Pengertian Verba Pewarta Dan Contohnya Lengkap

44 sec read

Pengertian Verba Pewarta Dan Contohnya Lengkap

Verba Pewarta – Pengertian verba pewarta secara singkat adalah kata kerja atau kelas kata yang menyatakan adanya tindakan, pengalaman, keberadaan, atau pengertian dinamis lainnya.

Pengertian Verba Pewarta

Adalah suatu kata yang digunakan untuk mengindikasikan adanya percakapan. Verba pewarta juga merupakan ciri kaidah kebahasaan pada teks berita, karena di dalamnya terdapat keterangan, verba pewarta dan verba transitif sebagai ciri kaidah kebahasaannya.

Kata kerja pada pewarta bersifat mewartakan, misalnya mengatakan, memaparkan, menjelaskan, memberitakan, dan sejenisnya. Sifat dari kata tersebut adalah untuk memberitahukan orang lain, yang dalam hal ini adalah masyarakat luas.

Contoh Verba Pewarta

Kata: Mengatakan

Kalimat: Dalam pidato Presiden Jokowi yang disiarkan melalui televisi, beliau mengatakan bahwa akan menurunkan harga bahan bakar minyak secepatnya. Sehingga rakyat tidak terlalu di bebani oleh harga bbm yang mahal.

Kata: Memaparkan

Kalimat: Presiden juga memaparkan perkembangan Indonesia yang saat ini sudah siap menghadapi tantangan dan persaingan.

Kata: Memberitakan

Kalimat: Ketika terjadi gerhana matahari 9 Maret 2016 di internet banyak sekali situs web yang memberitakan tentang proses terjadi gerhana matahari.

Itulah pembahasan mengenai Verba Pewarta beserta contoh katanya lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah pengetahuan anda di mata pelajaran bahasa Indonesia.

Baca Juga :

Baca Juga :  Frasa Adjektiva : Pengertian dan Contohnya Lengkap