Otonomi Daerah : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya Lengkap

Posted on

Tujuan Otonomi Daerah dan Manfaatnya Lengkap

Tujuan Otonomi Daerah – Menurut undang-undang  Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 2 ayat 3 menyebutkan bahwa tujuan otonomi daerah adalah menjalankan otonomi dengan seluas-luasnya, kecuali urusan pemerintahan yang akan menjadi urusan pemerintah. Yang dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum serta daya saing daerah.

Tujuan Otonomi Daerah dan Manfaatnya

Berikut penuturan lengkapnya :

  1. Meningkatkan pelayanan umum. Dengan adanya otonomi daerah maka diharapkan ada peningkatan dalam hal pelayanan umum, yang maksimal. Dari lembaga pemerintah di masing-masing daerah. Dengan pelayanan yang maksimal ini maka diharapkan manfaatnya dapat diterima secara langsung oleh masyarakat, dari otonomi daerah tersebut.
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jika pelayanan masyarakat sudah maksimal dan memadai, maka diharapkan pula kesejahteraan masyarakat di suatu daerah tertentu di daerah otonom dapat lebih baik lagi dan lebih meningkat. Tingkat kesejahteraan masyarakat ini akan menunjukkan bagaimana daerah otonom, bisa menggunakan hak dan wewenangnya dengan cara yang tepat, bijak serta sesuai dengan yang diharapkan.
  3. Meningkatkan daya saing di suatu daerah. Dengan menerapkan otonomi daerah ini juga diharapkan bisa meningkatkan daya saing di suatu daerah. Dan harus memerhatikan bentuk keanekaragaman dari setiap daerah, dan juga kekhususan serta keistimewaan daerah tertentu yang tetap mengacup pada semboyan Bhineka Tunggal Ika. Yang meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Tujuan utama dari dikeluarkannya kebijakan dalam otonomi daerah adalah membebaskan pemerintah pusat, dari segala beban dalam menangani urusan daerah yang bisa diserahkan pada pemerintah daerah. Maka dari itu pemerintah pusat mempunyai kesempatan dalam mempelajari, merespon, memahami berbagai kecenderungan global dan menyeluruh serta dapat mengambil manfaat daripadanya.

Pemerintah pusat juga diharapkan dapat lebih mampu berkonsentrasi dalam merumuskan kebijakan makro, atau luas yang sifatnya umum dan mendasar. Serta dengan adanya desentralisasi daerah bisa mengalami proses pemberdayaan yang optimal.

Baca Juga :  Insentif : Pengertian, Bentuk, Dan Tujuannya Lengkap

Sehingga kemampuan dalam prakarsa dan juga kreativitas pemerintah daerah akan lebih terpacu, serta dalam mengatasi masalah yang terjadi di suatu daerah menjadi semakin kuat. Tujuan lainnya dari kebijakan otonomi daerah adalah mengembangkan kehidupan demokrasi, pemerataan, keadilan, mendorong dalam memberdayakan masyarakatnya, meningkatkan peran serta masyarakat, mengembangkan peran dan fungsi DPRD juga memelihara hubungan baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Manfaat Otonomi Daerah

Manfaat otonomi daerah adalah memberi hak kepada daerah otonom untuk mengatur sendiri daerahnya. Supaya mereka mempunyai kebebasan dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat, dan memudahkan pemda otonom dalam mengetahui dan mengerti kebutuhan masyarakat di dalamnya. Manfaat dari otonomi daerah ini yaitu :

  1. Pelaksanaan otonomi daerah bisa dilaksanakan sesuai dengan kepentingan masyarakatnya.
  2. Memotong jalur birokrasi yang biasanya agak sulit atau rumit, serta prosedurnya yang terstruktur dari pemerintah pusat.
  3. Dapat meningkatkan efisiensi pemerintah pusat, pejabat pusat tidak akan lagi menjalankan tugas dengan rutin ke beberapa daerah. Karena bisa diserahkan kepada pejabat otonom.
  4. Bisa meningkatkan pengawasan di berbagai kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh elite lokal, yang biasanya tidak simpatik dengan beberapa program pembangunan nasional serta tidak sensitif pada kebutuhan kalangan miskin di pedesaan tertentu.
  5. Bisa meningkatkan penyediaan barang dan jasa di suatu daerah, dengan biaya yang lebih terjangkau dan lebih rendah. Hal ini tidak akan menjadi beban lagi bagi pemerintah pusat karena sudah diserahkan kepada pemda.

Sekian pembahasan mengenai tujuan otonomi daerah serta manfaatnya secara lengkap. Semoga dapat menambah wawasan anda, dan memberi manfaat kepada pembaca.

Baca Juga :