Pengertian Sampah Organik dan Anorganik Lengkap

1 min read

Pengertian Sampah Organik dan Anorganik Lengkap

Sampah Organik dan Anorganik – Sampah organik adalah adalah sampah atau limbah yang sumbernya dari sisa makhluk hidup yang ada di alam, contohnya tumbuhan serta hewan dan berbagai jenis hasil olahan yang lalu dibuang dan bisa terurai dengan alami oleh bakteri. Tanpa perlu ada tambahan bahan kimia apapun dalam penguraiannya.

Sampah organik adalah jenis sampah yang lebih ramah lingkungan dan secara umum bisa dimanfaatkan lagi, dengan melakukan pengolahan dan pemanfaatan dengan cara yang tepat. seperti pupuk kompos dan berbagai macam pakan bagi ternak.

Walaupun tak berbahaya, tapi pengolahan sampah organik yang tidak tepat akan berpotensi pada munculnya beragam masalah di hidup manusia. Hal itu bisa terjadi, jika mengingat sampah anorganik adalah jenis sampah yang lebih cepat membusuk. Prosesnya yang tergolong cepat itulah yang mungkin akan menyebarkan segala penyakit dan juga bakteri bagi lingkungan, yang tak memiliki sistem pengolahan yang baik.

Contoh sampah organik yang banyak ditemukan dalam hidup sehari-hari yaitu dedaunan dan ranting pohon, bangkai hewan, kotoran hewan, kotoran manusia, sisa pengolahan makanan, sisa pengolahan tanaman / sayuran.

Pengertian sampah anorganik adalah sampah atau limbah, yang dihasilkan dari beragam proses yang dimana jenis sampah ini tak bisa terurai oleh bakteri secara alamiah, dan secara umum memerlukan waktu lama dalam proses penguraiannya.

Sampah anorganik juga merupakan masalah terbesar yang ditemukan dalam hidup manusia, yang dimana sampah ini sudah terlalu banyak berdampak buruk untuk hidup manusia. Hal itu diakibatkan oleh banyaknya jumlah sampah anorganik yang ada di bumi, dan bisa mencemari lingkungan hidup karena sampah itu tak bisa terurai dengan alami dalam waktu singkat. Dibutuhkan waktu ratusan tahun bahkan ribuan tahun untuk dapat mengurai sampah ini dengan alami, sehingga kita harus mencoba mengurangi produksi sampah anorganik dalam hidup kita.

Baca Juga :  Percobaan Sachs : Pengertian, Sejarah, Teori, Tujuan dan Laporannya Lengkap

Contoh sampah anorganik diantaranya yaitu berbagai macam sampah plastik yang sangat banyak kita gunakan di dalam kehidupan sehari-hari, kaca, kaleng, besi, dan yang lainnya.

Demikianlah pengertian Sampah Organik dan Anorganik beserta penjelasan dan contohnya lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :