Pengertian Intervensi : Pengertian, Macam, Bentuk, Jenis Dan Contohnya Lengkap

2 min read

Pengertian Intervensi : Pengertian, Macam, Bentuk, Jenis Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Intervensi – Pada umumnya pengertian intervensi adalah tindakan yang dilakukan suatu badan dalam memasukkan pahamnya, seperti seseorang yang ingin membantu. Pendapat lainnya mengatakan intervensi adalah tindakan ikut campur dalam bidang politik, ekonomi, dan budaya negara lain. Banyak orang yang mengklaim bahwa intervensi ini adalah tindakan yang berlebihan, tetapi pada dasarnya intervensi dilakukan dengan niat membantu.

Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Dr. Wirjono Prodojodikoro, pengertian intervensi adalah campur tangan dari negara asing yang sifatnya menekan dengan alat kekerasan atau dengan ancaman melakukan kekerasan jika keinginannya tak dituruti.
  2. Parry dan Grant berpendapat, bahwa pengertian intervensi adalah ikut campurnya suatu negara dengan cara diktator pada negara lain, yang tujuannya adalah untuk menjaga atau mengubah kondisi aktual tertentu.
  3. G. Starke mengemukakan, pengertian intervensi adalah bentuk propaganda atau kegiatan yang lainnya yang dilakukan suatu negara yang tujuannya untuk mendorong terjadinya revolusi atau perang saudara di negara lain.
  4. Oppenheiman Lauterpacht menyatakan, pengertian intervensi adalah campur tangan dari suatu negara secara diktator tentang urusan negara yang lain, maksudnya untuk memelihara atau merubah suatu situasi, keadaan, atau barang pada negara tersebut.
  5. Dalam buku Black’s Law Dictionary, pengertian intervensi adalah ikut campurnya suatu negara pada urusan negara lain dengan cara memanfaatkan kekuatan/ancaman yang dimilikinya.
Baca Juga :  Sejarah lahirnya agama Islam di Jazirah Arab Secara Singkat

Macam Macam Intervensi

Intervensi Hukum

Adalah Campur tangan pihak ketiga dalam suatu perkara atau hukum perdata yang sedang berlangsung diantara pihak penggugat dan tergugat.

Intervensi Pemerintahan

Adalah upaya/tindakan tertentu yang dilakukan pemerintah dalam rancangan kerja yang tujuannya adalah untuk mencapai hal yang lebih baik.

Intervensi Kesehatan

Adalah tindakan rasional yang dilakukan untuk kepentingan pasien atas keputusan dokter dan perawat atau intervensi kolaboratif yang ada di antara keduanya.

Intervensi Keperawatan

Adalah campur tangan dokter/perawat untuk membantu pasien ke tahap kesehatan/kesembuhan secara total.

Intervensi Psikologi

Adalah bentuk layanan psikologi secara individu, berpasangan, kelompok atau berkeluarga yang mana pasien datang ke biro psikologi untuk mengobati kondisi psikis tertentu.

Bentuk Bentuk Intervensi

Kalevi J. Holsti mengungkapkan bahwa intervensi memiliki enam bentuk. Diantaranya yaitu :

Intervensi Diplomatik

Adalah bentuk campur tangan yang dimana seorang diplomat akan memberi komentar yang memihak pada kasus/persoalan politik yang melanda negara di tempatnya bertugas.

Intervensi Klasik

Adalah campur tangan yang dilakukan dengan kegiatan gelap atau misi rahasia. Contohnya penyadapan informasi pada suatu negara dengan tujuan tertentu.

Pameran Kekuatan Militer

Merupakan bentuk intervensi yang terbilang efisien, karena biayanya relatif murah dengan risiko yang rendah dibanding dengan intervensi militer yang sesungguhnya di suatu tempat.

Subversi 

Dikenal dengan sebutan gerakan bawah tanah. Yaitu suatu gerakan politik dan militer yang terorganisir, ditunjang, dan diarahkan negara asing, yang mana tujuannya adalah untuk memanfaatkan berbagai elemen di negara sasaran.

Gerilya

Adalah perpaduan antara subversi dengan sistem perang konvensional. Gerilya ini tidak selalu hasil intervensi dari kekuatan asing, tetapi cukup banyak kegiatan gerilya yang menjadi manifestasi dari intervensi.

Baca Juga :  Kebijakan VOC dan Pengaruh Terhadap Rakyat Indonesia

Intervensi Militer

Adalah bentuk campur tangan yang diwujudkan dengan cara mengirimkan ekspedisi militer untuk menunjang suatu pemerintahan yang sedang berkuasa ataupun membantu kelompok pemberontak.

Jenis Jenis Intervensi

1. Intervensi Berdasarkan Jangkaunnya

  • Intervensi Internal. Adalah tindakan ikut campur dari negara asing dalam mendukung kelompok tertentu dalam rangka membelot/memberontah pemerintah yang sah.
  • Intervensi Eksternal. Adalah campur tangan dari negara lain atas perang yang sedang terjadi diantara negara lain, yang tujuannya adalah untuk mendamaikan/meredam konflik tanpa membela salah satu pihak yang terlibat dengan perang.
  • Intervensi Reprisal. Adalah campur tangan yang dilakukan negara yang tujuannya untuk membalas kerugian yang diderita oleh negara lain, dengan menimbulkan kerugian seperti blokade.

2. Intervensi Berdasarkan Dampaknya

  • Intervensi Positif. Adalah sepak terjang negara asing atau lembaga dunia yang tujuannya adalah untuk menegakkan keadilan. Salah satu organisasi internasional yang sering melakukan intervensi positif adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
  • Intervensi Negatif. Adalah reaksi negara asing yang tujuannya yaitu untuk memperoleh/memanfaatkan beragam produk di suatu negara. Bentuk intervensi negatif ini biasa dilakukan oleh negara maju terhadap negara yang sedang berkembang.

Contoh Tindakan Intervensi

  • Melakukan embargo terhadap suatu negara yang dimusuhi oleh lembaga negara lainnya.
  • Mengirimkan prajurit ke negara yang bertikai yang sudah jelas bukan urusannya.
  • Melancarkan peperangan melalui cara blokade ke negara lain, dan tidak memiliki sangkut pautnya sama sekali.

Demikianlah Pengertian Intervensi yang disertai dengan macam, bentuk, jenis dan contohnya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Baca Juga :