Pengertian Hyperlink : Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Contohnya

Pengertian Hyperlink – Pada kesempatan yang membahagiakan ini, kali ini essay.co.id akan membahas tentang mengenai apa itu hyperlink. Pada pembahasan kali ini kami akan membagiakan pengertian hyperlink, jenis-jenis dari hyperlink, fungsinya, contoh dan cara pembuatannya yang akan dibahas secara spesifik dan mudah untuk dimengerti. Untuk pembahasan lebih lanjutnya mari simak artikel dibawah ini.

Pengertian Hyperlink

Hyperlink merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menghubungkan suatu bagaian kedalam suatu slide, file program ataupun bisa juga di halaman web serta masih ada bagian yang lainnya untuk bidak seperti itu. Biasanya hyperlink sendiri digunakan untuk menunjukkan lokasi dari suatu objek atau pada suatu objek yang bisa diperlihatkan maupun untuk dipresentasikan. Hyperlink sendiri dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa dokumen, file, halaman web, dan berbagai objek yang lain.

Definisi yang lain dari hyperlink yaitu suatu teks yang mana teks tersebut akan mengarah ke tampilan halaman lain. Kebanyak orang menyebut hyperlink ini dengan link, dimana ketika kita mengklik hyperlink atau link tersebut akan mengarah ke suatu website. Atau bisa diartikan jika kita sudah mengklik link tersebut kita akan diarahkkan ke browser WWW (World Wide Web) dan selanjutnya akan diarahkan ke suatu halaman atau dokumen yang lain.

Semua wibsite yang ada di google pastinya memiliki hyperlink yang ada di setiap halamannya. Sehingga dengan demikian dapat memudahkan untuk para pengunjung suatu web dalam menjelajahi suatu halaman yang ada di website tersebut.

Pengertian Hyperlink

Berdasarkan penjelasan diatas, sebenernya ada beberapa pengertian lain mengenai hyperlink, diantaranya yaitu:

  • Dalam buku yang menjelaskan tentang cara mudah menguasai Google Docs
    Hyperlink atau yang disebut dengan link adalah sebuah teks yang mana bisa digunakan untuk menuntun kita pada suatu halaman atau url tertentu.
  • Buku TIK SMA Kelas XII
    hyperlink merupakan sebuah teks ataupun gambar yang man jika di klik akan menuju suatu alamat atau halaman pada web tertentu.
  • Pada Buku Desain Web denhan MS Frontpage 97
    Hyperlink merupakan suatu teks yang mana menghubungkan dari suatu halamman www ke suatu halaman www yang lain. Pada dasarnya hyprlink ini memiliki tujuan pada halaman www, namun bisa juga diubah menjadi file multimedia atau bahkan juga dala bentuk program.
  • Wikipedia
    Hyperlink atau dalam bahsa indonesianya memiliki arti pranala merupakan sebuah acuan yang ada dalam suatu dokumen hypertext menuju dokumen yang lain atau sebagai sumber yang lainnya.

Hyperlink merupakan suatu tautan yang didalamnya berupa dokumen elektronik yang mana memungkinkan untuk penggunanya dalam berpindah dari satu dokumen ke dokumen yang sama atau dokumen yang lainnya. Hyperlink sendiri biasanya ditandai dengan teks berwarna biru dan terkadang terdapat gari bawah. Namun desain terseut sebenernya bisa di ubah pada pengaturan CSS pada suatu halaman.

Fungsi Hyperlink

Fungsi Hyperlink

Hyperlink juga memiliki fungsi yang sangat signifikan, dimana fungsi dari hyperlink adalah suatu fungsi yang ada dalam HTML (hyper text Markup Language) yang mena memiliki tujuan untuk memudahkan pengunjung pada suatu web dalam menelusuri sebuah informasi yang ada didalam web yang dikunjungi. Link Itu juga memiliki fungsu sebagai penghubung antara dokumen HTML.

Umumnya hyperlink atau yang disebut dengan link ini ditampilkan dengan huruf yang beda warnanya, akan tetapi kebanyakan hyperlink ini memiliki warna biru. Jika krusor pada mouse yang ada di komputer atau laptop diarah ke hyperlink tersebut nantinya huruf dari hyperlink tersebut akan muncul garis bawahnya dan krusor dari mouse tersebut akan berubah menjadui gambar yang berbentuk tangan yang sedang menunjuk link tersbut. Jika anda pernah mengakses link tersebut maka warna linknya akan berubah mwnjadi warna ungu atau warna yang lainnya.

Biasanya hyperlink ini tidak hanya dipasang pada suatu teks saja, akan tetapi hyperlink juga bisa dipasang pada suatu gambar, sehingga apabila ada yang mengklik gambar tersebut maka akan diarahkan ke tampilan yang lain dari isi sebelumnya.

Jenis-Jenis Hyperlink

Pada dasarnya hyperlink sendiri tidak hanya satu jenis saja. Berikut adalah jenis-jenis hyperlink yang sering kali dipakai dalam pembuatan web, diantaranya yaitu:

  • Absolute Addres

Absolute Addres atau yang disebut juga dengan alamat mutlak merupakan full internet addres (URL) yang mana hal ini memiliputi orotockol, network location, name file dan juga path. Pada umumnya apabila kita memberi backlik pada suatu artikel di halaman web kita sendiri atau web milik orang lain pastinya kita selalu menggunakan hyperlink.

  • Relatif Addres

Relatif Addres atau yang disebut juga dengan alamat relatif yaitu URL yang tidak menyebutkan protocol dan network locationnya, Namun hanya berupa path serta terdapat nama filenya. Kebanyakan hyperlink jenis ini digunakan pada suatu website atau pada blog.

  • Link Ke Section Tertentu Dalam Dokumen

Artinya yatitu membuat sebuah link ke wilayah atau section tertentu yang berasal dari sebuah dokumen atau dari suatu artikel. Atau bisa juga digunakan dalam pembuatan kamus.

  • Text Hyperlink

Text hyperlink sendiri merupakan sebuah tautan sering dijumpau yang mana kata atau frasa dipakai untuk mengarah kesuatu halaman, file atau dokumen yang lian.

  • Image Hyperlink

Image hyperlink merupakan jenis tautan yang menggunakan gambar yang digunakan untuk mengarahkan ke halaman, file atau dokumen yang lainnya.

  • Bookmark Hyperlink

Bookmark hyperlink merupakan jenis tautan yang menggunakan gambar atau teks yang membawa pengunjung ke halaman atau file yang lain.

Cara Kerja Hyperlink

Cara Kerja Hyperlink

Cara kerja dari hyperlink yaitu menggunakan tag <a> dalam HTML, yang mana <a> merupakan kepanjangan dari “anchor”. Tag ini beratribut herf yang mana menunjukkan alamat URL tujuan. Apabila pengunjung mengklik hyperlink tersebut, selanjutnya akan diarahakan ke alamat yang sebelumnya sudah ditentukan.

Cara Membuat Hyperlink

Untuk anda yang penasaran membuat hyperlink berikut adalah cara membuat hyperlink. Hyperlink pada HTML ini dibuat dari tag <a>, Untuk penulisannya hyperlink pada HTML berikut diantaranya: <a href=”URL”>Anchor Text</a>

Contoh Hyperlink

Berikut merupakan contoh hyperlink dari tutorial yang sebelumnya sudah dijelaskan diatas.

  • Hyperlink
    <a href=”https://www.essay.co.id”>essay.Co.Id</a> dan hasilnya adalah Essay.Co.Id

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini mengenai Pengertian Hyperlink : Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Contohnya. Semoga dengan pembahasan diatas tambah dapat membantu dan menambah wawasan anda, sekian terimakasih.