Arti Istiqomah – Tips Dan Manfaat Istiqomah Dalam Kehidupan Lengkap

Posted on

Arti Istiqomah – Tips Dan Manfaat Istiqomah Dalam Kehidupan Lengkap

Pengertian Istiqomah – Walaupun kita sering mendengar kata istiqomah, tetapi masih banyak orang yang belum paham apa makna dari istiqomah tersebut. kata istiqomah sering diucapkan pada beberapa jenis ibadah/pekerjaan tertentu. Makna dari istiqomah ini yaitu lurus, tegak atau dalam bahasa baku yaitu konsisten. Berikut ini penjelasan lengkap tentang pengertian istiqomah.

Para Ulama’ yang Memberikan Definisi dari Kata Istiqomah

  1. Abu Bakar Ash Sidiq : Istiqomah adalah tidak menyekutukan Allah dengan apapun.
  2. Umar Bin Khatab : Istiqomah adalah anjuran untuk dapat bertahan dalam sebuah perintah, dan larangan untuk tidak berpaling dari yang lainnya seperti musang.
  3. Ustman Bin Affan : Istiqomah adalah ikhlas.
  4. Ali Bin Abi Thalib : Istiqomah adalah tindakan dalam melakukan sebuah kewajiban.
  5. Ibnu Abbas : Istiqomah adalah secara lisan yaitu mengucapkan kalimat syahadat, meyakini dengan hati artinya melakukan segala hal dengan niat jujur, dan jiwa yang dimana seseorang harus menjalankan ibadah dan ketaatan pada Allah terus menerus.
  6. AR-Raghiib : Istiqomah adalah tetap berada di jalan yang lurus.
  7. An-Nawani : Istiqomah adalah tetap dalam ketaatan. Sehingga istiqomah adalah seseorang yang selalu taat dan di jalan yang lurus dalam menjalankan ibadah pada Allah SWT.
  8. Mujahid : Istiqomah adalah komitmen pada kalimat syahadat dan tauhid hingga bertemu dengan Allah SWT.
  9. Ibnu Taimiyah : Istiqomah adalah ketetapan dalam mencintai dan beribadah pada Allah tanpa menoleh ke kanan dan kiri.
Baca Juga :  Adzan Dan Iqamah : Pengertian, Lafadz, Tulisan Arab dan Arti Serta Ketentuannya Lengkap

Allah berfirman di dalam salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya :

“Sesungguhnya, orang-orang yang mengatakan “Tuhan kami adalah Allah lalu mereka istiqomah kepada pendirian mereka, maka Malaikat pun akan turun kepada mereka seraya mengatakan “Janganlah engkau merasa takut dan janganlah engkau merasa sedih dan bergembiralah kamu mendapatkan surga yang sudah dijanjikan oleh Allah kepada engkau”. (QS Fushilat: 30).

Intisari Kata Istiqomah

Kesimpulannya istiqomah adalah konsisten dalam melakukan kebaikan. Orang yang istiqomah juga akan teguh pada pendirian dan tak akan tergoyahkan oleh rintangan, dalam mendapatkan ridho Allah. Maka jangan memaknai istiqomah dalam makna yang buruk atau tidak tepat.

Manfaat Istiqomah dalam Kehidupan

1. Mendorong untuk senantiasa melakukan kebaikan

Istiqomah dapat mendorong seseorang dalam melakukan sebuah kebaikan. Maka dengan memegang teguh istiwomah anda akan selalu memperbaiki diri sendiri.

2. Mencegah manusia untuk melakukan kejahatan

Istiqomah juga dapat menghindarkan anda dari kejahatan sehingga anda selalu melakukan kebaikan setiap harinya.

3. Tahan terhadap godaan

Anda juga akan tahan pada godaan. Baik godaan yang sifatnya buruk atau hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi terhambat dalam mencapai cita-citanya.

Tips Untuk Bisa Istiqomah

1. Ikhlaskan niat Anda

Agar selalu istiqomah anda harus selalu berada dalam istiqomah dalam mengikhlaskan niat. Niatkan diri anda bahwa kebaikan yang anda lakukan semata-mata hanya karena Allah SWT. Jangan menghadirkan pikiran lainnya selain Allah. Usahakan juga untuk selalu melakukan setiap hal dengan ikhlas agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2. Lakukan amalan secara bertahap

Lakukan amalan dengan cara bertahap. Awali dengan ibadah yang kecil, usahakan untuk melakukan secara rutin setiap hari.

3. Bersabarlah dalam menjalankan

Baca Juga :  Kisah Perjalanan Hidup Nabi Muhammad dari Lahir Hingga Wafat "Lengkap"

Sabar menjalani hidup, juga menjadi bentuk istiqomah. Karena dalam kenyataannya, menjalani istiqomah itu tidak mudah. Untuk memulainya pun sangat sulit sehingga anda harus memaksakan diri. Namun jika sudah terbiasa, maka akan menjadi ringan.

Sekian ulasan mengenai Pengertian Istiqomah dan manfaatnya lengkap. Semoga memberi manfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :