7 Cara Menciptakan Suasana Kondusif Dalam Komunikasi Kantor Lengkap

7 Cara Menciptakan Suasana Kondusif Dalam Komunikasi Kantor Lengkap

Pengertian Kondusif – Pengertian kondusif adalah sebuah sikap yang tenang dan teratur. Sikap kondusif ini sangat penting karena nantinya akan melahirkan ketertiban dalam kehidupan masyarakat. Menurut KBBI kondusif adalah kondisi yang tenang atau yang lebih mudah diartikan adalah kondisi yang tidak semrawut, serta mendukung terjadinya aktivitas atau tujuan tertentu. Misalnya suasana ruang kelas yang kondusif tentu akan membantu kelancaran, dalam proses belajar mengajar siswa di kelas.

Dalam sosiologi pengertian kondusif adalah ketenangan dan ketertiban dalam masyarakat dalam melakukan berbagai macam aktivitas yang ada. Misalnya kondusif dalam berlalu lintas serta kondusif dalam proses pembelajaran.

Sehingga ketenangan dan dukungan adalah intisari dari kata kondusif itu sendiri. Sifat kondusif adalah prasayarat dari tujuan agar bisa berhasil. Suasana yang tidak kondusif artinya adalah suasana yang tidak tenang serta tidak mendukung tujuan tertentu. Sehingga marilah ciptakan suasana yang kondusif dalam bidang apapun.

Berikut ini ada beberapa cara dalam menciptakan suasana yang kondusif di dalam komunikasi di kantor, yang diantaranya yaitu :

1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas komunikasi langsung

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi maka hubungan komunikasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini tentu akan memberi dampak yang positif atau negatif. Bila dilihat dari sisi yang positif, maka kemudahan dalam berkomunikasi ini akan menghemat waktu dan tenaga manusia.

Tetapi efek negatifnya adalah manusia menjadi bergantung dan cenderung memilih pilihan yang mudah, di setiap kesempatan. Padahal ada beberapa hal tertentu yang akan lebih baik dilakukan dengan langsung atau tatap muka. Salah satunya adalah komunikasi di kantor.

Dalam hubungannya dengan rekan kerja, usahakan sebisa mungkin meningkatkan kualitas dalam berkomunikasi. Tak hanya sebagai cara untuk mencapai komunikasi di lingkungan bisnis, tapi juga untuk mempunyai hubungan yang baik dengan rekan kerja. Hubungan yang baik juga akan memudahkan anda dalam menyelesaikan pekerjaan di kantor. Anda bisa bertanya tentang hal yang tak anda pahami, tanpa harus merasa sungkan.

Baca Juga :  Pemilu : Pengertian, Sistem, Cara dan Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap

2. Jangan takut membaur

Di tempat kerja kita akan dituntut untuk bersikap profesional. Tetapi ini bukan alasan untuk tidak bersikap hangat pada orang lain. Jangan sungkan juga untuk menyapa terlebih dahulu dan jangan segan untuk melontarkan candaan ringan, pada sesama teman kerja.

Karena untuk menciptakan tim yang kompak, tak hanya dibutuhkan sikap profesional dan kemampuan individual saja. Tapi perlu adanya sikap tenggang rasa, kenyamanan, dan toleransi satu dengan yang lain. Hal ini juga memerlukan kedekatan secara emosional. Dan kedekatan ini tak akan datang dengan sendirinya, diperlukan kemauan semua pihak untuk saling mengenal.

3. Melakukan kegiatan bersama-sama

Untuk mempererat hubungan di kantor anda juga bisa mencoba cara yang satu ini. Anda memerlukan momen di luar kantor, untuk saling mengenal satu sama lain. Baik dalam kepribadian ataupun cara berpikir orang itu. Sehingga anda bisa menjaga sikap supaya tidak menyinggung rekan kerja anda.

Dengan kegiatan bersama ini anda juga memiliki kesempatan untuk mempunyai hubungan yang lebih dari hanya sebatas rekan kerja. Sehingga suasana di kantor tidak akan melulu soal pekerjaan saja, tapi juga bisa menjadi lingkungan yang menyenangkan.

4. Menjadi diri sendiri

Anda akan lebih mudah dekat dengan orang lain bila selalu menjadi diri sendiri. Memang selalu ada resiko orang lain tak menyukai anda, tetapi anda akan lebih mudah menemukan rekan kerja yang klop yang juga cocok dengan kepribadian anda.

Dengan menjadi diri sendiri, bukan berarti anda akan bersikap semena-mena atau acuh tak acuh. Tapi ada beberapa nilai yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi dengan rekan kerja. Yaitu  toleransi, saling menghargai pendapat, menghindari mendikte atau menghakimi, dan menyampaikan opini tanpa menyinggung atau menentang.

Baca Juga :  Nilai Sosial : Pengertian, Ciri, Sumber, Fungsi Dan Contohnya Lengkap

Dengan menerapkan nilai-nilai itu maka secara tak langsung anda akan belajar cara meningkatkan komunikasi dengan lisan, supaya anda memiliki hubungan yang baik dengan semua orang.

5. Memahami perbedaan pandangan

Setiap orang bisa saja memiliki pandangan yang berbeda-beda pada suatu hal tertentu. Hal itu karena setiap orang berasal dari latar belakang hidup yang berbeda-beda, dengan tradisi atau kebudayaan yang juga berbeda. Budaya itulah yang membentuk pola pikir pada seseorang, dengan nilai yang ditanamkan sejak lahir.

Dengan memahami ini maka anda akan mampu bersikap lebih terbuka, serta menerima perbedaan. Jangan sampai perbedaan persepsi ini menimbulkan suatu pertikaian atau permusuhan. Karena hal ini adalah salah satu penyebab dari kegagalan komunikasi antar budaya.

6. Selesaikan setiap permasalahan dengan cara yang dewasa

Kadang ada saja masalah yang timbul di tempat kerja sehingga menjadi penyebab munculnya konflik dalam berkomunikasi. Sikap yang lepas kontrol ini biasanya karena seseorang sudah terbawa oleh emosi, yang berakhir dengan mencari pelampiasan. Atau bisa juga karena perasaan yang sudah lama terpendam. Misalnya menumpuk rasa tidak suka pada kebiasaan buruk rekan kerja.

Anda bisa menghindari konflik dengan membangun keterbukaan dengan yang lainnya. Caranya yaitu tegurlah rekan kerja anda bila ia salah dan harus membenahi sikapnya. Tapi jangan menghakimi dan mendikte, tapi menegur dengan sikap yang santai antar teman.

7. Memiliki pikiran yang positif

Salah satu cara dalam menciptakan suasana yang kondusif dalam hal komunikasi di kantor, adalah dengan selalu berpikir positif. Untuk menciptakan lingkungan yang positif, anda juga membutuhkan sikap yang positif. Karena energi positif yang anda miliki akan dirasakan oleh orang-orang di sekitar anda.

Baca Juga :  Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Jika anda menanggapi segala sesuatu dengan pandangan yang baik, maka orang lain juga akan menerima apa yang anda beri dengan pikiran yang juga baik.

Sekian artikel tentang pengertian kondusif dan 7 cara dalam menciptakan suasana yang kondusif dalam komunikasi di kantor. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi setiap pembaca dan dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :