Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Posted on

Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli

PENGERTIAN KREATIVITAS – Manusia dalam hidupnya selalu berusaha memenuhi kebutuhannya yang beragam melalui usaha dan tentunya bantuan orang lain. Namun dalam usahanya memenuhi kebutuhan, selalu muncul berbagai permasalahan, yang salah satu di antaranya adalah semakin menipisnya persediaan sumber daya alam yang ada. Hal mi telah mendorong setiap orang untuk melakukan tindakan kreatif dan berinovasi dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.

PENGERTIAN KREATIVITAS

Mungkin kamu sudah sering mendengar kata-kata kreativitas, misalnya temanmu dapat membuat peralatan seni yang unik lain dan pada alat seni yang lain, lantas kamu mengatakan memang dia kreatif.

Ada juga yang mengatakan jika seseorang rajin bekerja dan mampu melahirkan hal-hal baru, dianggap juga mempunyai kreativitas.

Jadi, kreativitas itu sebenarnya apa?

Berikut dipaparkan beberapa pengertian kreativitas dan beberapa ahli :

  • David Campbell mengatakan bahwa kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya baru, berguna, dan dapat dimengerti.
  • John W. Haefele mengatakan kreativitas adalah kemampuan membuat kombinasi-kombinasi baru yang bernilai sosial.
  • George J. Seidel mengatakan bahwa kreativitas adalah kemampuan untuk menghubungkan dan mengaitkan, kadang-kadang dengan cara-cara yang ganjil, namun mengesankan, dan ini merupakan dasar pendayagunaan kreatif dan daya rohani manusia dalam bidang atau lapangan manapun.
  • Jaques Hadamard mengatakan bahwa kreativitas adalah penggabungan ide-ide.

Berdasarkan keempat pengertian di atas, ada beberapa kata kunci tentang kreativitas, yaitu sebagai berikut:

  • Baru bermakna belum ada sebelumnya. Seseorang dianggap kreatif jika dapat membuat, menciptakan, atau melahirkan sesuatu yang baru yang belum ada sebelumnya.
  • Berguna bermakna mempunyai kegunaan dan dapat dimanfaatkan manusia, lebih praktis, lebih mudah dan sebelumnya, memecahkan masalah, mengurangi hambatan, mengatasi kesulitan, dan mendatangkan hasil lebih banyak.
  • Dapat dimengerti bermakna bahwa kreativitas itu hasil yang sama dapat dimengerti dan dapat dibuat di lain waktu. Jika ditemukan sesuatu yang baru, namun tidak  dimengerti maka itu belum termasuk kreativitas.
  • Kombinasi bermakna bahwa kreativitas dapat dilahirkan dengan kombinasi atau perpaduan beberapa cara atau metode sehingga melahirkan cara atau metode baru yang lebih mudah dimengerti.
  • Menghubungkan dan mengaitkan bermakna bahwa sesuatu digolongkan sebagai kreativitas jika dapat dihubungkan dan dikaitkan dengan hal-hal sebelumnya.
  • Tapangan manapun bermakna bahwa kreativitas dapat tercipta dan semua bidang atau lapangan manapun tanpa memandang harus orang pintar, kaya, dan orang- orang tegar.
Baca Juga :  Contoh Kebijakan Fiskal : Pengertian, Jenis, Tujuan Lengkap

Dengan demikian, secara umum kreativitas adalah kemampuan melakukan kombinasi sumber daya yang menghasilkan  barang atau jasa yang sifatnya baru, bermanfaat, dan dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Lalu apa inovasi itu? Inovasi adalah pengenalan hal-hal baru,  Kreativitas yang didukung inovasi, akan mampu memecahkan  berbagai persoalan, termasuk persoalan ekonomi. Karena dengan keunggulan dalam berpikir kreatif dan inovatif, akan membukakan jalan keluar dan segala permasalahan yang dihadapi.

Baca Juga :