Pengertian Dasa Wisma Beserta Penjelasannya Lengkap

Pengertian Dasa Wisma Lengkap

Pengertian DasaWisma – Dasawisma merupakan kelompok ibu-ibu yang berasal dari 10 KK rumah yang memiliki tetangga, yang tujuannya adalah untuk memudahkan jalannya sebuah program tertentu. Misalnya Pengumpulan dana, kuesioner, tertib administrasi, yang merupakan contoh tanggung jawab dari ketua, lalu kemudian hasilnya diteruskan pada ketua PKK. Kegiatan ini diarahkan pada peningkatan kesehatan di dalam keluarga. Bentuk kegiatannya meliputi risan (PKK), pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran).

Pengertian Dasa Wisma

Kelompok dasa wisma merupakan kelompok yang terdiri dari 10-20 KK di dalam suatu RT. Sesudah terbentuk kelompok, diangkatlah satu orang yang mempunyai tanggung jawab sebagai ketua. Pengembangan desa siaga dilaksanakan dengan melalui pembentukan Poskesdes, yang merupakan upaya kesehatan yang bersumberdaya masyarakat. Yang dibentuk oleh desa dalam rangka mendekatkan atau menyediakan pelayanan kesehatan dasar, bagi masyarakat desa yang meliputi kegiatan peningkatan hidup yang sehat  ( promotif ), pencegahan penyakit ( preventif ), pengobatan (kuratif) yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan ( terutama bidan ) dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela lainnya. Desa siaga ini kemudian dikembangkan melalui penyiapan masyarakat, pengenalan masalah, perumusan tindak lanjut pencapaian khususnya kesepakatan pembentukan Poskesdes dan dukungan sumberdaya.

Dasawisma Adalah Ujung Tombak Yang Terdepan Dalam Kegiatan Serta Kehidupan Masyarakat

Sepuluh program PKK adalah dasar bagi Ibu Dasawisma dalam melaksanakan dan menjalankan kegiatan. Dan juga pencatatan data keluarga karena mereka adalah ujung tombak terdepan yang diharapkan bisa menggerakkan seluruh kegiatan yang langsung berkaitan, dengan hidup serta kehidupan masyarakat baik mental spiritualnya maupun secara fisik. Dan materialnya seperti misalnya pengajian, gotongroyong, Pencegahan KDRT, Paud, Usaha Peningkatan Keluargam, keterampilan , hatinya PKK, Pendidikan, Kesehatan, posyandu, Sandang Pangan dan Pemanfaatan Toga.

Baca Juga :  Struktur Sosial : Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Fungsinya Lengkap

Melalui pertemuan Dasawisma tersebut mereka akan berupaya untuk mencari pemecahan masalah dan pembentukan dalam pelaksanaan tugasnya. Dalam bentuk mendukung kelancaran segala kegiatan dalam Dasawisma.

Kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat ini dibuat dalam rangka kewaspadaan dini dari berbagai macam ancaman penyakit, atau masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh status gizi, kondisi suatu lingkungan, serta perilaku masyarakat itu sendiri. Pada umumnya tujuan dari kegiatan yang berbasis masyarakat ini yaitu terciptanya sistem kewaspadaan, serta kesiapsiagaan dini di dalam masyarakat.

Dalam setiap kegiatan ini, harapannya adalah setiap peserta bisa memanfaatkannya untuk saling berbagi pengalaman. Serta menjadikan bekal dan pedoman untuk menunjang kelancaran pelaksanaan segala jenis kegiatan di suatu desa. Dalam menilai ketua dasawisma yang berprestasi tingkat provinsi di Sumatera tahun 2016 silam, yang dimana dinilai secara langsung oleh Ibu Ketua PKK dan sekretaris. Yang akan dinilai di sana adalah penilaian laporan dan secara tertulis, dan bagaimana ketua dasawisma mengekspos segala hal yang sudah dilaksanakan di tempatnya masing-masing. Kemudian akan ada penetapan terbaik yang ke I, II, dan III dan juga harapan. Dan akan ada kunjungan ke lapangan bagi ke lima nominasi tersebut, dengan lima nominasi kategori kota dan 6 nominasi kabupaten lainnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh ibu-ibu dasawisma ini adalah kegiatan sosial kemasyarakatan yang sangat mulia, karena menyangkut upaya dalam pendapatan yang objektif serta untuk menggerakkan pelaksanaan kegiatan PKK di lapangan. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat harus memposisikan mereka dengan cara yang profesional, yang dimana sekecil apapun sumbangsih yang mereka lakukan tetap harus kita hargai. Karena keikhlasan mereka dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya, adalah prestasi mereka sebagai kader yang sukarela mendorong masyarakat yang ada di lingkungannya.

Baca Juga :  8 Faktor Penyebab Penyakit Sosial dan Penyimpangan Sosial

Sekian pembahasan tentang pengertian dasawisma lengkap, dan bagaimana dasawisma menjadi ujung tombak dalam setiap kegiatan dalam kehidupan masyarakat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :