Pengertian Rasisme – Penyebab, dan Contohnya Lengkap

1 min read

Pengertian Rasisme – Penyebab, dan Contohnya Lengkap

Arti Rasis – Pandangan perbedaan berdasarkan warna kulit masih terjadi hingga saat ini. Fakta sosial inilah yang menimbulkan gerakan yang mengutamakan ras mereka sendiri, yang kemudian menimbulkan konflik di masyarakat. Tipe penduduk yang seperti itu disebut dengan rasisme atau rasis.

Rasisme

Rasisme seringkali disamartikan dengan rasislisme, karena terjemahan dari bahasa inggris racism dan racialism, yang memiliki makna yang sama. Rasisme menjadi faktor pendorong diskriminasi sosial, kekerasan rasial, bahkan pemicu genosida.

Pengertian Rasisme

Rasisme adalah pandangan pada ideologi atau suatu paham yang dianut masyarakat yang menolak atau tak suka pada suatu golongan tertentu. Biasanya karena rasnya, derajat dan sebagainya.

Pengertian Rasisme Menurut Beberapa Ahli 

Pramoedya Ananta Toer

Rasisme adalah suatu pemahaman yang menolak golongan masyarakat berdasarkan perbedaan ras. Yang memiliki kelainan secara umum.

Alo Liliweri

Rasisme adalah ideologi yang berdasar pada diskriminasi pada seseorang atau sekelompok orang, karena ras mereka menjadi doktrin politis.

Human Rights and Equal Opportunity Commission

Rasisme adalah  ideologi yang menyumbangkan pernyataan mitos perihal kelompok ras dan etnis lainnya yang merendahkan kelompok atau komunitas tersebut.

Oliver C. Cox

Rasisme adalah peristiwa atau situasi yang menilai beragam tindakan, serta nilai di dalam kelompok berdasarkan perspektif kultural yang memandang seluruh nilai sosial masyarakat lain di luar diri mereka itu salah dan tak bisa diterima.

Penyebab Rasisme

1. Sosialisasi dalam keluarga

Baca Juga :  Ras : Pengertian, Jenis, Klasifikasi Dan Contohnya Lengkap

Apa saja yang diajarkan oleh orang tua pada anak, tentu akan melekat di diri anaknya. Baik atau buruk. Orang tua menjadi faktor utama penyebab munculnya rasisme, hingga akan terjadi rangkaian kebencian yang tak putus karena terus didoktrin antar generasi.

2. Keputusan Kebijakan Pemenrintah

Pada umumnya, penyebab rasisme adalah keputusan kebijakan pemerintah yang dipengaruhi oleh keotoriteran pemimpin dalam pemerintah.  Contohnya pada era orla dan orba, etnis Tionghoa didiskriminasi dan membatasi ruang geraknya mereka.

3. Budaya serta Adat Istiadat

Budaya dan adat istiadat di setiap daerah/bangsa berbeda-beda. Yang otomatis akan memengaruhi pikiran dan pemahaman serta perasaan yang juga memengaruhi kultur atau pandangan penanganan di dalam fenomena sosial masyarakat.

Contoh Rasisme

Kasus Mihajlovic dan Vieira

Mantan pemain tim nasional Yugoslavia dan pemain Intermilan, Sinisa Mihajlovic, melakukan penghinaan kepada mantan pemain Arsenal, Patrick Vieira, dengan kata-kata : “black shit”.  Atas tindakannya tersebut, Mihajlovic diganjar hukuman dua kali larangan bermain.

Rasisme Suporter Lazio

Suporter klub Lazio sudah terkenal atau dikenal sebagai klub paling rasisme di Italia. Aron Winter, mantan pemain timnas Belanda adalah pemain berkulit hitam yang terakhir bergabung dengan klub ini. Pada saat kedatangannya ke klub ini, ia mendapatkan cemoohan yang menyakitkan hati, dicemooh dengan kata-kata : “Yahudi Negro”.

Demikianlah penjelasan Arti Rasis yang disertai dengan pengertian, penyebab dan contohnya secara lengkap. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi tepat bagi anda yang ingin memahami apa itu rasis/rasisme secara lengkap.

Baca Juga :