Peluang Usaha Toko Pakan Burung Lengkap

1 min read

Peluang Usaha Toko Pakan Burung Lengkap

Modal Usaha Toko Pakan Burung Perhitungan dan Keuntungannya – Mungkin banyak orang yang masih mengira-ngira, apakah berjualan pakan burung itu memiliki potensi yang bagus atau tidak. Sebelumnya, anda harus mengetahui dahulu bagaimana gambaran analisa modalnya dan kerugian apa saja yang dialami saat anda membuka usaha toko pakan burung ini. Berikut rincian lengkapnya.

Rincian Modal Awal Usaha

NoModal untuk membeli barang inventasi toko pakan burungHarga
1Modal awal untuk membeli pakan burung berbagai varianRp 5.000.000
2Barang penunjang lainnya untuk toko pakan burungRp 2.000.000
 Total biaya membeli barang inventasiRp 7.000.000

 

NoBiaya operasional yang harus anda keluarkan per bulanHarga
1Sewa tempatRp 800.000
2Membeli bahan pakan burungRp 2.000.000
3Upah untuk 1 orang karyawanRp 700.000
4Biaya listrik dan airRp 100.000
5Biaya lain yang tak terdugaRp 300.000
 Total biaya yang harus keluarkan pada toko pakan burungRp 3.900.000

 Perhitungan Keuntungan

Bila diasumsikan dalam satu hari toko pakan burung berhasil menjual produk pakan burung beragam ukuran, dan varian jenisnya dengan keseluruhan harganya yaitu Rp.300.000,- maka dalam satu bulan pendapatan kotor yang diterima adalah Rp.300.000 x 30 = Rp.9000.0000,-

Setelah mengetahui pendapatan kotor selama satu bulan maka anda sudah bisa menghitung berapa keuntungan bersihnya. Cara menghitungnya yaitu Rp.9.000.000 – biaya yang dikeluarkan selama satu bulan. Hasilnya adalah keuntungan bersih penjualan.

Rincian modal tersebut di atas belum termasuk penyusutan alat dalam menutup biaya beli barang investasi, hanya diperlukan waktu 2 bulan saja dalam mengembalikan modal awal usaha.

Baca Juga :  Neraca Pembayaran : Pengertian, Sistem Pencatatan, Komponen, Macam-Macam Dan Fungsinya Lengkap

Analisa SWOT

  1. Strenght (kekuatan). Miliki varian pakan burung yang bermacam-macam sehingga konsumen bisa membeli pakan sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Weakness (kelemahan). Bagi anda yang menjadi pelaku usaha dalam bidang pakan burung, anda juga harus paham nutrisi makanan burung tersebut. Selain itu, jumlah modal yang sedikit biasanya susah dalam memperoleh minat dari konsumen.
  3. Opportunity (peluang). Semakin banyak jumlah pecinta burung maka akan semakin banyak juga peluang konsumen yang datang ke toko anda. Selain menjual pakan burung, sebaiknya anda juga menjual produk lainnya seperti peralatan untuk kebutuhan burung misalnya tempat makan atau kandang burung.
  4. Threats (ancaman). Ancaman bagi toko pakan burung juga biasanya terletak pada jumlah pesaing, karena semakin hari semakin banyak orang yang menjual pakan burung.

Cara Menghemat Modal Awal Usaha

  1. Di awal usaha sebaiknya tak usaha menyewa tempat yang terlalu luas. Anda bisa memilih sewa tempat yang sesuai dengan bajet saja.
  2. Dalam membuka toko pakan burung, anda juga harus memiliki bagaimana cara menentukan target sasaran. Pastikan juga di lingkungan tersebut memang ada potensi dalam berjualan pakan burung.
  3. Alat perlengkapan yang lainnya. Biasanya di suatu toko pakan burung tidak hanya tersedia pakan saja, tetapi tersedia juga perlengkapan untuk merawat burung. Namun jika ingin menghemat biaya modal awal usaha maka anda bisa menjual pakan burungnya saja.

Itulah ulasan tentang  Modal Usaha Toko Pakan Burung Perhitungan dan Keuntungannya yang disertai dengan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi tepat bagi anda yang akan membuka usaha toko pakan burung. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :