Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Beserta Artinya Lengkap

Posted on

Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Beserta Artinya Lengkap

Doa Belajar – Belajar ataupun menuntut ilmu sudah menjadi kewajiban muslimin, baik laki-laki maupun perempuan. Dan dari usia anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bahkan sampai tua pun kita masih boleh belajar. Menuntut ilmu merupakan salah satu perintah dari Allah SWT, pada kita selaku hambaNya.

Belajar atau menuntut ilmu juga sangat penting untuk kita semua. Ilmu apa saja, baik ilmu yang bersifat dunia maupun ilmu agama. Berikut ini hadist yang menerangkan tentang anjuran untuk menuntut ilmu :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR Al-Baihaqi)

Dari hadist tersebut di atas dijelaskan kembali bahwa belajar atau mencari ilmu untuk setiap muslim, baik laki-kali maupun perempuan merupakan kewajiban. Tetapi sebelum mulai belajar atau mencari ilmu, kita juga dianjurkan untuk berdoa terlebih dulu. Supaya ilmu tersebut bisa masuk ke pikiran kita, serta dapat bermanfaat untuk kehidupan atau orang sekitar kita.

Berikut ini bacaan doa saat akan belajar dan juga sesudah belajar beserta dengan latin dan artinya.

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Baca Juga :  Doa Pembuka Dan Penutup Acara Lengkap

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin.

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh.”

Doa Sebelum Belajar Mengaji

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَالرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Jika kita sudah selesai belajar dapat membaca doa setelah belajar di bawah ini, beserta latin dan juga artinya.

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal’alamiin.
Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu.

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal.

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Baca Juga :  Pengertian : Fungsi Dan Contoh Iman Kepada Qada dan Qadar Lengkap

Belajar dan Menuntut Ilmu Menurut Hukum Islam

Bila diperhatikan dari alquran dan hadist maka ada beberapa perintah yang mewajibkan setiap muslim baik pria maupun wanita, untuk menuntut ilmu supaya menjadi umat yang cerdas. Arti dari menuntut ilmu ini adalah berusaha menghasilkan segala ilmu dengan cara bertanya, melihat ataupun mendengar. Perintah menuntut ilmu ini ada pada hadist yang artinya “Menuntut ilmu adalah fardhu bagi tiap-tiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan.”

Menuntut Ilmu dari Segi Ibadah

Dari segi ibadah menuntut ilmu juga sangat tinggi nilai dan juga pahalanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yaitu, “Sungguh kiranya engkau melangkahkan kakinya di waktu pagi (maupun petang), kemudian mempelajari satu ayat dari kitab Allah (Al-Qur’an), maka pahalanya lebih baik daripada ibadah satu tahun.”
Dalam hadist lain dinyatakan :

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya: “Barang siapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga sampai ia pulang kembali.” (HR Turmudzi).

Mengapa menuntut ilmu itu sangat tinggi nilai pahala dan ibadahnya? Karena amal ibadah yang tak dilandasi dengan ilmu, akan menjadi sia-sia amalnya. Syaikh Ibnu Ruslan menyatakan: “Siapa saja yang beramal (melaksanakan amal ibadah) tanpa ilmu, maka segala amalnya akan ditolak, yakni tidak diterima.”

Bahkan derajat orang yang berilmu dilihat dari segi orang yang mempunyai ilmu dengan yang tidak, perbedaannya pun jauh sekali baik nilai atau derajatnya. Firman Allah SWT :

Artinya: ” Allah meninggikan segala orang yang beriman dan segala orang yang diberikan ilmu dengan beberapa derajat.” (QS Al Mujadalah :11).

Demikian uraian tentang doa belajar baik sebelum maupun sesudah belajar lengkap dengan latin dan artinya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Shalat : Pengertian, Syarat dan Rukun Shalat "Lengkap"

Baca Juga :