Metamorfosis Kecoa : Urutan Proses, Tahapan, Gambar Dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Metamorfosis Kecoa : Urutan Proses, Tahapan, Gambar Dan Penjelasannya Lengkap

Metamorfosis Kecoa – Kecoa merupakan salah satu jenis hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna di dalam hidupnya. Metamorfosis kecoa ini merupakan metamorfosis yang tidak sempurna, karena ia tidak melalui fase pulpa atau kepompong. Proses dalam metamorfosis kecoa itu sendiri hanya melalui 3 fase saja, yaitu dengan urutan yang pertama menjadi fase telur, lalu fase nimfa dan kemudian kecoa dewasa.

Metamorfosis Kecoa

Metamorfosis Kecoa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa metamorfosis kecoa ini akan melalui 3 tahapan stadium yaitu stadium telur, stadium nimfa kemudian stadium keco dewasa atau disebut imago. Skema dari proses dan juga tahapan dari metamorfosis ini dijelaskan dengan gambar yang ada di bawah ini.

Stadium Telur

Proses metamorfosis kecoa diawali dengan stadium telur. Telur kecoa akan diperoleh dari hasil pembuahan, antara sel telur betina yang dilakukan oleh sel spermatozoa pada kecoa jantan. Sedangkan induk kecoa betina pada umumnya akan meletakkan telur yang dikandungnya, di atas permukaan tanah atau bahkan di sampah. Lebih sering juga dijumpai telur kecoa yang diletakkan di daerah yang memang jarang dilalui oleh manusia.

Di dalam sekali bertelur, induk betina ini meletakkan sekitar 16 sampai 32 butir telur. Telur-telur itu biasanya saling melekat satu dengan yang lainnya karena adanya cairan yang lengket di bagain permukaannya. Telur yang warnanya hitam atau coklat biasanya akan dilindungi dengan cangkang kapsul, yang disebut dengan otheca. Oorchea ini sangat keras sehingga bisa melindungi telur dari benturan yang sangat keras dari luar.

Baca Juga :  Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna : Pengertian, Ciri dan Contohnya Lengkap

Telur kecoa juga akan menetas di antara rentang 1 sampai 2 bulan, hal ini bergantung pada jenis dan spesies induknya. Dari telur yang akan menetas, yang akan mengeluarkan nimfa atau kecoa muda.

Stadium Nimfa

Setelah telur ini menetas, nimfa atau bayi kecoa pun akan keluar. Nimfa ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yang bentuknya serupa dengan kutu beras tetapi warnanya putih. Nimfa ini telah bisa bergerak dengan bebas dalam mencari makan, sampai tumbuh dan warnanya berubah menjadi warna coklat. Pada awal fase ini, nimfa juga belum memiliki sayap.

Di dalam proses metamorfosis kecoa fase nimfa yang dilalui selama 60 hari dengan 4 sd 7 kali instar, atau ganti kulit. Setiap ia ganti kulit kulit nimfa yang baru akan menjadi lebih keras. Saya kecilnya pun baru keluar di fase instra yang terakhir sebelum ia memasuki fase imago.

Stadium Imago atau Kecoa Dewasa

Melewati proses instar yang terakhir kini nimfa kecoa sudah memiliki 2 pasang sayap. Di fase inilah stadium imago dimulai. Imago atau kecoa dewasa memiliki sayap yang sudah lebih kuat sehingga hal itu memungkinkan ia untuk terbang kesana kemari. Pada awal fase imago terjadi, kecoa muda ini berukuran lebih kecil. Kemudian ia akan tumbuh dengan besar, dan siap untuk melakukan proses reproduksi dengan pasangannya.

Stadium imago akan berlangsung selama sekitar 200 hari, dan dapat bertelur sebanyak 8 sd 20 kali sebelum akhirnya ia mati.

Demikian pemaparan dan penjelasan lengkap mengenai metamorfosis kecoa. Semoga memberi manfaat.

Baca Juga :