Gerhana Matahari dan Bulan : Pengertian dan Jenis Beserta Penjelasannya Lengkap

Pengertian, Jenis serta Proses Terjadinya Gerhana Matahari Dan Bulan

Gerhana Matahari Dan Bulan – Gerhana merukapan suatu peristiwa tertutupnya sebuah objek yang disebabkan oleh adanya benda atau objek, yang sedang melintas di depannya. Kedua jenis objek yang terlibat di dalam gerhana tersebut, ukurannya hampir sama bila diamati dari bumi. Contohnya saja gerhana matahari dan gerhana bulan.

Gerhana Matahari

Gerhana matahari biasanya terjadi ketika posisi bulan letaknya ada diantara bumi dan matahari. Sehingga bulan akan menutupi sebagian atau bahkan seluruh bagian dari cahaya matahari. Walaupun ukuran bulan lebih kecil, tetapi bayangan dari bulan mampu menutupi cahaya matahari sepenuhnya. Karena bulan memiliki jarak rata-rata 384.400 kilometer dari Bumi, yang jaraknya lebih dekat dibandingkan matahari yang memiliki jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Jenis Gerhana Matahari

  1. Gerhana matahari total terjadi ketika puncak gerhana, bulatan matahari akan tertutup sepenuhnya oleh bulatan bulan. Saat itu bulatan bulan ukurannya sama besar atau bisa lebih besar dari bulatan matahari. Ukuran bulan dan matahari tersebut juga akan berubah-ubah, tergantung pada masing-masing jarak bumi dengan bulan dan bumi dengan matahari.
  2. Gerhana sebagian akan terjadi bila bulatan bulan saat puncak gerhana terjadi, hanya menutupi sebagian dari bulatan matahari. Pada gerhana sebagian selalu ada bagian dari bulatan matahari, yang tidak tertutup oleh bagian piringan bulan.
  3. Gerhana cincin terjadi ketika bulatan bulan saat terjadi puncak gerhana, hanya dapat menghalangi sebagian bulatan matahari saja. Di dalam gerhana ini, ukuran bulatan bulan lebih kecil dari ukuran bulatan matahari. Dengan demikian saat bulatan bulan ada di depan bulatan matahari, bulatan matahari tidak tertutup seluruhnya oleh bulatan bulan. Bagian dari bulatan matahari yang tidak tertutup oleh bulatan bulan, ada di sekeliling bulatan bulan dan terlihat menyerupai cincin yang bercahaya.
  4. Gerhana hibrida yaitu ketika bergesernya gerhana total dengan cincin. Di titik tertentu permukaan bumi gerhana tersebut muncul menjadi gerhana total. Pada titik lainnya muncul juga sebagai gerhana cincin. Namun gerhana hibrida ini relatif jarang terjadi.
Baca Juga :  Pengertian Pembiasan Cahaya & ( Syarat – Peristiwa – Hukum – Arah ) Lengkap

Gerhana Bulan

Gerhana bulan biasanya terjadi pada saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan ditutupi oleh bumi. Hal ini terjadi pada saat bumi ada diantara matahari dan bulan, yang berada di satu garis yang sama. Sehingga sinar matahari tidak akan mencapai bulan karena dihalangi oleh bumi.

Jenis Gerhana Bulan

  1. Gerhana bulan total. Pada gerhana ini bulan akan berada tepat di daerah umbra.
  2. Gerhana bulan sebagian. Di gerhana ini tidak seluruh bagian bulan terhalangi dari matahari ke bumi. Dan sebagian permukaan bulan yang lainnya ada di daerah penumbra. Sehingga masa ada bagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan.
  3. Gerhana bulan penumbra. Di gerhana ini seluruh bagian bulan ada di bagian penumbranya. Bulan pun masih terlihat tetapi dengan warna yang suram.

Demikian pembahasan lengkap tentang gerhana matahari dan bulan dan juga jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :