Contoh Negara Maju Dan Negara Berkembang Lengkap

Contoh Negara Maju Dan Negara Berkembang Lengkap

Negara Maju Dan Negara Berkembang – Di dunia ini negara dibagi menjadi dua bagian kelompok yaitu negara maju dan negara berkembang. Contoh negara maju dan berkembang ini banyak. orang yang hidup di negara maju memiliki kehidupan yang sejahtera serta kehidupan yang lebih tinggi, dibanding negara berkembang.

Sarana dan juga prasarana yang dimiliki oleh negara maju ini sangat memadai, dimulai dari sektor sosialnya sampai sektor pendidikannya.

Karakteristik Negara Maju dan Berkembang

1. Pembangunan Fisik

Pembangunan sarana fisik adalah pembangunan yang berwujud materi misalnya perumahan, sekolahan, perkantoran, pasar, bandara, irigasi, pembangkit listrik dan lain sebagainya.

2. Pembangunan Non-fisik

Adalah pembangunan psikologis atau mental yang wujudnya non material. Contohnya pendidikan, tingkat pendapatan, kesehatan, etos kerja, spiritualitas, rasa persatuan, dan lain sebagainya.

Pengertian Negara Maju

Berbagai negara di dunia memiliki kultur budaya dan juga bahasanya sendiri, dari segi ekonomi dan sosial juga negara ini mempunyai keanekaragaman yang membuat setiap negara menjadi unik dan memiliki ciri khasnya sendiri.

Pada dasarnya pembagian suatu negara dapat digolongkan menjadi tiga kategori yaitu  negara terbelakang, negara maju, dan negara berkembang. Memang tak mudah mengetahui apakah suatu negara masuk ke dalam negara maju atau berkembang.

Diperlukan banyak indikator atau syarat yang tak dapat dimiliki oleh suatu negara. Karena negara kaya belum tentu masuk ke dalam kategori negara maju. Karena ada beberapa syarat yang tak dapat dipenuhi seperti misalnya kemajuan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial politik.

Contoh negara maju yang memiliki istilah khusus dan tak seperti negara berkembang, yang disematkan pada negara yang mempunyai ekonomi dengan menyeluruh merata dan juga standar hidup yang relatif tinggi di sektor teknologi.

Pernyataan itu bisa disimpulkan bahwa negara maju adalah negara yang memiliki kualitas hidup dan kesejahteraan dengan tingkat tinggi. Biasanya negara maju mempunyai Pendapatan Nasional Bruto (PNB) perkapita tinggi. Negara maju mempunyai angka pertumbuhan penduduk relatif rendah, tingkat kematian bayi yang rendah, dan hal itu dikarenakan kemajuan di bidang kedokterannya.

Angka usia harapan hidup biasanya juga tinggi dan diimbangi dengan adanya angka ketergantungan lansia pada anaknya yang terbilang rendah. Sebagian besar penduduk di sebuah negara maju bisa membaca dan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.

Salah satu faktor yang menyebabkan majunya perkembangan sosial di negara maju adalah terdapat jaminan sosial yang melindungi dari adanya resiko kehilangan pendapatan, seperti misalnya kecelakaan keraja, sakit, hamil, cacat, pengangguran, dan masa tua. Hampir setengahnya dari dari PNB dipakai untuk membiayai beragam pelayanan sosial serta kesehatan.

Ciri-ciri negara maju

Sebuah negara disebut sebagai negara maju jika mempunyai ciri yaitu :

1. Lingkungan Fisik

Pada umumnya negara maju mempunyai wilayah yang sangat luas misalnya negara  Amerika serikat, Australia, dan Kanada. Dan didukung oleh keadaan serta lingkungan fisik yang sangat menguntungkan bagi negara tersebut.

SDA di negara maju juga rata-rata sangat bermanfaat misalnya tambang, emas dan lain sebagainya. Negara maju juga mampu mengembangkan wilayah pantai menjadi pelabuhan strategis yang menopang kegiatan industri serta perdagangan di luar negeri.

Dalam pemanfaatan itu energi dari negara maju sudah memanfaatkan sumber energi alternatif, misalnya tenaga listrik dari air terjun, sungai dan lain sebagainya.

2. Segi Ekonomi

Contoh negara maju secara umum mempunyai pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dan berbeda dengan negara berkembang. Sebagian besar penduduk bekerja pada sektor industri dan jasa, sehingga mempunyai tingkat pendapatan perkapita yang tinggi. Yang dihasilkan dari bidang industri, SDA, sektor pertanian berkualitas, minyak, dan emas.

3. Kualitas Penduduk

Kualitas pendudukn juga sangat menentukan maju atau berkembangnya sebuah negara. Kualitas penduduk ini bisa diukur melalui tingkat pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan atau suatu pendapatan perkapita.

Misalnya bila sebuah negara yang mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi maka kualitas penduduk negara itu baik dan disebut dengan negara maju, dan bukan negara berkembang. Tingkat kesehatan yang baik juga berhubungan dengan tingkat kematian dan usia harapan hidup.

Di suatu negara maju kematian bayi termasuk rendah yaitu kurang dari 1%, sedangkan usia harapan hidup pada umumnya lebih tinggi yaitu sekitar 75%.

4. Segi Pendidikan

Secara umum contoh negara maju dapat dilihat dari tingkat pendidikannya yang tinggi, yang ditandai dengan perkembangan penguasaan yang maju dengan pesat. Dan berbeda dengan negara berkembang.

Baca Juga :  Sistem Pemerintahan Indonesia : Parlemen (Unikameral dan Bikameral) Lengkap

Karena sudah menguasai perkembangan ilmu pengetahuan teknologi maka manusia di negara maju relatif lebih cerdas, serta mempunyai kreativitas yang tinggi sehingga membawa negara maju mengalami perkembangan yang pesat di beragam bidang sehingga menjadi negara yang modern.

Kesimpulan dari negara maju diantaranya yaitu :

  • Tinggat pendidikan penduduk negara tersebut tinggi
  • Tersedia banyak tenaga ahli
  • Tersedia modal yang besar
  • Sebagian besar penduduknya tinggal diperkotaan
  • Angka harapan hidup tinggi

Contoh Negara Maju

Amerika Serikat

Negara yang memiliki sebutan adidaya ini mempunyai pertumbuhan ekonomi yang cepat. Tingkat pertumbuhan ekonomi yang cepat berhasil membangun pencapaian di dalam kesejahteraan hidup yang merata untuk setiap penduduknya, dan lebih mengutamakan jasa serta sektor industri di dalam perekonomiannya.

Negara adidaya atau Amerika Serikat mempunyai 50 negara bagian. Amerika serikat juga memiliki kebudayaan dengan mutu yang tinggi. Amerika pun melahirkan banyak tokoh ilmuwan, sastrawan, pemikir, pemusik dan lain-lain.

Dengan pengetahuan yang tinggi Amerika Serikat juga bisa mendeteksi bumi yang berguna untuk teknologi pembangunan. Pada tingkat dunia Amerika juga mempunyai banyak prestasi di bidang cabang olahraga seperti misalnya basket, tenis lapangan, tinju renang, dan atletik.

Penduduk asli negara bagian Amerika Serikat yaitu bangsa Eskimo dan Indian yang masuk ke dalam bangsa Mongol. Sebagian besar dari penduduk Amerika memeluk agama Protestan. Bahasa nasional yang wajib digunakan negara ini adalah bahasa Merika Serikat yang dilaksanakan dari usia 16-18 tahun. Lama pendidikan dasarnya yaitu 12 tahun. Amerika Serikat merupakan negara republik yang memiliki parlemen bicomeral.

Kekuasaan tertinggi Amerika Serikat dipegang oleh kongres yang terdiri atas Senate yang beranggotakan wakil negara bagian serta House of Representative beberapa wakil yang dipilih oleh negara bagian. Kekuasaan eksekutif atau presiden pun dipilih empat tahun sekali.

Jepang

Negara ini dijuluki dengan negeri sakura karena banyak ditumbuhi dengan bunga sakura yang mekar dengan indahnya. Penduduk asli Jepang adalah bangsa Ainu dan sebagian besar penduduk Ainu bertempat di Pulau Hokkaido. Agama di negara ini diilhami oleh kebudayaan sebagian besar masyarakatnya yaitu drama tari noh,kabuki seni merangkai bunga dan seni bonsai.

Jepang adalah salah satu negara industri terbesar di Benua Asia yang ditunjang dari teknologi dan ilmu pengetahuan, serta disiplin yang tinggi bagi para penduduknya.

Korea Selatan

Adalah negara di Benua Asia Timur yang mencakup bagian selatan semenanjung Korea. Di sebelah Korea utara, republik Korea (Korea Selatan) berbatasan dengan Korea Utara, yang dimana keduanya pernah bersatu sampai tahun 1948.

Akhir perang dunia II yang ditandai dengan kekalahan dari pasukan Jepang di Pasifik, tak membuat negara di dunia menjadi kondusif salah satunya yaitu negara Korea. Dahulu dikenal dengan Negara Korea yang dibagi menjadi Korea Selatan dan Utara. Korea Selatang disokong oleh Amerika Serikat sedangkan Korea Utara disokong oleh Uni Soviet.

Konflik yang terjadi di negara Korea Utara dan Selatan masih terjadi sampai sekarang, karena kesepakatan yang terjadi diantara keduanya belum terlaksanakan. Korea Selatan berbentuk republik sama dengan negara yang menganut paham demokrasi di dalamnya. Korea Selatan juga membagi menjadi tiga bagian menjadi eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Lembaga eksekutif dipegang oleh Presiden berdasarkan hasil akhir dari pemilu serta memiliki jabatan selama 5 tahun yang dibantu oleh menteri.

Perdana mentri ditunjuk oleh presiden dengan persetujuan oleh dewan perwakilan. Negara Korea Selatan menganut sistem pemerintahan sentralistrik yang dimana kebijakan pemerintah termasuk pendidikannya, harus diperoleh persetujuan dari badan legislatif daerah.

Jenjang pendidikan Korea Selatan dibagi menjadi empat bagian yaitu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi. Pendidikan di negara Korea Selatan juga cukup membanggakan di dunia.

Teknologi dalam pendidikan di negara ini juga berkembang sampai ke seluruh daratan Korea, dan membuat jaringan internetnya memiliki kecepatan tinggi. Negara ini juga dikenal dengan budayanya yang menduia. Banyak artis boyband & girlband di dunia yang berasal dari Korea Selatan.

Selain Korea Selatan yang termasuk ke dalan negara maju, negara ini juga menjadi salah satu negara industri terbesar di dunia. Di Korea Selatan ada beberapa perusahaan industri yang terkenal seperti KIA, Samsung, dan LG.

Perancis

Sebuah negara yang letaknya di Eropa Barat berbatasan langsung dengan  teluk biscaye disebelah barat, selat Inggris di Utara, Belgia, German, dan Swiss di Timur, spanyol, Andora, Monaco, dan Laut Tengah Di Selatan, serta Italia di Tenggara.

Perancis terkenal dengan fashionnya, anggur, musik, roti, kereta api, super cepat TGV, dan resor-resorskinya dipegunungan Alpen, dekat dengan perbatasan Swiss. Orang Perancis juga sangat bangga dengan bahasanya sehingga mereka hampir tak mau berbahasa asing di negaranya sendiri. Perancis adalah salah satu dari tiga negara yang menjadi penghasil produk pertanian paling besar di Uni Eropa dengan Inggris dan German.

Baca Juga :  Pengertian Pemuda Dalam Memahami Dan Menghayati Masalah Kepemudaan Lengkap

Pertanian di Negara Perancis pada umumnya berupa petani gandum dan bit gula. Perkebunan apel yang berada didaerah Bretagne dan Normandia. Daerah itu menghasilkan sebuah minuman sari apel dan juga pir yang disebut dengan sinder.

Tak sedikit juga yang memelihara binatang ternak seperti biri-biri dan lembu. Daerah Roquefort adalah daerah yang menghasilkan kayu, mentega, dan susu. Industri Negara Perancis maju dengan pesat karena adanya sumber tenaga air yang fungsinya sebagai tenaga listrik, dan banyak tenaga ahli dengan modal yang cukup besar.

Bahasa nasional negara ini adalah bahasa Perancis, penduduknya menganut agama Calvinsi, Katolik Roma, dan Baptis. Serta agama yang lainnya yang hanya sedikit di Negara Perancis. Perancis merupakan negara republik yang dipimpin oleh Presiden, yang memiliki masa jabatan atau masa bakti selama 7 tahun. Dan pemerintahannya dijabat oleh Perdana Menteri.

Selandia Baru

Selandia Baru berarti Tanah Awang Putih Panjang, yang dalam bahasa Maori disebut dengan Aotearro yang merupakan kepulauan di barat daya Samudra Pasifik di Tenggara Australia. Negara ini juga terdiri dari dua pulau utama serta beberapa pulau kecil lainnya. Negara Selandia Baru memakai sistem pemerintakan Monarki Konstitutional, yang mengakui Ratu Britania Raya sebagai kepala negaranya.

Pemerintahannya yaitu menggunakan Perdana Menteri, sedangkan Gubernur dan Jendral menjadi wakil Britania Raya yang menjadi penasehat Perdana Menteri. Ekonomi di Selandia Baru mempunyai pertumbuhan yang tinggi.

Selandia Baru juga bertanggung jawab atas negara pemerintah kepulauan Cook dan Niue serta mengatur Tokelau dan Depedensi Ross.

Pengertian Negara Berkembang

Adalah negara yang memiliki pendapatan perkapita cukup rendah bahkan kekurangan. Hal itu terjadi karena negara berkembang terus ingin maju membangun negaranya dan terus menerus meningkatkan kualitas hidupnya.

Walaupun kendalanya ada beberapa faktor seperti misalnya bencana alam, perang politik dan sejenisnya. Yang mengakibatkan hancurnya negara berkembang itu sendiri. Kelompok negara berkembang mempunyai pembangunan sosial terbelakang yang tampak pada rendahnya kualitas SDMnya. Seperti misalnya rendahnya usia harapan hidup yang hanya mencapai 50 tahun, tingginya tingkat kematian bayi serta anak sekitar 180/100.

Selain itu ditandai juga dengan adanya jumlah penduduk yang besar dan tingginya angka pertumbuhan penduduk. Yang disebabkan oleh kurang sadarnya penduduk dalam melaksanakan program KB dan tingginya angka migrasi internal.

Ciri Ciri Negara Berkembang

1. Lingkungan fisik

Lingkungan fisik di suatu negara berhubungan dengan letak geografisnya, negara yang termasuk ke dalam negara berkembang terletak di wilayah tropis dan mempunyai kondisi fisik yang berbeda dengan wilayah disubtropis.

Perbedaan kondisi lingkungan fisik ini mengakibatkan perbedaan SDA atau SDM.

2. Segi ekonomi

Bila dilihat dari segi ekonominya maka pertumbuhan ekonomi negara berkembang ini sangat lambat. Penduduk masih mengandalkan perekonomian pada sektor pertanian. dalam memenuhi kebutuhan penduduknya di negara yang masih tergantung pada SDA yang tersedia.

3. Kualitas Penduduk

Kualitas Penduduk pada negara berkembang pada umumnya masih rendah, dan kualitas penduduk di negara berkembang bisa menjadi yang paling rendah. Rendahnya angka pendapatan perkapita, rendahnya tingkat kesehatan yang ditandai dengan banyaknya kasus gizi buruk, dan tingginya angka kematian bayi.

4. Segi Pendidikan

Dibanding dengan negara maju pendidikan di negara berkembang masih sangat tertinggal jauh. Akibatnya penguasaan pada teknologi serta ilmu di suatu negara berkembang masih sangat rendah. Hal ini cukup disayangkan mengingat terkadang banyak anak yang pintar dan dapat menemukan macam penemuan di negara berkembang.

Kesumpulan ciri-ciri negara berkembang yaitu:

  • Tingkat pendidikan penduduknya masih sangat rendah
  • Tenaga ahli tidak banyak tersedia
  • Permodalan yang ditanamkan relatif kecil
  • Sebagian besar penduduknya bertempat tinggal didesa
  • perekonomian sebagian besar didorong dari sektor pertanian

Contoh Negara Berkembang

Indonesia

Salah satu contoh negara berkembang yaitu Indonesia. Nusantara adalah negara berkembang yang letaknya di Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Letaknya berada di titik koordinat 6o lintang utara – 11o Lintang Selatan dan 95o – 141o Bujur Timur.

Secara geografis letak wilayah Indonesia ini terletak diantara 2 Benua dan 2 Samudera, hal itulah yang menjadikan Indonesia ada di posisi yang strategis. Sebagian besar profesi di Indonesia ada di bidang pertanian, yaitu sebesar 44.5% dari jumlah total penduduk.

Meskipun bidang pertaniannya cukup besar dalam menyerap tenaga kerja tapi hanya mampu menyumbang sekitar 17,4% dari total Produk Domestik Bruto Indonesia. Pemerintah Indonesia berbentuk republik dan dipimpin oleh Presiden yang memiliki masa jabatan selama lima tahun sekali dalam pemilu.

Negara Indonesia dilihat dari politik dan pemerintahannya menjalankan sistem presidensial multipartai yang demokratis, sama dengan negara lainnya yang ada di dunia sistem politik Indonesia berdasarkan asas trias politika yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Sesuai dengan konstitusi di Indonesia menetapkan bahwa pemerintah pusat atau daerah wajib mengalokasikan anggaran sebesar 20% untuk pendidikan di luar gaji atau dinas. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia cukup stabil dan belum dapat dirasakan dengan penuh atau merata karena tak sedikit warga negara Indonesia, yang masih ada di bawah garis kemiskinan.

Baca Juga :  Nama Pakaian Adat Dari Beberapa Provinsi Di Indonesia Lengkap

Kebanyakan orang Indonesia memeluk agama Islam dan mencapai 85% dari total jumlah penduduknya.

India

Republik India adalah negara yang letaknya di Asia Selatan yang berupa wilayah semenanjung. Semenanjung India ini diapit oleh teluk Benggala serta Arab disebelah barat. India memperoleh julukan anak benua Asia.

Karena luas wilayah yang dimiliki oleh negara India. Luas negaranya mencapai  327.590 kolometer persegi. India adalah salah satu negara berkembang karena kehidupan ekonominya tergantung pada sektor pertanian. hal ini selaras dengan mayoritas penduduk India yang memiliki profesi sebagai petani.

Dalam meningkatkan produksi pertaniannya, di tahun 1960 India melakukan revolusi hijau. Tujuan dari revolusi ini adalah untuk meningkatkan produksi pertanian dengan cara menggunakan bibit unggul, di dalam bidang pertanian. lahan pertaniannya sebagian besar dimanfaatkan untuk ditanami dengan bahan pangan. Dan India tercatat sebagai penghasil lada nomor satu di dunia.

Meksiko

Adalah salah satu contoh dari negara berkembang. Persatuan negara di Meksiko terletak di daerah Amerika Utara. Meksiko adalah negara ketiga terbesar di daerah Amerika Latin dan merupakan penuturan bahasa Spanyol yang paling besar di dunia. Nama Meksiko diambil dari nama ibu kotanya yang berasal dari ibu kota kuno yaitu Aztec.

Sejak perang dunia kedua, Meksiko sudah mengubah tumpuan ekonominya berdasarkan pada sektor pertanian yang menjadi sektor pertambahan. Meksiko juga sangat kaya akan minyak bumi dan menjadi negara penghasil minyak bumi yang paling besar nomor 10 di dunia.

