Gambar Buah-Buahan segar – Jenis-Jenis, Ciri-Ciri Dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Gambar Buah-Buahan segar – Jenis-Jenis, Ciri-Ciri Dan Penjelasannya Lengkap

Gambar Buah-Buahan – Buah-buahan mempunyai tekstur, rasa dan warna yang beraneka ragam. Buah juga memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing, yang memang dibutuhkan oleh manusia. Bentuknya yang beragam dapat menyegarkan mata. Berikut ini akan diulas lebih lengkap mengenai jenis buah-buahan itu sendiri.

Apel

Adalah jenis buah yang bagian luarnya berwarna merah, khususnya ketika sudah matang dan siap dimakan. Walaupun ada juga buah apel yang warnanya kuning/hijau tapi sudah matang. Pohon apel biasanya tumbuh di daerah dengan suhu yang sejuk dan dingin. Tingginya sekitar 3-12 Meter dan menghasilkan rasa yang manis. Ukuran bijinya kecil dan ada pada daging buahnya.

Anggur

Buah anggur biasanya hidup di dataran rendah, dengan warna dan jenis yang cukup bervariasi. Jenis tanaman anggur membutuhkan musim kemarau, yaitu di antara bulan ke 4-7. Supaya tanamannya bisa tumbuh, maka diperlukan sinar matahari. Agar menghasilkan rasa yang lezat.

Jenis buah anggur diantaranya yaitu kaiji grape atau anggur merah agak putih bening. Selain itu juga ada anggur jenis Auxerrois Grape yang berwarna kuning terang keputihan, Dan juga Carbernet Franc Grape yang warnanya relatif biru gelap.

Kemudian ada juga Rosario Bianco Grape yang berwarna hijau muda dan Barborrossa Crape yang berwarna merah. Selanjutnya adalah Chenin Blance Grape berwarna hijau pekat dan Takazuma Crape dan juga Seikire Grape yang berwarna merah pekat.

Alpukat

Buah alpukat juga memiliki banyak manfaat. Diantaranya yaitu mampu menangkal racun dan radikal bebas dalam tubuh manusia. Buah alpukat juga sering dijadikan jus. Dengan campuran buah atau minuman lainnya.

Buah alpukat memiliki kisaran ukuran 7 sampai dengan 20 cm. Ia memiliki berat sekitar 100 hingga 1000 gram untuk setiap bijinya. Buah ini juga mempunyai biji cukup besar, yaitu antara 5 sampai dengan 6,4 cm.

Baca Juga :  Cara Membuat Origami Kertas Mudah – Bunga, Binatang, Burung, Love Lengkap

Belimbing

Warna buah ini adalah kuning kehijauan. Saat prosesnya tumbuh, buahnya berwarna hijau. Rasa buahnya manis dan ada unsur asamnya. Bentuknya seperti bintang dan mengandung banyak vitamin C hingga sangat baik untuk kesehatan manusia.

Ada beberapa daerah/kawasan di Indonesia yang terkenal dengan buah belimbingnya, yaitu daerah Demak. Belimbing dengan warna yang cerah memiliki rasa yang manis.

Ceri

Buah ceri sering dianggap sebagai buah kersen. Buah ini hidup di kawasan yang beriklim sedang. Yang juga banyak ditemukan di Indonesia, terutama di pinggir jalanan. Buah ini mempunyai jenis pohon yang rindang, hingga pas sekali untuk dijadikan tempat berteduh. Kandungannya sangat beragam, begitu juga manfaatnya. Contohnya sebagai antiseptik, yang dapat membantu meringankan gejala flu, sakit kepala, diabetes dan juga bisa dijadikan sebagai bahan anti peradangan.

Cokelat

Coklat sering dijadikan bahan olahan untuk membuat kue, es krim, makanan ringan, es dan sebagainya. Coklat berasal dari pohon kakao, yang disebut dengan coklat. Aroma buah ini khas dan rasanya gurih. Tak heran jika banyak yang menyukainya, terutama anak-anak. Coklat juga memiliki rasa manis.

Duku

Buah duku adalah jenis buah yang berasal dari Asia Tenggara. Yang mirip dengan kokosan, langsat, celoring dan juga buah pisitan. Buah ini merupakan buah khas daru Sumatera Selatan. Rasanya sangat terkenal dan digemari banyak orang. Terutama duku Palembang.

Pohon duku memiliki daun yang rimbun dan warnanya hijau cerah. Bentuknya mirip dengan bulan sabit, dan kulitnya cukup tebal. Bijinya kecil, dagingnya tebal, sedikit bergetah  dengan rasa asam manis.

