Fakta Anak Pertama Menarik yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Posted on

Fakta Anak Pertama Menarik yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Fakta Anak Pertama – Setiap anak yang dilahirkan ke dunia menjadi harapan setiap orang tuanya. Anak adalah titipan dari Tuhan untuk dididik, dirawat dan juga dijaga dengan baik. Kelahiran anak yang pertama juga menjadi hal yang paling ditunggu. Berikut ini akan dibahas mengenai fakta dari anak pertama secara umum dan lengkap.

Fakta Anak Pertama

1. Anak Pertama Selalu Sayang dengan Adik-Adiknya

Anak pertama artinya adalah anak yang paling tua, hal itu membuatnya menjadi anak yang sayang pada adik-adiknya. Walaupun terkadang ia egois dan sering menyuruh adik-adiknya, tetapi dibalik itu semua ia sayang sekali pada adiknya. Rasa sayangnya juga jarang diungkapkan dengan kata-kata, tetapi dengan sikap melindungi dan menjaga.

2. Dilahirkan untuk Belajar

Anak pertama tentu memiliki pengalaman paling banyak dibanding adik-adiknya. Karena ia yang paling awal dilahirkan dan tahu lebih banyak. dari situlah ia banyak belajar dari pengalamannya. Baik pengalaman dari orang tuanya, diri sendiri atau orang lain. Sehingga ia menjadi lebih dewasa dibanding adik-adiknya.

Itulah sebabnya di dalam satu keluarga, anak pertama lebih pandai karena ia lebih sering belajar secara otodidak. Perkembangannya juga lebih tinggi, dan sering menuju ke arah yang positif.

3. Baik dengan Siapapun

Sifat positif yang dimiliki anak pertama adalah selalu bersikap baik pada siapapun. Biasanya perilakunya lebih sopan dan sangat perhatian pada adik-adiknya. Anak pertama juga cenderung mendiskusikan sesuatu pada orang tuanya, saat ia ingin mengambil keputusan. Karena baginya, ia akan menjadi contoh bagi adik-adiknya sehingga ia selalu berhati-hati dalam bertindak.

Baca Juga :  Frasa Adjektiva : Pengertian dan Contohnya Lengkap

Bila ada anak pertama yang nakal, biasanya anak itu kurang perhatian dari orang tuanya. Sifat nakalnya menjadi bentuk cari perhatian dari orang tuanya. Tak jarang ia juga menjadi korban dari kesalahan adik-adiknya. Karena ia selalu mengalah, atau disalahkan.

4. Terlahir sebagai Seorang Pemimpin yang Alami

Sadar atau tidak anak pertama biasanya dilahirkan sebagai pemimpin. Karena ia memang selalu dijadikan panutan bagi adik-adiknya. Jiwa kepemimpinan ini muncul karena kebiasaannya dalam bertanggung jawab. Anak pertama akan mengatur adik-adiknya dengan lebih baik. Ketika ia menjadi dewasa, ia akan menjadi pemimpin yang hebat. Bahkan di dalam suatu perkumpulan, anak pertama sering lebih menonjol dibanding anak yang lain.

5. Sangat Perhatian

Anak pertama juga sering memiliki perhatian besar pada adik-adiknya. Hal itu disebabkan oleh wujud kasih sayang serta tanggung jawab bagi adik-adiknya. Karena itulah ia juga menjadi orang yang perhatian pada orang lain, dan ia lebih mengerti keadaan orang tuanya dibanding adik-adiknya.

6. Memiliki Tanggung Jawab yang Tinggi namun Mudah Stres

Karakteristik anak pertama biasanya adalah memiliki tanggung jawab. Karena tanggung jawab yang terlalu besar, tak heran bila ia mudah stres karena tertekan. Maka dari itu, sebaiknya orang tua selalu memberi dukungan pada anak pertama atau ajak ia berdiskusi dalam permasalahan tersebut serta dicarikan solusinya.

7. Anak Pertama Sangat Egois, Keras Kepala Tapi Sangat Care

Sifat negatif yang dimiliki oleh anak pertama adalah egois dan keras kepala. Karena anak ini lahir duluan, maka ia terbiasa mendapat limpahan kasih sayang dari orang tua, tante, om, kakek, nenek dan semua orang. Karena banyaknya kasih sayang inilah maka biasanya ia menjadi lebih egois. Walaupun sifat ini akan hilang setelah ia dewasa apalagi jika ia anak perempuan.

Baca Juga :  Pengelolaan Badan Usaha : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya Lengkap

Walaupun dengan sikap egois yang tinggi, tetapi ia juga memiliki kepedulian yang tinggi. Khususnya pada orang-orang yang ia sayangi. Selain itu ia juga biasanya memiliki prinsip yang konsisten serta teguh dalam pendirian.

8. Saat Ngambek, Anak Pertama Akan Memilih untuk Diam

Yang menarik dari sifak anak pertama saat sedang marah, adalah diam. Ketika ada orang yang membuatnya kesal, ia akan lebih banyak diam dibandingkan bicara. Terutama jika anak pertamanya adalah perempuan. Namun marahnya juga tak akan lama karena dibalik sikap diamnya ia tetap memiliki kasih sayang yang tinggi.

9. Memiliki Tingkat Kreativitas yang Lebih Tinggi

Anak pertama juga memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Karena mereka memang terdidik dengan menjadi seseorang yang kreatif. Ia juga terbiasa memikirkan kehidupan yang dijalaninya sendiri. Sejak kecil, ia terbiasa dengan beragam masalah yang dihadapinya. Dan jika diperhatikan dengan teliti, biasanya ia memang lebih kreatif dibanding adiknya. Apalagi saat ia sedang berada di tengah lingkungan sosial.

10. Sangat Penyayang

Keluarga adalah segalanya untuk anak pertama. Setiap langkah yang ia ambil juga selalu dipikirkan dampaknya, bagi keluarganya. Selain itu ia juga menyayangi adik-adiknya dan ia terlahir sebagai pejuang keluarga walaupun tak ada yang memintanya.

11. Sangat Bijaksana

Fakta lainnya dari anak pertama adalah bijaksana. Sifat dasarnya yang dewasa serta mempunyai banyak ilmu dan pengalaman, membuatnya selalu memberinya saran bijak pada adiknya dalam bertindak. Anak pertama sering dijadikan tempat konsultasi oleh adik-adiknya. Dalam kehidupan sosial ia juga selalu bersikap bijaksana dan selalu membantu orang lain.

12. Suka Menolong dan Paling Rajin

Lahir sebagai anak paling tua dan memiliki tanggung jawab yang besar dari orang tuanya, membuatnya menjadi anak paling rajin dibanding adiknya. Kebiasaan baiknya juga sering dilakukan oleh anak pertama di tengah masyarakat. Kebiasaan baik serta sifatnya yang rajin dimiliki oleh anak pertama dan menjadikan anak pertama tumbuh menjadi anak yang suka menolong.

Baca Juga :  Pengertian Industri Kreatif Dan Contohnya Lengkap

Itulah beberapa Fakta Anak Pertama dalam hal sikap dan perilakukanya secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :