengertian dan Fungsinya di Dalam Tubuh

Ngarai

Adalah lembah yang dalam dan juga luas yang terletak di dua dinding. Misalnya bila anda pernah ke Ngarai Sianok di Sumatra Barat, atau Ngarai Kalipanur di Jawa Tengah.

Lembah

Adalah bentuk muka bumi yang mempunyai relief cekung dan secara umum dikelilingi oleh gunung atau pegunungan, dan bisa juga berupa bagian tepi sungai. Lembah juga dikenal sebagai bagian kaki atau bawah gunung atau tepi sungai.

Sungai

Adalah aliran air yang besar dan memanjang, serta mengalir secara terus menerus dari  sumber (hulu) ke muara (hilir).

Danau

Adalah cekungan besar pada permukaan bumi yang digenangi dengan air, bisa berupa air tawar atau air asing. Di sekitar cekungan juga dikelilingi daratan. Kebanyakan danau juga digenangi air oleh air tawar dan banyak berada di belahan bumi utara, pada ketinggian yang lebih atas.

Dataran Rendah

Adalah bagian dari permukaan bumi yang menonjol ke atas seperti bentuk kerucut. Ada pula gunung berapi yang aktif dan gunung berapi yang tak aktif. Gunung tersusun atas tiga bagian, yaitu :

  • Puncak gunung (bagian atas)
  • Lereng gunung (bagian tengah)
  • Kaki gunung (bagian bawah)

Dan ada bagian gunung yang disebut dengan lereng, berdasarkan kemiringannya lereng gunung digolongkan menjadi tiga macam yaitu :

  • Lereng landai (kemiringan nya < 45°)
  • Lereng curam (kemiringan nya > 45°)
  • Lereng tegak atau dinding (kemiringan nya = 90°)
  • Pegunungan

Pegunungan adalah daerah yang terdiri dari rangkaian gunung yang memanjang, dengan ketinggian 200 M sampai ribuan M di atas permukaan laut. Pegunungan timbul karena proses patahan serta lipatan karena pengaruh dari tenaga endogen. Berdasarkan ketinggian pegunungan, digolongkan juga menjadi tiga bagian. Diantaranya :

  • Pegunungan tinggi, ketinggian lebih dari 1500 m.
  • Pegunungan menengah, ketinggian antara 500-1500 m.
  • Pegunungan rendah, ketinggian antara 200-300 m.
Baca Juga :  Bioma : Pengertian, Macam-Macam dan Cirinya Lengkap

Perbukitan

Adalah bentuk permukaan bumi yang tinggi memanjang dan tersusun dari bukit dengan ketinggian 20-300 M. perbukitan ini mirip dengan pegunungan, tetapi memiliki ketinggian yang lebih rendah.

Depresi Kontinental

Adalah bagian tanah daratan yang memiliki ketinggian di bawah permukaan laut. Di negara ini juga terdapat depresi kontinental salah satu contohnya yaitu Amsterdam Belanda.

Bentuk Muka Bumi di Lautan

Bentuk muka bumi di lautan juga bermacam-macam tapi sayangnya tak bisa dilihat langsung karena berada di bawah permukaan laut. Diantaranya yaitu :

  1. bukit laut
  2. gunung laut
  3. palung laut

Punggung Laut

Adalah bukit di dasar laut yang tak sampai muncul ke permukaan laut. Punggung laut juga muncul ke permukaan laut. Bila punggung laut muncul ke permukaan laut maka akan berubah menjadi pulau.

Gunung Laut

Adalah gunung yang muncul ke permukaan laut dengan letak kaki yang berada di dasar laut.

Pulau Karang

Adalah pulau yang tersusun atas batu karang baik sebagian ataupun sepenuhnya. Batu karang terbentuk dari binatang karang yang sudah mati dan bertumpuk-tumpuk.

Dangkalan/Shelf/Paparan Benua

Adalah lautan dangkal yang luas dengan kedalaman kurang dari 200 M, kepanjangan dari benua/daratan pulau.

Ambang Laut

Adalahh dasar laut yang dangkal serta memisahkan dua lautan yang dalam.

Lubuk Laut atau Beken

Adalah dasar laut yang membentuk cekungan besar, lebar, dan dalam. Dan bentuknya mirip dengan baskom.

Palung Laut atau Trog

Adalah dasar laut yang dalam, curam, sempit, dan memanjang, karena retakan di dasar laut. Palung laut merupakan bagian dasar laut yang paling dalam.

Demikian pembahasan tentang macam-macam bentuk muka bumi dan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini menambah pengetahuan anda, dan memberi manfaat bagi kita semua.

Baca Juga :  Fase Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Dari Zigot

Baca Juga :