Bisnis : Pengertian, Tujuan, Fungsi Dan Macam-Macam Bisnis

Bisnis : Pengertian, Tujuan, Fungsi Dan Macam-Macam Bisnis

Pengertian Bisnis– Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau organisasi, yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, yang tujuannya adalah untuk mendapatkan laba atau keuntungan.

Kata bisnis berasal dari business yang artinya kesibukan. Sederhananya pengertian bisnis adalah kesibukan dalam melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan, yang akan memberi keuntungan pada orang yang melakukannya. Penggunaan kata bisnis dibedakan menjadi tiga macam, yang merujuk pada beberapa hal seperti :

  • Badan usaha. Yaitu sebuah kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis, dalam mecari keuntungan.
  • Sektor pasar tertentu. Yang dalam hal ini adalah pasar modal.
  • Seluruh aktivitas pada sebuah komunitas produsen barang dan jasa.

Pengertian Bisnis Menurut para Ahli

  1. Pengertian bisnis menurut Hughes dan Kapoor adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi, dalam menghasilkan dan menjual barang/jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
  2. Pengertian bisnis menurut Brown dan Pretello adalah sebuah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa, yang dibutuhkan oleh masyarakat dan semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta, yang tidak peduli mengejar laba atau tidak.
  3. Pengertian bisnis menurut Jeff Madura adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan, yang diinginkan oleh pelanggan.
  4. Pengertian bisnis menurut L. R. Dicksee adalah suatu bentuk aktivitas  yang pada intinya memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan, baik bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan di dalam aktivitas tersebut.

Tujuan Bisnis

Tujuan dari sebuah bisnis adalah untuk mendapat laba ketika memproduksi barang dan juga jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut ini beberapa tujuan dari bisnis :

  1. Untuk mendapatkan keuntungan dari sebuah kegiatan bisnis.
  2. Untuk melakukan pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  3. Untuk mencapai kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat.
  4. Untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
  5. Untuk menunjukkan eksistensi di dalam perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.
  6. Untuk meningkatkan kemajuan dan juga pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat secara umum.
  7. Untuk menunjukkan sebuah prestise dari prestasi.
Baca Juga :  Kuartil Bawah, Tengah dan Atas : Pengertian, Rumus serta Contohnya Lengkap

Fungsi Bisnis

Segala kegiatan bisnis berfungsi dalam membuat sesuatu yang pada awalnya kurang bernilai, menjadi sesuatu yang memiliki nilai tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat setelah diolah.

Berikut ini beberapa fungsi dalam bisnis :

  1. Form Utility. Merupakan fungsi produksi yang dimana sebuah bisnis akan menghasilkan suatu barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan.
  2. Place Utility. Fungsi distribusi yang dimana sebuah bisnis akan menyalurkan suatu barang/jasa ke lokasi terdekat, yang dapat dijangkau oleh konsumen.
  3. Possesive Utility. Fungsi penjualan dalam sebuah bisnis.
  4. Time Utility. Fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, yang dimana pada saat itu barang menjadi kurang bermanfaat ketika dikeluarkan, sehingga akan dikeluarkan ketika barang menjadi bermanfaat.

Steinhoff dalam bukunya The World Of Business (1979) menegaskan bahwa ada tiga fungsi utama dari sebuah bisnis, yaitu :

  1. Acquiring Raw Material. Yaitu proses mencari barang yang mentah.
  2. Manufacturing Raw Materials Into Product. Adalah proses mengubah bahan mentah menjadi barang jadi.
  3. Distributing Product to Consumers. Proses menyalurkan produk yang dihasilkan pada konsumen.

Macam-Macam Bisnis

  1. Bisnis Pertanian. Yaitu usaha di bidang pertanian atau agro bisnis yang mencakup pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan lain-lain.
  2. Bisnis Produksi Bahan Mentah. Adalah sebuah bidang usaha yang bergerak di sektor pertambangan, kehutanan dan lain sebagainya. Yang dimana produk yang dihasilkan merupakan bahan mentah yang akan diolah kembali.
  3. Bisnis Manufaktur. Adalah sebuah usaha di bidang pengolahan bahan baku atau bahan mentah yang diubah menjadi bahan jadi.
  4. Bisnis Konstruksi. Sebuah usaha di bidang pembangunan kontruksi atau infrastruktur, contohnya jalan raya, gedung bertingkat, bandara udara, dan lain-lain.
  5. Bisnis Transportasi. Yaitu usaha di bidang transportasi yang membantu mobilitas masyarakat dalam hal penyaluran barang.
  6. Bisnis Perdagangan Besar/Kecil. Adalah usaha di bidang perniagaan yang perannya adalah sebagai perantara antara produsen dan konsumen.
  7. Bisnis Finansial, Asuransi, dan Real Estate. Adalah jenis usaha dalam bidang keuangan yang membantu masyarakat, dalam hal kredit permodalan, asuransi, dan juga perencanaan kredit kepemilikan properti.
  8. Bisnis Jasa. Adalah sebuah usaha yang kegiatannya adalah menciptakan dan menjual produk, yang tidak berwujud seperti jasa yang menghasilkan keuntungan.
Baca Juga :  10 Masalah dan Dampak Negatif Kependudukan di Indonesia Serta Cara Mengatasinya

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian bisnis, dengan tujuan, fungsi dan jenisnya. Semoga memberi manfaat dan menambah wawasan anda.

Baca Juga :