Autobiografi Adalah : Pengertian, Ciri, Langkah, Cara Membuat dan Contohnya Lengkap

3 min read

Autobiografi Adalah : Pengertian, Ciri, Langkah, Cara Membuat dan Contohnya Lengkap

Autobiografi – Adalah biografi yang ditulis oleh subjeknya langsung atau dibuat bersama dengan penulis lainnya, yang disebutkan dengan sebagaimana diceritakan atau dengan. Dalam bahasa Inggris istilah “autobiography” pertama kali digunakan oleh penyair Robert Southey pada 1809, namun bentuk otobiografi sendiri sudah ada sejak zaman kuno.

Pengertian Autobiografi

Adalah biografi yang ditulis oleh seorang tokoh mengenai perjalanan kehidupan pribadi yang ia alami. Yang secara umum ditulis dengan dimulai dari masa kecil hingga waktu yang ditentukan oleh penulis tersebut.

Pada umumnya autobiografi mengandalkan beragam dokumen yang didasarkan pada memori si penulis. Di negara maju, riwayat hidup yang dibuat buku akan dianggap sebagai suatu karya yang menarik jika dikaji lebih dalam lagi.

Ciri-Ciri Autobiografi

  1. Autobiografi adalah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau bisa juga dengan bantuan penulis lain yang ditulis menurut pengalaman/ingatan tokoh tersebut.
  2. Seringkali berisi informasi mengenai kehidupan tokoh tersebut yang sulit hingga berhasil.
  3. Biasanya menampilkan informasi yang positif dan ditulis dalam rangka pencitraan bagi tokoh itu sendiri.
  4. Sering ditulis agar masyarakat kenal dan tahu mengenai apa yang sudah dilakukannya di dalam hidup, menjadikannya bisa mengambil hikmah, serta pelajaran berharga yang ada di dalamnya.

Langkah-langkah Mengarang Narasi Ekspositoris

  1. Menceritakan tokoh yang akan disusun menjadi krangan narasi ekspositoris(autobiografi);
  2. Menentukan tujuan;
  3. Mengumpulkan bahan;
  4. Mengembangkan kerangka karangan menjadi sebuah karangan narasi ekspositoris;
Baca Juga :  40 Kata-Kata Mutiara Kehidupan Penuh Makna Dan Inspirasi Hidup Lengkap

Cara Membuat Autobiografi

  1. Buat garis besar pada cerita yang ingin anda tulis.
  2. Kemukakan pengalaman yang konteksnya pelajaran. Misalnya “Setelah menyaksikan bagaimana istriku dapat mengatasi penyakit kanker dan merawat dirinya, aku menyadari bahwa dia telah mengajarkanku bagaimana menghadapi kematian, dengan roh yang utuh.”
  3. Buat gambaran ketika menulis. Kata-kata yang ditulis menjadi seperti potret, tutup mata anda lalu bayangkan sebuah peristiwa di masa lalu untuk memberi imaji mental.
  4. Tulislah seolah hidup anda ini bergantung pada tulisan anda.
  5. Ungkap dengan detail, lalu isi cerita tersebut dengan bahasa anda.

Contoh Autobiografi Sendiri

Nama saya Andi Muhammad Iqbal, Saya lahir di Lanca(Bone), 02 April 1993, Saya adalah anak pertama dari dua bersaudara, Ayah saya bernama Andi Firman Tahir dan Ibu saya bernama Andi Jaheriah Kaso. Ayah saya adalah seorang Wiraswasta dan Ibu saya adalah seorang pegawai di salah satu Sekolah Menengah pertama yg ada di kota Bone, Adik Saya seorang perempuan yang bernama Andi Iqriani, Adik Saya sekarang sudah duduk di kelas 2 SMP. Sekarang saya memunyai 2 tempat tinggal, yaitu di Makassar dan di Bone. Tempat tinggal Saya di Bone yaitu tepatnya di desa Lanca Kecamatan TelluSiattinge Kabupaten Bone, tempat tinggal saya di Makassar yaitu di Jln.Urip Sumoharjo Panaikang.

Pada umur 5 tahun Saya memulai pendidikan di jenjang TK Kurusumange yang berada di kota Bone, setelah Saya selesai di jenjang TK saya melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu di SD, Pada jenjang SD Saya bersekolah di SD INPRES 3/77 LANCA, di SD ini Saya hanya sampai kelas 1, setelah itu Saya pindah di SD 56 LANCA, yang tak jauh dari sekolah Pertama Saya tadi, Saya berpindah sekolah disebabkan karena Saya ingin mengikuti tante saya, tante saya seorang guru SD.

Baca Juga :  Teks Upacara : Contoh Susunan Upacara Bendera Hari Senin Di Sekolah Lengkap

di SD 56 LANCA Saya hanya sampai kelas 4, disana Saya memiliki banyak teman yang baik hati, setelah Saya menuntut ilmu di SD tersebut Saya kembali pindah sekolah karena tante Saya juga pindah mengajar, Saya pindah di SD 64 LAPPAE, di SD ini Saya hanya sampai kelas 5, setelah itu Saya kembali pindah di SD asal saya yaitu SD INPRESS 3/77 LANCA. Saya kembali pindah disebabkan karena tante Saya sudah berhenti mengajar di Sekolah Dasar dan beliau beralih profesi menjadi kepala sekolah TK A REZKI yang berada di daerah Mattirowalie kabupaten Bone. Di SD ini lah Saya mendapatkan Ijasah Sekolah Dasar dengan nilai yang membanggakan.

Setelah Saya lulus dari jenjang Sekolah Dasar maka Saya melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, SMP NEGERI 2 TELLUSIATTINGE adalah tempat saya menimbah ilmu selama 3 tahun, DiSMP saya mulai memasuki dunia organisasi. Diantaranya Osis, Pramuka, Palang Merah Remaja dan juga sempat masuk karate(KKI), dan Saya sampai sabuk kuning 2, disebabkan dari suatu faktor saya beserta teman-teman berhenti dalam dunia karate. kemudian dilanjutkan kejenjang berikutnya SMA NEGERI 1 TELLUSIATTINGE adalah tempat Saya mengenakan pakaian putih abu-abu dan menuntut ilmu selama 3 tahun, di SMA ini Saya kembali aktif berorganisasi, organisasi Saya diantaranya OSIS, PRAMUKA dan juga masuk Perguruan Silat(SBPS NUR RACHMAT), Saya masuk perguruan silat ini guna untuk melatih jasmani Saya dan lebih memperdalam ilmu agama Saya.

Pada organisasi OSIS ini saya dipercayakan untuk menjadi Ketua Osis, Alhamdulillah selama menjabat sebagai ketua Osis banyak pengalaman yang Saya dapatkan dan dapat memberikan hal yang terbaik untuk Sekolah, Guru-guru, pegawai, siswa-siswi dan para anggota Osis pada periode kepengurusan Saya. Ini berkat kerja sama dan motivasi dari Pembina Osis angkatan Saya bunda Hj.Murni, S.Ag. selain beliau adalah Pembina Osis juga merupakan wali kelas saya mulai dari kelas X sampai kelas XII dan juga merupakan salah satu guru favorit Saya sewaktu SMA dulu. Pada SMA saya memilih jurusan IPA, Saya juga tidak tahu kenapa bisa langsung Saya memilih jurusan Ipa, mungkin dikarenakan Saya menggemari mata pelajaran Biologi.

Baca Juga :  Kliping : Pengertian, Cara Membuat, Sistem Penyusunan, Dan Contohnya Lengkap

Universitas Muslim Indonesia, Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Teknik Informatika adalah tempat menimbah ilmu Saya selanjutnya, sekarang Saya sudah mencapai semester 2 dan akan lanjut kesemester 3. Target Saya selesai sebelum 4 tahun kuliah, dan semoga itu bisa tercapai dan akan menjadi seseorang yang sukses dikemudian hari. Amin

Oya Saya suka warna Biru langit, putih dan coklat muda, suka makanan pedas, hobbi Saya Bermain Bulu Tangkis, Memancing, dan mencoba hal yang dianggap baru. Suku Saya Bugis(Bugis Bone), Agama saya Islam. Saya harap suatu saat nanti Saya bisa menjadi seorang Polisi, Pegawai Bank atau Pegawai Kantoran. Amin ya Allah…

Itulah pengertian Autobiografi yang disertai dengan ciri, langkah, cara membuat dan contohnya lengkap. Semoga dapat dipahami, dapat menambah pengetahuan anda, dan bermanfaat.

Baca Juga :