Perbedaan Sarana Dan Prasarana Lengkap

Posted on

Perbedaan Sarana Dan Prasarana Lengkap

Sarana Dan Prasarana – Sebagian besar orang mengira bahwa sarana dengan prasarana memiliki arti yang sama. Padahal kedua kata itu artinya berbeda, tetapi mempunyai hubungan yang sangat penting. Sebagai alat penunjang keberhasilan sebuah proses yang dilakukan.

Perbedaan Sarana Dan Prasarana Lengkap

Ruang lingkup sarana dengan prasarana terbilang luas, berikut pengertian dari sarana dan prasarana :

Sarana

Adalah segala hal yang bisa dipakai sebagai alat dalam mencapai suatu maksud dan juga tujuan tertentu. Artinya sarana lebih mengarah ke benda atau alat yang bergerak. Misalnya sarana di sebuah sekolah atau kantor contohnya yaitu komputer, meja, kursi, dokumen, rak, papan tulis, dan lain sebagainya.

Prasarana

Adalah segala hal yang menjadi penunjang utama dalam terselenggaranya suatu proses. Proses ini bisa berupa pembangunan, bangunan atau proyek. Intinya prasarana tertuju pada benda yang tak bisa bergerak.

Misalnya prasarana yang ada di sekolah atau kantor seperti gedung, ruang belajar, ruang rapat, tanah lapang, dan lain sebagainya.

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut Para Ahli

  1. Pengertian sarana dan prasarana menurut Hamalik adalah seluruh bentuk perantara yang dipakai oleh seseorang dalam menyebarkan ide, sehingga ide itu bisa sampai ke penerima.
  2. Pengertian sarana dan prasarana menurut Moenir adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang fungsinya sebagai alat utama. Atau pembantu dalam hal pelaksanaan pekerjaan serta dalam rangka kepentingan yang sedang berkaitan dengan suatu organisasi kerja.
Baca Juga :  Paper Singkat : Pengertian, Contoh, Penelitian Dan Cara Membuatnya Lengkap

Perbedaan Sarana dan Prasarana

1. Perbedaan Berdasarkan Bentuk

Bila bentuk dari sarana memiliki ukuran yang kecil maka bentuk prasarana ukurannya lebih besar. Bentuk sarana juga dapat dipindahkan sedangkan prasarana tak dapat dipindahkan karena relatif lebih besar serta menetap di suatu tempat.

2. Perbedaan Berdasarkan Kepemilikan

Dari segi kepemilikan seluruh benda atau alat yang dimiliki individual bisa dikelompokkan menjadi sarana. Individual ini bisa perorangan, swasta atau pemerintah. Alat ini juga bebas dipakai untuk melangsungkan sebuah kegiatan sebagaimana mestinya.

Dan prasarana sudah tentu milik pemerintah. Prasarana adalah alat atau faktor penunjang yang fungsinya yaitu sebagai pendukung dan tak hanya dari satu kegiatan saja, tapi kegiatan lainnya yang masih berkaitan.

3. Perbedaan Berdasarkan Fungsi

Fungsi dari sarana adalah bagian utama dari sebuah kegiatan. Karena menjadi bagian yang utama dari kegiatan itu, maka alat ini sangat dibutuhkan untuk kelancaran kegiatan tersebut. sedangkan fungsi prasarana adalah sebagai pendukung kegiatan.

4. Perbedaan Berdasarkan Pembiayaan Pengadaan

Secara penuh sarana diadakan dan dibiayai oleh pihak yang mengadakan kegiatan. Tetapi jika ditelusuri lebih lanjut biaya itu juga diperoleh dari peserta/orang yang mengikuti kegiatan tersebut. beda halnya dengan prasarana, pembiayaannya sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah. Biaya yang dipakai pun digunakan untuk proses pengadaan yang berasal dari APBN dan pajak yang diterima Pemerintah dari wajib pajak.

Wajib pajak maksudnya pihak yang menyelenggarakan suatu kegiatan serta memakai prasarana sebagai pendukung sarana kegiatan mereka.

Contoh Sarana dan Prasarana

SaranaPrasarana
KapalDermaga
RakitSungai
TongkangSungai
Perahu DayungSungai
PesawatBandara
HelikopterHelipad
Kereta ApiStasiun (Rel)
OjekPangkalan Ojek
BecakPangkalan Becak
BusTerminal
Baca Juga :  Ciri-Ciri Profesi : Pengertian Menurut Para Ahli, Syarat, Contoh, Dan Karakteristiknya Lengkap

 

Pada dasarnya sarana dapat digunakan secara langsung, sedangkan prasarana hanya sebagai pendukung suatu kegiatan saja.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan sarana dan prasarana yang lengkap dengan contohnya. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda semua, dan dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :