Nama nama Candi di Indonesia Beserta letak dan Fungsinya

Posted on

Candi di Indonesia yang Kaya Akan Sejarah

ini adalah ulasan terbaru yang bisa Anda baca di artikel kali ini. Situs-situs bersejarah penting untuk setiap negara, karena akan menggambarkan zaman dan budaya di tempat itu. Indonesia memiliki banyak situs sejarah, salah satunya adalah Candi. Candi adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat pemujaan bagi umat Buddha dan Hindu di zaman kuno.

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Berikut ini adalah Candi di Indonesia yang bersejarah dan terkenal, serta sering digunakan sebagai tempat wisata:

1. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia, dan pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Candi Borobudur dibangun selama kerajaan Syailendra sekitar abad ke-8 Masehi, dan terletak di Magelang, Jawa Tengah atau sekitar 40 KM dari Yogyakarta. Candi Borobudur adalah salah satu Situs Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO pada tahun 1991.

2. Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 masehi dan terletak di Sleman atau sekitar 17 km dari kota Yogyakarta. Candi Prambanan juga dikenal sebagai candi Loro Jonggrang dan termasuk Situs Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO pada tahun 1991.

3. Candi Sewu, Klaten, Jawa Tengah

Candi Sewu terletak di Klaten, Jawa Tengah atau sekitar 800 meter dari Candi Prambanan, dan Candi Sewu adalah candi dari peninggalan agama Budha terbesar setelah Candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu dibangun lebih awal dari Candi Borobudur dan Prambanan, sekitar tahun 782 Masehi.

Baca Juga :  Pengertian Reformasi Menurut Para Ahli Serta Definisinya Lengkap

4. Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah

Candi Mendut di Magelang, Jawa Tengah atau sekitar 3 km dari Candi Borobudur. Candi ini juga merupakan candi dari peninggalan agama Buddha yang juga dibangun oleh kerajaan Syailendra sekitar tahun 824 masehi . Candi Mendut juga dapat digunakan dalam perayaan Hari Waisak oleh para umat  Buddha.

5. Candi Muara Takus, Kampar, Riau

Tidak seperti Candi di Indonesia lainnya yang berada di pulau Jawa, candi Muara Takus ini terletak di Kabupaten Kampar, Riau. Candi ini dibangun oleh Kerajaan Sriwijaya, tetapi masih belum ditemukan kapan candi ini dibangun. Candi Muara Takus adalah peninggalan dari agama Buddha di Sumatera yang membuktikan bahwa agama Buddha dikembangkan di wilayah tersebut.