17 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Yang Baik Dan Dinamis Lengkap

Posted on

17 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Yang Baik Dan Dinamis Lengkap

Ciri-Ciri Media Pembelajaran – Di dalam dunia komunikasi terkadang ada persinggungan di dalam objek material, yang dipelajari oleh ilmu komunikasi dengan ilmu yang lainnya. Contohnya ilmu pendidikan. Salah satu hal yang dipelajari di dalam dunia komunikasi serta mempunyai penerapan pada dunia pembelajaran, yaitu tentang media pembelajaran yang mempunyai sejarah media pembelajaran. Yang juga harus dipelajari. Media pembelajaran juga dapat dipelajari di dalam ilmu pendidikan, sebagai salah satu hal yang penting di dalam proses pendidikan bagi siswa didik. Pendidikan yang baik juga mampu membuat seseorang yang tidak bisa, menjadi memiliki kemampuan tertentu melalui serangkaian proses pemberian wawasan dan juga pelatihan di dalam satu hal yang digunakan pada proses pembelajaran tersebut. yaitu media pembelajaran. Yang juga memiliki fungsi media komunikasi tertentu.

17 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Yang Baik Dan Dinamis

Sehingga dalam artikel kali ini kita akan membahas ciri-ciri media pembelajaran secara lengkap. Yang menjadi salah satu bentuk usaha, dalam memahami komunikasi yang diterapkan di dalam dunia pembelajaran. Bagi anda yang sedang belajar komunikasi pendidikan, maka media pembelajaran ini sangat penting dipelajari. Sedangkan bagi anda yang awam, anda juga dapat mempelajari media pembelajaran untuk tambahan wawasan yang dapat digunakan di kemudian hari.

Berikut ini ciri-ciri media pembelajaran :

1. Sifatnya material

Ciri media pembelajaran yang pertama adalah bersifat material. Maksudnya adalah memiliki wujud fisik khususnya pada alat-alat peraga, atau model seperti tengkorak manusia yang digunakan pada pelajaran biologi. Di tingkat SMP atau SMA dalam mempelajari anatomi tubuh manusia.

Harus disadari juga bahwa tidak semua media pembelajaran sifatnya fisik, setidaknya tidak seutuhnya bersifat fisik, contohnya pada media pembelajaran yang tipenya audio seperti rekaman percakapan yang digunakan untuk belajar mendengarkan di dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Namun terdapat undusr fisiknya yang menjadi ruang penggunaan media pembelajaran tersebut. sehingga tak ada media pembelajaran yang sifatnya imaterial.

2. Model dari suatu konsep atau gagasan tertentu

Ciri media pembelajaran berikutnya adalah model pada suatu konsep atau realitas tertentu, yang sedang dipelajari dalam mata pelajaran tertentu dalam lingkungan pendidikan misalnya sekolah dasar, sekolah menengah dan lain sebagainya. Karena cenderung menjadi suatu model, maka biasanya media pembelajaran mempunyai elemen yang visual atau audio atau kinestesis yang bisa memudahkan sesorang siswa ketika belajar.

Ada beberapa contoh wujud dalam media pembelajaran yang menunjukkan bahwa media pembelajaran adalah model atas konsep atau realitas tertentu. Misalnya :

  • Anatomi tubuh manusia berupa tulang-tulang
  • Kerangka tubuh katak
  • Kerangka tubuh ikan tertentu
  • Model pertumbuhan atau perkecambahan tanaman tertentu
  • Abstraksi langsung dari konsep segitiga, persegi, lingkaran, dan lain sebagainya
  • Skema atau konseptualisasi model komunikasi
  • Model yang menggambarkan kejadian tsunami atau fenomena alam tertentu
Baca Juga :  Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Lengkap

Karena sifatnya yang menjadi model konsep atau realitas tertentu, maka suatu media pembelajaran bisa memudahkan pemahaman siswa pada suatu konsep atau realitas tertentu yang mungkin sifatnya abstrak jika tidak berwujud konkret dalam bentuk media pembelajaran tertentu.

3. Adaptif

Sifat media pembelajaran adalah adaptif artinya menyesuaikan dengan tingkat pengguna model itu di lapangan. Model pembelajaran yang diberikan kepada anak kecil dalam mempelajari binatang tertentu, tentu berbeda dengan model yang diberikan pada mahasiswa tingkat akhir jurusan biologi. Perbedaan model ini memudahkan siswa atau mahasiswa dalam memahami konsep yang diajarkan, sesuai dengan bidang pelajaran atau jurusan yang dimilikinya.

4. Interaktif

Media pembelajaran juga memiliki ciri interaktif, artinya bisa digunakan oleh siswa yang mengikuti suatu pembelajaran yang diajarkan oleh guru di suatu mata pelajaran tertentu. Ciri ini tidak ada dalam semua media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran tertentu, namun rata-rata dan saat anda melihat dari latar belakang media itu, maka pada umumnya media pembelajaran memiliki sifat yang interaktif dalam memberi peluang yang lebih besar bagi siswa. Ketika mempelajari materi yang diajarkan sehingga mereka bisa mempelajari materi itu dengan lebih cepat. Dan juga menunjang komunikasi intrapersonal siswa itu pada saat sedang belajar.

Beberapa media pembelajaran yang sifatnya interaktif misalnya :

  • Anatomi tubuh manusia
  • Model tsunami atau banjir
  • Model sirkuit listrik

Dengan adanya ciri media pembelajaran yang sifatnya interaktif itulah kita bisa membedakan mana media pembelajaran yang baik atau buruk. Dilihat dari seberapa interaktif media pembelajaran itu dalam membantu siswa dalam mempelajari materi yang diajarkan.

5. Reusable

Media pembelajaran juga memiliki ciri reusable atau bisa digunakan lagi sehingga bukan merupakan barang pakai yang habis, contohnya makanan dan lain sebagainya. Sifat atau ciri ini akan membantu kita dalam membedakan mana media pembelajaran dan mana yang merupakan realitas konkret dari abstraksi yang mendasari dari penggunaan media pembelajaran itu. Selain juga bisa digunakan kembali, media pembelajaran bisa dipecah menjadi bagian yang lebih kecil. Yang akan memungkinkan siswa dalam mempelajari bagian spesifik atau realitas tertentu, yang disimbolkan pada media pembelajaran itu.

6. Ada di area pendidikan

Media pembelajaran tentu ada di area pembelajaran dan pendidikan. Tak mungkin media pembelajaran digunakan di lapangan yang asli, atau di medan yang lainnya. Namun tak semua barang yang ada di lapangan pendidikan bisa disebut dengan media pembelajaran. Contohnya tabung reaksi kimia meskipun ada yang bersifat model pembelajaran, ada juga yang benar-benar merupakan tabung reaksi yang digunakan untuk melakukan proses pencampuran senyawa kimia tertentu. Sehingga akan menghasilkan suatu nyawa tertentu. Meskipun media pembelajaran adalah bagian dari media komunikasi modern yang sudah berkembang. Namun posisinya di dalam dunia pendidikan tak bisa dihapuskan. Meskipun pengaruh media sosial semakin kuat di tengah interaksi dewasa ini.

Baca Juga :  5 Peran Badan Usaha Dalam Perekonomian Nasional

7. Memudahkan penyampaian materi pembelajaran

Bila media pembelajaran atau sarana pembelajaran adalah alat yang bisa berpindah-pindah, dan bisa digunakan untuk membantu proses pembelajaran maka media pembelajaran adalah sarana pembalajaran yang dibuat dengan fungsi dan tujuan yang lebih spesifik. Yaitu untuk membantu guru ketika menyampaikan suatu materi atau konsep tertentu. Dengan lebih konkret dan mudah diterima oleh murid/siswa. Sehingga akan mengurangi beban abstraksi yang dimiliki oleh siswa tersebut, dalam memahami pelajaran tersebut. sebagaimana menurut teori komunikasi interpersonal, bahwa komunikasi akan lebih mudah memahami pesan jika komunikator bisa menunjukkan realitasnya yang dimaksud dengan lebih jelas lagi.

8. Visualisasi

Ciri media pembelajaran yang berikutnya adalah visualisasi. Yaitu suatu media pembelajaran bisa memudahkan seorang siswa, saat memahami konsep abstrak atau realitas yang sedang dipelajari di dalam mata pelajaran. Hingga akan mengurangi tingkat beban pikiran yang dimiliki oleh siswa didik tersebut. dengan ciri atau sifat yang satu ini, media pembelajaran akan sangat membantu siswa didik saat memahami apa yang dipelajari. Khususnya jika siswa didik tersebut memiliki tipe belajar visual yang akan sangat mudah, setelah melihat secara langsung realitas yang sebenarnya dipelajari olehnya.

