8 Macam Zat Aditif Pada Makanan Cepat Saji dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Posted on

Makanan yang Mengandung Zat Aditif dan Efek untuk Kesehatan

Makanan yang dikemas dan serbaguna untuk berbagai kebutuhan untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan, juga tidak lama di toko. Meski begitu, berbagai macam zat aditif bisa berakibat buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini adalah jenis aditif yang paling umum dalam makanan, termasuk yang mungkin disebabkannya.

Apa saja zat aditif yang paling umum dalam makanan, dan apa efeknya bagi kesehatan?

1. MSG

MSG (monosodium glutamate) alias mecin adalah aditif yang disebut sebagai penyedap makanan. Tidak hanya terbatas pada makanan kemasan dan makanan cepat saji, minuman rumahan juga sering dan ditambahkan dengan mecin untuk membuatnya terasa lebih lezat.

Efek MSG pada kesehatan masih menjadi topik hangat. Beberapa ahli berpikir mecin dapat menyebabkan masalah di otak dan kerja otak Anda. “Lambat”. Selain itu, Anda juga dapat melihat apa yang Anda alami, sebagai gejala dari Chinese Restaurant Syndrome. Sementara itu, sejumlah penelitian lain belum menemukan secara khusus antara konsumsi MSG dan masalah kesehatan.

Terlepas dari mengenai seputar bahaya MSG, FDA telah menyatakan bahwa MSG adalah aditif yang mudah digunakan. Keputusan FDA ini juga disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), dan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Baca Juga :  Batuan : Pengertian, Jenis, Struktur dan Klasifikasinya Lengkap

2. Pewarna Buatan

Pewarna aktif aditif dalam makanan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan. Makanan segar dan cerah akan menarik orang untuk membeli. Namun, tidak semua pewarna makanan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat warna dapat mempengaruhi kecenderungan anak-anak dan hiperaktif pada anak-anak dengan ADHD.

Tidak hanya itu. Beberapa pewarna makanan dapat digunakan untuk kanker, seperti berlian biru (Biru 1), allura merah alias Merah 40, dan pewarna karamel. Merah 3, juga dikenal sebagai erythitoris, telah terbukti meningkatkan tumor tiroid. Meski hanya sebatas pada penelitian hewan, peneliti yakin bahwa efeknya sangat besar jika digunakan oleh manusia.

Ada suara untuk memilih makanan tanpa pewarna buatan, atau menggunakan bahan alami (seperti suji daun untuk hijau) untuk menghindari munculnya penyakit.

3. Natrium nitrit

Natrium nitrit adalah pengawet dalam daging olahan yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Selain itu, aditif dalam makanan ini juga menambah rasa asin dan membuat daging kalengan terlihat merah kemerahan seperti daging segar.

Sayangnya jika termasuk suhu panas yang cukup tinggi, zat ini bisa berubah bentuk menjadi nitrosamin. Nitrosamin diketahui menyebabkan kanker usus besar, kanker payudara, kanker kandung kemih, dan kanker perut. Untuk alasan ini, upaya untuk mengisi dan memulihkan daging.

4. Sirup jagung tinggi fruktosa

Sirup jagung Fruktosa adalah pemanis yang digunakan dalam soda, jus, permen, sereal, dan berbagai makanan ringan. Sebuah penelitian memastikan bahwa bahan ini dapat meningkatkan obesitas dan diabetes jika sering digunakan dalam porsi berlebihan.

Selain itu, zat yang satu ini juga bisa dimasukkan dalam berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung dan kanker. Penelitian juga membuktikan bahwa tidak ada vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sebaliknya, pilih makanan dan minuman tanpa tambahan gula buatan. Anda dapat menambahkan madu murni sebagai minuman gula sehat.

Baca Juga :  Tekanan Udara : Pengertian, Rumus dan Contoh Soalnya Lengkap

5. Pemanis buatan

Pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, dan lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa pemanis dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan membantu mengelola kadar gula dalam tubuh. Meskipun biasa adalah pengganti gula sehat, konsumsi pemanis berlebihan dan belum tentu baik untuk kesehatan.

Untuk menghindari masalah, para ahli menggunakan pemanis buatan hanya untuk dijahit.

6. Natrium benzoat

Natrium benzoat adalah aditif dalam makanan asam dan minuman ringan. FDA, sebuah badan hukum obat dan makanan dari Amerika Serikat, telah mengungkapkan sodium benzoate agar aman untuk dikonsumsi.

Meski begitu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi sodium benzoate dan pewarna keluarga dapat meningkatkan tingkat hiperaktivitas pada anak-anak. Selain itu, natrium benzoat yang dikombinasikan dengan vitamin C juga bisa berubah menjadi benzena, zat yang dapat meningkatkan jumlah kanker.

Jadi, ada garis tipis sebelum membeli. Makanan dan minuman mengandung asam benzoat, natrium benzoat, benzena, atau benzoat yang dikombinasikan dengan vitamin C seperti asam sitrat atau asam askorbat.

7. Perasaan Buatan

Beberapa minuman dan makanan kemasan dengan rasa “rasa asli” kadang-kadang terasa dengan bantuan perasa buatan.

Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bukti bahwa perangkat ini memiliki beberapa efek negatif pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebuah penelitian yang mengandung Healthline menyatakan bahwa produksi sel darah merah telah diberikan selama tujuh hari berturut-turut.

Selain itu, perasa sintetis seperti coklat dan stroberi memiliki efek toksik pada sel sumsum tulang. Sementara penyedap anggur, buah prem, dan sayangnya bisa menghambat pemuatan. Namun, lebih banyak diperlukan untuk melihat efeknya pada manusia.

Jadi, ada masalah untuk mengganti makanan dengan perasa buatan. Cobalah membeli makanan atau minuman yang disiapkan menggunakan bahan alami untuk menikmati rasanya.

Baca Juga :  Hukum Boyle : Pengertian, Rumus dan Contohnya Lengkap

8. Lemak trans

Trans fat (trans fat) adalah minyak nabati yang biasanya ditemukan dalam margarin, biskuit, jagung pop, makanan yang digoreng, dan krim. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa lemak dapat meningkatkan kolesterol. Untuk itu, ada privasi untuk menghapus makanan yang mengandung lemak trans. Selain itu, gunakan minyak nabati yang lebih efektif untuk minyak zaitun, minyak canola, dan minyak biji bunga matahari.

Batasi konsumsi makanan tambahan

Selain itu, ada lebih banyak zat yang ditambahkan ke makanan cepat saji. Semakin banyak porsi yang Anda konsumsi dan jenis yang berbeda, semakin tinggi risiko bagi kesehatan.

Karena itu, ada masalah untuk menghilangkan makanan dan kemasan yang mengandung banyak zat aditif. Siasati dengan memasak sendiri menggunakan bahan-bahan alami segar. Untuk memperkuat rasa, Anda bisa menggunakan berbagai jenis penyedap dari garam bekas atau MSG.