Rumus Kecepatan : Jarak Dan Waktu Serta Contoh Soalnya Lengkap

Posted on

Rumus Kecepatan : Jarak Dan Waktu Serta Contoh Soalnya Lengkap

Rumus Kecepatan – Istilah atau kata kecepatan pasti sudah sering anda dengar, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Kecepatan memiliki makna yang luas dan menunjukkan adanya perubahan pada perpindahan waktu. Biasanya di dalam kehidupan sehari-hari, kecepatan ini berhubungan dengan jarak dan juga waktu yang dibutuhkan dalam menempuh jarak itu sendiri.

Rumus Kecepatan

Kecepatan juga sering digunakan pada kereta api, mobil, roket, peluru, dan lain sebagainya. Kecepatan juga memiliki rumus perhitungannya. Yang dimana rumus kecepatan tersebut masih berhubungan dengan waktu dan juga jarak.

Di dalam prinsip fisika ada perbedaan antara kecepatan dan kelajuan. Istilah kelajuan ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk benda yang berpindah dalam suatu jarak tertentu. Yang selama ini kita pahami sebenarnya bukan kecepatan, tetapi kelajuan. Karena kecepatan biasanya memiliki arah. Contohnya sepeda motor dengan kecepatan 60 Km/jam menuju ke arah selatan. Atau sekitar 75 Km/jam yang menuju ke arah utara.

Dalam titik tertentu walaupun benda itu mempunyai kelajuan 100 Km/jam, tetapi karena gerakannya ke arah timur lalu ke selatan dan ke barat, maka akan kembali ke titik awal dia berada. Dan kecepatan benda itu sama dengan nol karena tidak mempunyai arah.

Kecepatan ini adalah besaran vektor yang memiliki nilai dan arah, dan kelajuan adalah besaran skalar atau hanya mempunyai nilai saja. Tetapi pada umumnya orang-orang memahami kecepatan sebagai kelajuan. Jarang sekali orang yang menyebutkan kelajuan motor, tetapi mereka menyebutnya kecepatan motor. Bahkan speedometer pada motor itu adalah alat ukur kelajuan bukan kecepatan.

Baca Juga :  Listrik Dinamis : Pengertian, Rumus, Dan Contoh Soalnya Lengkap

Kembali lagi pada prinsip masyarakat maka anggap saja kecepatan itu adalah kelajuan, walaupun di dalam fisika tidak bisa disamakan.

Dalam menghitung rumus kecepatan biasanya menggunakan satuan hitung Km/jam, yang dimana sebuah jarak tempat dinyatakan dalam ukuran baku Kilometer (Km). sedangkan dalam satuan waktu yang digunakan untuk menghitung kecepatan adalah jam, menit dan juga detik.

Tetapi di dalam skala internasional biasanya menggunakan M/detik. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan soal yang harus anda selesaikan. Tetapi biasania dalam olimpiade atau lomba dan tes fisika, satuan yang digunakan adalah M/detik. Karena memang menggunakan skala internasional.

Rumus Kecepatan

Kecepatan = jarak / waktu tempuh

Atau

v = s/t

v = kecepatan (km/jam)

s = jarak tempuh (km)

t = waktu tempuh (jam)

 

Perlu diketahui bahwa dalam menghitung kecepatan satuan waktu yang digunakan adalah detik. Yang dimana 1 Jam = 60 menit = 3600 detik. Bila di dalam soal belum diketahui waktu yang ditempuh maka rumus kecepatan yang berlaku menjadi  t = s/v.

Sedangkan bila di dalam soal jarak tempuhnya yang ditanyakan, maka rumus yang digunakan adalah s= v x t.

Contoh Soal

1. Sebuah kendaraan menempuh jarak sejauh 8 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sejauh 30 menit. Hitunglah kecepatan kendaraan tersebut dalam km/jam !

Jawab :

Jarak (s) = 8 kilometer

Waktu (t) = 30 menit = 0,5 jam

Kecepatan (v) =

= 8km/0,5 jam = 16km/jam

Jadi kecepatan yang dibutuhkan oleh kendaraan tersebut adalah 16km/jam.

2. Seorang anak pergi ke rumah temannya dengan mengendarai sepeda motor. Dari rumah ia berangkat pada pukul 12.30 dan tiba di rumah temannya pada pukul 13.00. Apabila sepeda motor tersebut jalan dengan kecepatan 48km/jam, maka tentukan jarak yang harus ditempuh anak tersebut untuk sampai di rumah temannya tersebut dalam km!

Baca Juga :  Polinomial (Nilai Suku Banyak) - Pengertian, Rumus, Substitusi dan Contoh Soalnya Lengkap

Jawab :

waktu (t) = 13.00-12.30 = 30 menit = 0,5 jam

Kecepatan (v) = 48 km/jam

Jarak (s) = v x t

= 48km/jam x 0,5 jam = 24 jam.

Jadi jarak yang harus ditempuh anak tersebut untuk tiba di rumah temannya adalah 24 km.

Itulah penjelasan mengenai rumus kecepatan, jarak dan juga waktu yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini memberi manfaat, dan bisa membantu anda dalam menyelesaikan soal kecepatan, jarak dan waktu dalam pelajaran fisika.

Baca Juga :