9. Audio

Media pembelajaran juga memiliki ciri yang sifatnya audio atau bisa didengarkan dengan telinga. Maksudnya media pembelajaran bisa menghadirkan stimulus audio yang sesuai dengan realitas yang disimbolkan untuk membantu siswa dalam mempelajari atau menyimbolkan realitas tertentu. Dibarengi dengan komunikasi yang dilakukan oleh guru, fitur audio yang dimiliki oleh media pembelajaran akan memungkinkan siswa untuk lebih fokus saat memahami materi yang ingin disampaikan. Jika seorang siswa mempunyai model belajar auditori, maka progress belajar siswa jika ingin diajari dengan cara memberikan media pembelajaran yang fokus pada penyampaian audio tertentu kecenderungannya pun akan meningkat.

Sehingga guru harus mengetahui dengan benar, model belajar seperti apa yang sesuai dengan model belajar yang dimiliki oleh para siswa. Dan jika siswa tersebut mempunyai kecenderungan untuk belajar dengan menggunakan suara, maka media pembelajaran yang menggunakan fitur audio untuk membantu belajar akan sangat membantu.

10. Kinestesis

Selain visualisasi dan pemberian stimulus suara, media pembelajaran juga dapat merangsang kegiatan belajar mengajar siswa dalam melakukan perilaku itu. Atau yang lebih dikenal dengan psikomotorik atau kinestesis. Media pembelajaran yang melibatkan siswa melalui interaksi dengan gerakan atau psikomotor contohnya yaitu :

  • Anatomi tubuh manusia
  • Permainan balon udara
  • Abstraksi roket
  • Model gerakan planet
Baca Juga :  Kemandirian : Pengertian, Ciri-ciri, Faktor dan Usaha Menumbuhkan Kemandirian

Dengan melibatkan psikomotor siswa maka siswa akan memiliki ingatan psikomotorik yang bisa membantunya mengingat apa yang ia pelajari sebelumnya, sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Pada siswa yang memiliki gaya belajar dengan model psikomotorik ini, maka media pembelajaran dengan model interaksi yang melibatkan gerakan fisik siswa adalah salah satu media pembelajaran ideal yang dapat diberikan pada seorang siswa yang mempunyai kecenderungan belajar melalui psikomotorik.

11. Edukatif

Seperti nama dan juga latar belakang yang dimilikinya, media pembelajaran bersifat atau memiliki ciri edukatif. Maksudnya media pembelajaran dibuat dan difungsikan dalam rangka pembelajaran, untuk membantu pemahaman materi atau konsep pada siswa dan bukan untuk tujuan yang sebaliknya. Sehingga media pembelajaran yang baik karenanya harus membantu proses belajar siswa, yang menunjang penyampaian materi yang dilakukan oleh guru dan siswanya. Media pembelajaran yang baik harus membantu proses belajar siswa, serta menunjang penyampaian materi yang dilakukan oleh guru dan bukan dengan menghambat atau mempersulitnya.

12. Fiksatif

Ciri fiksatif adalah media pembelajaran yang bisa menangkap, merekam, merekonstruksi ulang suatu konsep tertentu, atau abtraksi tertentu yang lalu dijadikan model yang bisa digunakan secara fisik oleh orang-orang yang mempunyai kepentingan pada model tersebut. dengan adanya sifat atau ciri eksatif ini memungkinkan suatu media pembelajaran, yang akan membantu siswa atau guru dalam menyampaikan materi belajar yang dimilikinya.

13. Distributif

Sifat distributif adalah kemampuan media pembelajaran untuk mentransformasikan konsep yang sudah ia rekam dalam ruang dan waktu tertentu. Yang sesuai dengan keadaan siswa atau proses pembelajarannya yang dialami.

14. Manipulatif

Sifat dan ciri manipulatif bisa direkam dan direkonstruksi dalam jangka waktu yang ringkas, bahkan lebih cepat dari kejadian aslinya. Dengan adanya sifat ini maka media pembelajaran bisa mempercepat proses belajar siswa.

15. Eksploratif

Media pembelajaran memberi ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi materi pelajaran yang sedang dipelajari.

16. Replikatif

Media pembelajaran adalah replika dari suatu konsep atau gagasan dan realitas tertentu, sehingga tingkat kemiripannya bisa jadi tidak seratus persen mirip. Tetapi ada beberapa bagian penting yang persis dengan bentuk asli dan realitas yang disimbolkan.

17. Terbatas

Artinya suatu media pembelajaran hanya dapat mewakili beberapa realitas dengan konsep tertentu, sehingga untuk mempelajari materi yang lain pada siswa dimungkinkan untuk menggunakan media pembelajaran yang lainnya.

Demikian bahasan materi tentang ciri-ciri media pembelajaran yang lengkap. Semoga dapat dipahami dan dipelajari kembali, ketika anda menggunakan media pembelajaran di sekolah.

Baca Juga :