Antara dasawarsa 40-80an Meksiko mengalami pertumbuhan sektor ekonomi yang sangat pesat, tetapi negara ini pun ambruk karena pinjaman yang terlalu besar. Pada tahun periode 90an negara pun mulai pulih karena mengikuti NAFTA.

Sekarang pemerintah Meksiko telah mengalihkan tumpuan ekonomi negara dari bidang pertambangan menjadi fokus pada industri yang ringan serta ekspor. Sektor pariwisata pun menjadi salah satu sumber ekonomi yang semakin penting.

Brazil

Adalah negara yang paling luas yang ada di Benua Amerika Latin. Brazil juga berbatasan dengan pegunungan Andes di sebelah barat, dan Samudera Atlantik di sebelah timur. Selain itu Brazil juga tercatat sebagai negara yang paling banyak penduduknya, di wilayah tersebut. sebagai bekas koloni Portugal maka bahasa resmi Brazil juga adalah Portugis.

Bahasa Portugis digunakan oleh hampir seluruh masyarakatnya, hal ini tentu berbeda dengan sebagian besar negara bagian Amerika Latin yang menggunakan bahasa Spanyol. Bahasa Portugis merupakan bahasa yang dipelajari di beberapa sekolah dan menjadi bahasa resmi pemerintahan.

Nama Brazil diambil dari sebuah nama kayu yaitu kayu Brazil. Yaitu sejenis kayu lokal yang ada di sana. Brazil juga tercatat sebagai negara penghasil kopi yang paling besar di dunia.

Rusia

Contoh negara berkembang lainnya adalah Rusia. Rusia juga merupakan negara terbesar di bumi, mereka mempunyai luas dari Eropa sampai selat Bering perbatasan dengan Alaska. Rusia juga merupakan negara yang paling besar di dunia yang ada di dua benua. Rusia juga merupakan negara yang menggunakan bentuk federal semi presidensil dengan kepala negara Presiden, dan pemerintahannya dikepalai oleh Perdana Menteri.

Negara federasi Rusia terbentuk setelah Uni Soviet bubar di tahun 1991, bubarnya Uni Soviet ini ditandai dengan berpisahnya beberapa negara bagian Uni Soviet menjadi negara yang memiliki daulat sendiri.

Rusia melanjutkan status hukum serta penerus dari Uni Soviet dan merupakan negara bagian yang paling besar, Ibu Kota Rusia adalah Moskow. Rusia mempunyai SDA yang sangat melimpah seperti misalnya gas, logam, minyak bumi dan kayu.

Jaraknya melebihi 8000 Km yang membentang dari Barat ke Timur. Wilayah Rusia juga mencakup 10% dari permukaan tanah yang terdapat di planet bumi. Ekonomi negara ini sebagian besar dikontrol oleh pemerintah di tahun 1960 saat komunisme menguasai Rusia. Negara menguasai serta mempunyai sumber daya ekonomi mulai dari tanah, perusahaan, dan juga sumber daya alam.

Instansi pemerintah memutuskan barang apapun yang akan diproduksi, siapapun yang memproduksinya dan juga jumlah biaya yang diperlukan. Kebijakan itu membantu Rusia mengubah sektor tumpuan ekonomi negara dari bidang ekonomi menuju bidang industri.

Tetapi di tahun 1991 saat ekonomi Rusia jatuh dengan runtuhnya Uni Soviet, mata uang Rubel Rusia mengalami penurunan yang sangat tajam. Sejak tahun 1991 ekonomi Rusia juga sudah mengalami transisi yang sangat sulit. Rusia pun mulai bergerak dari ekonomi yang dikuasai negara menjadi kepemilikan atas nama pribadi.

Di tahun 1998 Rusia mengalami krisis keuangan yang sangat parah, seperti di Indonesia. Sekarang ekonomi Rusia sudah mulai stabil dan bergerak dengan semakin baik.

Demikian pembahasan serta penjelasan secara lengkap tentang negara maju dan negara berkembang. Semoga artikel ini memberi manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang situasi di negara maju dan berkembang di dunia.

Baca Juga :