8 Cara Membuat Personal Letter Dalam Bahasa Inggris Beserta Penjelasannya lengkap

Posted on

Cara Membuat Personal Letter Dalam Bahasa Inggris

Personal Letter – Sebagian besar orang pasti masih memiliki sahabat pena, walaupun kegiatan surat menyurat sudah mulai jarang dilakukan karena kini sudah banyak orang yang menggunakan email. Namun tidak menutup kemungkinan ada juga orang yang memiliki sahabat pena, yang melakukan surat menyurat dalam bahasa Inggris.

Sebelum anda mulai membuat personal letter sebaiknya pahami apa saja yang harus dilakukan dalam membuat personal letter tersebut. ada bagian-bagian yang harus dicantumkan dalam membuat personal letter. Misalnya address, date, salutation, introduction, body, closing, greeting for closing, dan signature.

Berikut penjelasan lengkapnya :

Adress

Adress atau alamat merupakan bagian yang paling penting dalam membuat personal letter. Karena jika tidak alamat maka surat akan dikirim kemana. Untuk alamat penerima tentu menjadi bagian utama dalam surat. Tetapi untuk alamat pengirim alias alamat anda, sifatnya menjadi opsional. Bisa ditulis bisa juga tidak. Jika orang yang anda kirimi surat sudah kenal dan tahu alamat anda, maka alamat pengirim tidak perlu ditulis.

Alamat pengirim biasanya ditulis di pojok kanan atas, sedangkan alamat penerima ditulis di pojok kiri atas di bagian bawah alamat pengirim.

Date

Selain alamat hal penting lainnya yang harus ditulis di dalam surat adalah date atau tanggal. Tanggal biasanya diletakkan di bagian bawah alamat. Penulisan tanggal pada personal letter dapat ditulis dengan dua cara. Yang pertama secara british style, dan cara kedua secara american style. Contoh penulisan britih style yaitu 15 Februari 2018 sedangkan contoh penulisan american style ditulis dengan Februari 15, 2018.

Baca Juga :  Permainan Tradisional Indonesia : Daerah Asal, Cara Bermain, Dan Sejarahnya Lengkap

Salutation

Salutation disebut juga dengan greetings. Atau disebut sebagai salam pembuka, yang selalu ada di berbagai jenis surat. Contoh salam pembuka dalam personal letter sangat beragam. Misalnya dengan menulis dear, hi, hallo dan lain sebagainya. Setelah salam pembuka biasanya akan diikuti dengan nama si penerima surat. Ada banyak variasi lainnya dalam penulisan salam pembuka ini. Misalnya my beloved sister atau my beloved mom, dan lain sebagainya.

Introduction

Sama dengan namanya introduction berisi pembukaan di dalam surat pribadi. Misalnya berisi komentar atau mengomentari surat sebelumnya. Kalau surat yang anda tulis merupakan surat balasan. Atau introduction ini juga bisa berupa kabar terbaru dari si pengirim surat. Di bagian introduction ini, pengirim surat juga akan menulis kalimat yang menghubungkan isi surat satu sama lain.

Body

Untuk bagian yang satu ini adalah bagian isi dari sebuah surat. Ada beragam jenis isi surat yang terdapat pada personal letter. Isi surat juga akan berkaitan dengan tujuan dibuatnya surat tersebut.

Closing

Closing atau bagian penutup bisa diisi dengan beberapa kalimat penutup yang menjelaskan bahwa surat tersebut sudah selesai. Di dalam membuat kalimat penutup tersebut, bisa ditambahkan harapan untuk si penerima surat. Dengan hal-hal yang baik atau positif. Misalnya Sorry, I have to finish my homework now. I would wait for your reply dan I have to go now. See you soon and good luck!

Greetings for closing

Ada banyak jenis salam penutup yang dibuat di dalam surat pribadi. Misalnya Yours, Radilla, Regards, Aditya Pratama atau Hugs and kisses.

Signature

Setelah surat selesai ditulis, hal yang paling akhir yang anda lakukan adalah dengan membubuhkan tanda tangan anda di sana. Tambahkan juga nama lengkap anda di bagian bawah setelah tanda tangan.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Belajar Dan Hasil Belajar Menurut Para Ahli Lengkap

Itulah uraian mengenai personal letter yang bisa anda pelajari lagi. Semoga memberi manfaat.

Baca Juga :