Durian

Adalah jenis buah yang memiliki kulit buah dengan lekuk yang tajam, dan menyerupai duri. Rasanya unik dan lezat. Teksturnya sangat pulen dan juga tidak keras. Buahnya juga tidak melumer. Meskipun banyak orang yang suka dengan buah durian, tetapi sebagian orang juga tak suka durian karena aromanya yang khas. Ada beragam jenis durian di Indonesia diantaranya yaitu durian montong, durian bawor, durian bokor, durian merah, durian matahari dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Manajer : Pengertian, Tugas, Fungsi Dan Tanggung Jawabnya Lengkap

Jambu Air

Buah yang satu ini memiliki kandungan air yang cukup banyak. ketika matang buahnya berwarna merah muda. Buah ini cocok dimakan saat hawa sedang panas dan kehausan. Buah jambu air juga sering dijadikan campuran dalam membuat rujak. Jenis jambu air lainnya diantaranya yaitu jambu batu, jambu bol dan lain sebagainya.

Jambu Batu

Buah ini memiliki tekstur yang keras seperti batu. Namun rasanya manis seperti jambu air. Jambu batu memiliki biji yang kecil-kecil yang warnanya oranye keputihan. Bijinya berada di bagian tengah buah. Saat baru berkembang, warna buahnya menjadi hijau tua. Lama kelamaan akan menjadi kuning saat buahnya matang.

Jeruk

Jeurk adalah jenis buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. Serta kandungan mineral dan kalsiumnya yang baik bagi tubuh. Jenis-jenis jeruk diantaranya yaitu jeruk lemon, jeruk nipis. Jeruk mandarin, jeruk Sunkist, jeruk bali dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rasa buah jeruk yaitu asam, manis dan segar. Rasanya biasanya ditentukan oleh jenis jeruk itu sendiri. Hasil olahanya pun mudah dan banyak dikonsumsi. Baik dalam bentuk cair maupun bubuk.

Kecapi

Pohon kecapi adalah jenis pohon yang besar dan rimbun. Tingginya bisa mencapai 20-30 m. kecapi juga merupakan jenis pohon yang memiliki getah. Rasa buahnya yaitu manis dan asam, dan untuk buah yang matang biasanya memiliki warna kuning. Dan daging buahnya tebal. Namun kulitnya lunak hingga mudah dibuka.

Kedondong

Buah dengan tekstur yang keras ini memiliki rasa yang asam. Pada umumnya, kedondong akan dijadikan asinan, acara, selai dan juga rujak. Buah kedondong termasuk dalam jenis buah mangga-manggaan. Warna buahnya hijau.

Kelapa

Pohon kelapa mampu tumbuh dalam waktu yang sangat lama, hingga puluhan tahun lamanya. Pohon kelapa banyak tumbuh di sekitar pantai di berbagai daerah dengan intensitas matahari yang cukup. Buahnya terdiri dari kulit, batok, daging buah kelapa, dan juga air kelapa itu sendiri.

Manfaatnya selain menghilangkan dahaga, juga memiliki rasa yang segar. Manfaat utamanya yaitu mengurangi penuaan dini serta mengandung anti oksidan yang baik bagi tubuh.

Baca Juga :  Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Lemon

Banyak orang yang berpikir, buah ini sama dengan buah jeruk nipis. Namun sebenarnya keduanya berbeda. Buah lemon berbentuk bulat dan lonjong dengan rasa asam dan sedikit manis. Sedangkan jeruk nipis berwarna hijau, ukurannya kecil dan rasanya asam serta agak pahit.

Mangga

Buah mangga adalah buah yang paling banyak digemari oleh orang Indonesia. Karena rasanya manis dan dagingnya cukup tebal. Bentuk dan tingkatan rasanya juga berbeda-beda, tergantung dari jenisnya. Beberapa jenis mangga yang rasanya lezat diantaranya yaitu mangga ponding, mangga arum manis, mangga madu, simanalagi, dan beberapa jenis yang lainnya.

Manggis

Warna buah manggis adalah merah dan agak keunguan ketika sudah matang. Buah manggis dikenal sebagai ratu buah. Buah ini terkenal dengan kandungan antioksidannya dan anti inflamasi. Bahkan manggis menjadi jenis buah dengan tingkat anti oksidan yang paling tinggi dibanding jenis buah lainnya.

Melon

Buah melon adalah jenis buah yang juga banyak peminatnya. Melon termasuk ke dalam jenis labu-labuan, yang enak jika dimakan langsung atau dijadikan es buah. Dagingnya berwarna orange muda atau hijau kekuningan.

Nanas

Buah nanas adalah buah berwarna kuning dengan rasa asam, manis tapi segar. Buah ini berkhasiat dalam melancarkan sistem pencernaan, dan terkenal dengan nanas Subang Jawa Barat.

Naga

Buah ini sering dibawa keberkahan, baik masyarakat Tiongkok atau Vietnam. Bahkan mereka sering meletakkan buah naga di antara patung naga di atas meja altar. Teksturnya hampir sama dengan buah kiwi, daging buahnya manis, dan bijinya dimakan langsung dengan daging buahnya.

Pepaya

Buah pepaya juga menjadi buah yang terkenal di Indonesia. Warna daging buahnya oranye dan rasanya manis. Buah pepaya yang belum matang sering dijadikan sayur, sedangkan untuk yang sudah matang biasanya dijadikan campuran es buah.

Itulah Gambar Buah-buahan yang terkenal di Indonesia, dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan memberi manfaat.

Baca Juga :