Pentingnya Informasi Macam-macam Jurusan Kuliah dan Prospeknya Lengkap

3 min read

Pentingnya Informasi Macam-macam Jurusan Kuliah dan Prospeknya Lengkap

Jurusan Kuliah – Memilih jurusan tentu menjadi hal yang penting bagi anda yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas dan akan masuk kuliah. Namun banyak calon mahasiswa yang salah memilih jurusan karena tidak tahu jurusan apa yang cocok untuknya, atau bagus untuk masa depannya.

Dalam memilih jurusan ini bisa anda cari terlebih dahulu mana yang cocok dengan keinginan anda, dengan cara mencari di internet atau mencari kira-kira jurusan apa yang sesuai dengan passion. Berikut ini rekomendasi macam-macam jurusan kuliah dengan prospeknya lengkap :

Administrasi Bisnis

Bagi anda yang memiliki sikap ketelitian, tekun, detail dan juga rasional cocok mengambil jurusan administrasi bisnis. Dalam jurusan ini akan diajari kegiatan operasional perusahaan. Prospek kerja untuk lulusan administrasi bisnis ini cukup menjanjikan, karena ada banyak industri yang sedang memerlukan tenaga ahli di bidang administratif. Tak perlu khawatir, anda juga bisa melebarkan sayap untuk berkarir di pemerintahan.

Administrasi Keuangan dan Perbankan

Jurusan administrasi keuangan cocok untuk anda yang memiliki kepribadian senang menghitung, serta bisa bekerja di dalam tim. Anda juga akan diajarkan tentang ilmu keuangan, manajemen surat serta pembukuan transaksi.

Untuk kamu yang ingin bekerja di bidang perbankan maka jurusan ini juga cocok dengan anda. Prospek kerjanya bagus, ada banyak perusahaan BUMN, swasta, dan instansi pemerintahan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang keuangan dan perbankan.

Baca Juga :  Pengertian Otentik dan Orisinil Lengkap

Administrasi Fiskal

Di bidang jurusan fikal ini, anda bisa mempelajari ilmu perpajakan yang dilihat dari beragam perspektif. Baik dari sisi ekonomi, akuntansi, hingga hukum. Tantangan utamanya adalah anda harus mampu menyelesaikan administrasi dan buat laporan keuangannya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jurusan ini berhubungan dengan jurusan akuntansi, sayangnya peminat jurusan fiskal ini masih kurang padahal prospek kerjanya cukup bagus bahkan sangat tinggi. Ada banyak instansi pemerintah seperti misalnya Kementrian Keuangan dan Ditjen Pajak yang membutuhkan tenaga ahli di bidangnya.

Hubungan Internasional

Jurusan HI ini cukup populer, anda akan dibimbing untuk berdiplomasi. Dalam memahami konflik di sebuah negara serta mempelajari politik internasional. Jurusan ini cocok untuk anda yang senang dengan bidang politik. Mahasiswa lulusan HI ini mempunyai peluang berkarir untuk menjadi peneliti politik, penyiar berita, diplomat, konsultan imigrasi dan wartawan.

Agroekoteknologi

Jurusan Agroekoteknologi masih terbilang jarang di Indonesia. Anda akan mempelajari tentang dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisa, hingga memecahkan masalah. Bahkan anda juga akan dibekali kemampuan akademik di dalam pengetahuan dasar.

Jurusan ini cocok juga untuk anda yang tertarik di bidang lingkungan. Walaupun jumlah peminatnya masih sedikit, tetapi untuk alumni jurusan ini prospek berkarirnya sudah cukup bagus. Karena di beberapa instansi pemerintah juga masih dibutuhkan jurusan agroekoteknologi, seperti LSM dan perkebunan.

Agribisnis atau Sosial Ekonomi Pertanian

Jurusan yang satu ini akan fokus pada pelajaran bisnis yang berbasis pertanian. anda juga akan diajari tentang seluk beluk usaha sampai proses pengelolaan pertanian. program studi ini mempelajari pokok materi IPA dan juga IPS.

Prospek kerjanya cukup luas, karena sektor industri pangan di Indonesia sudah semakin berkembang dan memerlukan banyak tenaga ahli.

Baca Juga :  Surat Niaga : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Ciri-Cirinya Lengkap

Psikologi

Jurusan yang satu ini mempelajari tentang perilaku manusia terutama yang berhubungan dengan mental, pikiran serta kejiwaan. Anda juga akan meneliti pola pikir seseorang dan cara bertindak seseorang. Cakupan ilmu ini sangat luas.

Anda bisa bekerja menjadi seorang psikolog di suatu instansi pendidikan, atau layanan kesehatan. Bahkan, diperlukan juga di berbagai perusahaan terutama di bidang HRD.

Kriminolog

Senang dengan dunia kriminal? Maka anda bisa memilih jurusan kriminolog. Anda akan diajarkan tentang riset empiris dalam menjawab segala permasalahan, yang berhubungan dengan kejahatan atau bahasa kerennya disebut dengan detektif.

Seorang kriminolog juga akan dituntut untuk mampu merumuskan kebijakan alternatif, dalam mencegah/menanggulangi suatu tindak kejahatan. Prospek kerja di jurusan ini sangat bagus, terutama di pemerintahan. Karena memang dibutuhkan banyak tenaga ahli dalam memecahkan motif dalam kasus kejahatan.

Farmasi

Bagi anda yang senang dengan dunia kesehatan, maka jurusan ini bisa menjadi rekomendasi. Anda juga akan diperkenalkan pada dunia medis terutama bidang obat-obatan, yang meliputi struktur senyawa serta bagaimana cara sintesisnya sampai dapat dikonsumsi.

Pada program studi ini, anda juga bisa mengetahui dan mampu menganalisa obat apa yang harus dikonsumsi. Bukan hanya diajarkan tentang teori, tapi anda juga akan diajarkan praktikumnya. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di apotek, rumah sakit, atau bisnis apotek.

Kedokteran

Jurusan kedokteran ini banyak diminati oleh orang-orang yang berasal dari jurusan IPA. Persaingannya cukup ketat. Jika ingin menjadi dokter, maka anda memerlukan waktu kuliah yang lebih lama dari kuliah yang biasanya. Prospek kerja dan masa depan jurusan kedokteran sudah terjamin, apalagi permintaan tenaga medis pada profesi dokter ini selalu bertambah setiap tahunnya. Disertai dengan gaji yang tinggi.

Baca Juga :  Yurisprudensi : Pengertian, Penafsiran, Prinsip, Dan Contohnya Lengkap

Teknik Sipil

Tertarik dengan bidang perencanaan pembangunan, jurusan ini sangat cocok untuk dipilih. Sebelum membuat bangunan, tenaga ahli atau insinyur akan menguji dengan melalui desain yang skalanya kecil dengan mempertimbangkan beragam hal penting.

Jurusan ini juga cocok untuk anda yang senang berhitung, serta punya dasar matematika dan fisika yang kuat. Prospek kerjanya cukup menjanjikan, karena pembangunan infrastrukturnya semakin berkembang dan banyak memerlukan tenaga ahli.

Demikianlah macam-macam Jurusan Kuliah yang bisa anda pilih, dan anda sesuaikan dengan keinginan serta prospek kerjanya. Masih banyak jurusan kuliah lainnya yang bisa anda cari di universitas yang anda inginkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :