Kalimat Majemuk Campuran – Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Contohnya Lengkap

Posted on

Contoh Kalimat Majemuk Campuran Dan Polanya

Contoh Kalimat Majemuk Campuran – Kalimat majemuk memiliki arti yang banyak, sama dengan pengertian dari majemuk itu sendiri. Sehingga pengertian majemuk secara sederhana adalah jenis kalimat yang mempunyai banyak pola, dua pola atau bahkan lebih. Kalimat majemuk selalu terdiri atas induk kalimat dan anak kalimat. Yang membedakan antara induk kalimat dengan anak kalimat, adalah sebuah kata penghubung atau konjungsi. Kata penghubung ini biasanya terdapat pada kalimat tunggal, yang kedudukannya sebagai anak kalimat. Sedangkan induk kalimat tidak mengandung kata penghubung.

Jenis kalimat majemuk diantaranya yaitu :

  1. Kalimat Majemuk Setara
  2. Kalimat Majemuk Rapatan
  3. Kalimat Majemuk Bertingkat
  4. Kalimat Majemuk Campuran

Namun di artikel ini kita akan membahas kalimat majemuk campuran secara lengkap.

Pengertian Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat majemuk campuran adalah jenis kalimat majemuk yang merupakan campuran atau gabungan, dari kalimat majemuk yang setara dan kalimat majemuk yang bertingkat. Yang dimana kalimat majemuk setara ini terdiri dari gabungan dua atau lebih kalimat tunggal, yang kedudukannya sejajar atau sederajat. Sedangkan pada kalimat majemuk bertingkat terdiri atas gabungan dua atau lebih kalimat tunggal, yang mempunyai kedudukan yang berbeda.

Di kalimat majemuk bertingkat ini terdapat induk kalimat dan juga anak kalimat. Anak kalimat yang terdapat pada kalimat majemuk bertingkat akan muncul akibat perluasan pola yang ada pada induk kalimat.

Karakteristik Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat majemuk campuran ini minimal harus terdiri dari tiga kalimat tunggal. Terdapat tiga karakteristik dalam kalimat majemuk campuran, yang diantaranya yaitu :

  1. Terdiri dari tiga kalimat tunnggal (minimal).
  2. Tiga kalimat tunggal ini bila diuraikan akan mempunyai fungsi atau kedudukan yang berbeda, yaitu sebagai induk atau anak kalimat. Terkadang salah satu dari anak kalimat tersebut berfungsi sebagai keterangan waktu.
  3. Terdiri atas dua atau lebih kata penghubung atau konjungsi, yang dimana kata penghubung tersebut harus kata penghubung yang biasa digunakan atau yang biasa terdapat pada kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.
Baca Juga :  Surat Pembaca : Pengertian, Tujuan, Pokok, Kerangka Dan Contohnya Lengkap

Jenis Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat majemuk campuran dibagi ke dalam dua jenis, diantaranya yaitu :

Kalimat majemuk campuran dengan pola dua induk kalimat dan satu anak kalimat. Contohnya :

  • Dea membatalkan perjalanan liburannya ke luar kota. (induk kalimat)
  • Raya tidak jadi mengikuti pelatihan kegiatan di sekolahnya. (induk kalimat)
  • Ayah Raya masuk rumah sakit. (anak kalimat)

Kalimat majemuk campuran yang terdiri dari satu induk kalimat dan dua anak kalimat. Contohnya :

  • Kelas 12 IPA 3 dibagi menjadi dua kelompok dalam acara pertunjukkan seni di sekolah. (induk kalimat)
  • Kelompok 1 tugasnya adalah menyanyi paduan suara. (anak kalimat)
  • Kelompok 2 tugasnya adalah menarikan sebuah lagu atau tarian modern. (anak kalimat)

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Untuk memudahkan anda dalam memahami kalimat majemuk campuran, maka berikut ini beberapa contoh kalimat yang termasuk ke dalam kalimat majemuk campuran :

  1. Ayah sedang menonton televisi dan Ibu sedang mencuci pagi ketika pagi itu Reni mengeluh sakit kepala, pusing dan muntah-muntah.
  2. Para petani mengalami banyak kerugian yang diakibatkan oleh gagal panen bulan ini, yang disebabkan oleh cuaca yang buruk dengan angin yang kencang dan hujan yang turun terus.
  3. Perlombaan menyanyi di SD Muslimin terpaksa harus dibatalkan karena cuaca yang buruk sejak kemarin malam, yang menyebabkan hampir setengah peserta lomba tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut.
  4. Dina angelita tidak akan mengalami putus sekolah apabila sang ayah masih hidup dan ibunya tidak meninggalkannya begitu saja.
  5. Walaupun Rayhan adalah anak bungsu di keluarganya, tetapi ia tidak pernah diajarkan untuk menjadi anak yang manja dan ia selalu diajarkan untuk menjadi anak yang mandiri dalam mewujudkan keinginan atau cita-citanya tanpa meminta pada orang tua atau siapapun.
Baca Juga :  4 Metode Pidato dan Pengertiannya Lengkap

Walaupun kalimat majemuk campuran ini mempunyai pola kalimat yang lebih banyak lagi, bila dibandingkan dengan jenis kalimat majemuk yang lainnya, tetapi hal itu tetap tidak menghambat kita dalam memahami jenis kalimat majemuk campuran. Anda hanya perlu memahami maksud kalimat dan mempelajarinya kembali, untuk dapat membuat contoh kalimat majemuk campuran tersebut.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membuat contoh kalimat majemuk campuran dengan polanya.

Baca Juga :