Batuan Sedimen : Pengertian, Jenis dan Contohnya Lengkap

Pengertian, Jenis dan Contoh Batuan Sedimen

Pada pembahasan kali ini akan di jelaskan mengenai pengertian batuan sedimen, jenis-jenis batuan sedimen dan contoh-contoh batuan sedimen beserta penjelasannya. Silahkan anda simak selengkapnya dibawah ini :

Pengertian Batuan Sedimen

Batuan sedimen merupakan batuan yang terbentuk dari suatu proses pembatuan atau litifikasi dari hasil proses pelapukan dan erosi lalu terbawa dan diendapkan.

Batuan yang membeku atau suatu zat padat yang mengalami proses erosi pada tempat tertentu lalu mengendap dan kemudian menjadi keras merupakan proses terbentuknya Batuan sedimen. Umumnya ciri khusus dari batuan sedimen adalah berlapis-lapis secara mendatar.

Jenis Batuan Sedimen dan contoh batuan sedimen

Diantara batuan tersebut, sering sekali ditemukannya berbagai fosil. Batuan Sedimen sendiri terbagi beberapa Jenis di lihat dari proses pembentukannya di antaranya seperti sedimen klastis, kimiawi, dan organik. Agar lebih jelasnya mengenai setiap jenis batuan sedimen tersebut dapat anda simak dari penjelasan dibawah ini :

1. Batuan Sedimen Klastis

Yang pertama adalah Batuan sedimen klastik yang mana merupakan salah satu jenis batuan karena terbentuk di alam dari melalui proses pengendapan oleh material-material yang bervariasi, baik dari ukuran lempung hingga berbentuk bongkahan batu.

Proses terbentuknya batuan sedimen klastis adalah karena terjadinya pelapukan atau erosi terhadap pecahan batuan atau mineral, yang kemudian menyebabkan batuan menjadi hancur atau pecah lalu mengendap pada tempat tertentu dan menjadi keras. Ciri dari batuan ini ini adalah susunan kimia dan batuannya sama dengan batuan asalnya. Contoh batuan sedimen klastis diantaranya adalah : batu konglomerat, batu breksi, dan batu pasir.

Baca Juga :  Tri Koro Darmo : Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Tokohnya Lengkap

2. Batuan Sedimen Kimiawi

Kemudian yang ke-2 adalah Batuan sedimen kimiawi yang mana terbentuk karena adanya pengendapan melalui proses kimia oleh beberapa mineral tertentu. Misalkan, pada batu kapur yang larut oleh air lalu mengendap dan membentuk stalaktit dan stalagmit di gua kapur. Contoh batuan sedimen kimiawi lainnya adalah batuan anhidrit dan batu garam.

3. Batuan Sedimen Organik

Batuan sedimen organik atau nama lainnya adalah batuan sedimen biogenik merupakan jenis batu yang terbentuk akibat adanya sisa-sisa makhluk hidup yang mengalami pengendapan pada tempat tertentu. Contoh dari Batuan sedimen organik diantaranya adalah : batu karang yang terbentuk dari terumbu karang yang mati dan fosfat yang terbentuk dari kotoran kelelawar serta batu gamping.

Demikianlah ulasan yang bisa kami ulas di artikel kali ini, tentang Pengertian Serta Jenis dan Contoh Batuan Sedimen Lengkap ini. Semoga bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih sudah membaca ulasan ini semoga isa membantu wawasan Anda semuanya.

Baca juga tetang :