Pengertian Representasi, Jenis, dan Contohnya Lengkap

1 min read

Pengertian Representasi, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Representasi Adalah – Salah satu kamus di dalam ilmu sosial yang memberi beragam pergulatan dalam bidang politik/budaya, dalam hidup masyarakat. Diakui atau tidak istilah ini masuk ke dalam kamus sosiologi, yang artinya pemaknaan sendiri.

Representasi

Adalah paraparshe kata yang memberikan arti pengulangan. Hal ini sejalan dengan makan dalam kalimat re (Bahasa Inggris) yang artinya adalah mengulang tentang pemaknaan sesuatu hal dengan hal yang lainnya.

Pengertian Representasi

Adalah memberi arti pada apa yang diberi oleh benda yang sebelumnya sudah digambarkan, definisi ini lebih mengerucut pada premis bahwa adanya ketimpangan mengenai representasi yang menjelaskan perbedaan pada makna yang diberikan dan representasi serta arti benda yang sudah digambarkan sebenarnya.

Pengertian Representasi Menurut Para Ahli

Chris Barker

Representasi adalah kajian utama di dalam culture studies yang mengartikan langkah dalam mengkonstruksikan secara sosial tentang penyajian makna, pada masyarakat oleh masyarakat dalam pemaknaan yang berbeda.

Dalam kajian kebudayaan (cultural studies) ini tentusaja akan lebih fokus pada individu tentang bagaimana proses pemaknaan sebuah arti masalah sosial/fakta sosial terhadap representasi (pemaknaan setiap individu-individu).

Marcel Danesi

Representasi adalah serangkaian proses perekaman gagasan, pengetahuan, atau pesan secara fisik. Secara lebih tepat dalam pemahamannya, sebagai penggunaan akan tanda dalam menampilkan ulang sesuatu yang diserap, diindra, dibayangkan, atau dirasakan dalam bentuk fisik.

Stuart Hall

Representasi adalah beberapa praktek penting yang dilakukan oleh setiap individu dalam mengelola unsur kebudayaan. Hal ini memberi penjelasan bahwa kebudayaan adalah konsep yang harus dilakukan pemahaman lebih lanjut, mengenai hal yang berhubungan dengan ideologis manusia.

Baca Juga :  Psikotes - Pengertian, Tujuan Dan Contoh Soalnya Lengkap

Jenis Representasi

Secara umum istilah representasi sering dihubungkan dengan kehidupan manusia, tetapi pada umumnya penggunaan bahasa mengerucut pada kajian mengenai budaya, politik, dan pemaknaan hidup setiap orang seperti film, novel, dan sebagainya.

Politik

Dalam lembaga politik arti representasi dimaknai sebagai kaidah dalam membentuk pola pengetahuan, dalam menjalankan sistem pemerintahan dari negara lain pada negara berbeda. Politik bukan hanya perebutan kekuasaan, tetapi lebih kepada ideologi yang dianut masyarakat di suatu negara.

Budaya

Budaya dalam representasi adalah pemaknaan mengenai beragam kebiasaan hidup masyarakat, yang didalami dan menjadi pembuktian atas pemaknaan tersebut. konsep inilah yang pada masyarakat memiliki kebudayaan akan memperoleh arti tentang representasi tersebut.

Kehidupan Manusia

Pemaknaan representasi diberi kajian pada kehidupan setiap kelompok masyarakat. Sesuai dengan kebiasaan setiap manusia, yang berbeda dari zaman ke zaman. Contohnya kebiasaan dalam merepresentasikan radio, kemudian beranjak ke oran, film/televisi, dan sekarang pada youtube atau media sosial.

Contoh Representasi

Memakai Jilbab

Konteks jilbab yang dikenakan masyarakat Indonesia khususnya yang beragama islam, menjadi pengetahuan dengan banyak menebarkan bentuk representasi pada esensi artinya. Representasi dalam menggunakan jilbab ini menunjuk ke bagaimana seseorang/kelompok, gagasan/pendapat tertentu yang memaknai jilbabnya.

Contohnya tokoh politik dengan ibu-ibu pengajian akan memberi representasi berbeda dalam menggunakan jilbabnya. Hal ini kontras terlihat ketika banyaknya jenis jilbab yang muncul dan beragam gaya penggunaan yang bertebaran.

Itulah pembahasan tentang Representasi yang disertai dengan pengertian, macam serta contohnya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :