Perusahaan Dagang : Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri-Ciri Serta Contoh Perusahaan Dagang

Kali ini saya ingin membahas tentang pengertian, ciri-ciri serta contoh perusahaan dagang. Mungkin ada teman yang sudah mengerti apa itu perusahaan dagang. Tetapi tidak dapat disangkal bahwa masih ada orang-orang yang tidak terlalu sempurna atau bahkan tidak tahu sama sekali tentang apa itu perusahaan dagang.

Perusahaan Dagang
Perusahaan Dagang

Untuk teman-teman yang masih bingung silahkan simak ulasan tentang pengertian, ciri-ciri serta Contoh Perusahaan Dagang di bawah ini, dan Anda bisa untuk  mempelajarinya lebih lanjut. Perusahaan dagang adalah perusahan dengan kegiatan utamanya yaitu membeli, menyimpan dan menjual kembali. Nilai tambah yang dimaksud adalah dalam bentuk pengolahan dan perubahan bentuk atau sifat barang dalam bentuk nilai jual barang yang tinggi.

Perusahaan yang beroperasi, perusahaan dagang akan mengeluarkan pendapatan dari penjualan dan pembelian barang. Kegiatan utama perusahaan dagang adalah perdagangan barang dalam bentuk bahan baku, bahan setengah jadi atau barang jadi. Selain itu, barang yang dijual dan diperdagangkan termasuk produk pertanian, perkebunan, dan barang yang diproduksi di industri pengolahan atau manufaktur. Contoh perusahaan dagang seperti toko, shpwroom, dan supermarket.

Ciri-Ciri Perusahaan Dagang

Adapun karakteristik perusahaan perdagangan yang berpengalaman:

Bentuk Produk yang Diperdagangkan

Produsen yang menerbitkan di perusahaan dagang adalah barang berwujud (tangible) sehingga bisa dilihat atau nyata. Misalnya seperti furnitur, beras, dan produk lainnya.

Baca Juga :  Kuartil Bawah, Tengah dan Atas : Pengertian, Rumus serta Contohnya Lengkap

Tidak Ada Perubahan Dalam Bentuk atau Sifat dari Produk yang Diperdagangkan

Kegiatan utama perusahaan adalah membeli dan menjual barang dagangan tanpa adanya perubahan atau penambahan bentuk serta sifatnya.

Akun Khusus Perdagangan

Terdapat akun khusus yang bisa didapatkan oleh perusahaan dagang, misalnya saja seperti akun harga pokok penjualan, akun persediaan barang dagang, ataupun akaun potongan dan retur penjualan dan sebagainya.

Perhitungan Laba atau Rugi

Metode perhitungan laba / rugi perusahaan berbeda dari perusahaan jasa, karena ada akun khusus. Di perusahaan jasa, untung dengan memotong pendapatan dengan biaya.

Jenis-Jenis dan Contoh Perusahaan Dagang

Jenis-jenis perusahaan dagang dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

1. Berdasarkan Produk yang Diberdayakan

  • Perusahaan Dagang Barang Produksi, yang merupakan perusahaan yang memperdagangkan produk bahan mentah (raw material) sebagai bahan dasar untuk membuat produk untuk menghasilkan produk lain. Contoh seperti log atau kayu gelondongan dan gergaji mesin.
  • Perusahaan Dagang Barang Jadi, yang merupakan perusahaan yang memperdagangkan produk akhir atau dalam bentuk akhir yang siap dikonsumsi oleh manusia. Seperti buku, sepatu, dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Ruang Lingkup

Denganberdasarkan ruang lingkup bisnis ini dibagi menjadi dua, yaitu pedagang grosir dan pedagang kecil.

  • Pedagang grosir, yaitu pedagang yang membeli barang dagangan dari produsen dan menjualnya kepada pedagang kecil dengan basis pesta
  • Pedagang kecil, yaitu pedagang yang membeli barang dagangan dari pedagang besar dan menjualnya kepada konsumen secara eceran.

3. Berdasarkan Jenis Konsumen yang Terlibat

  • Perusahaan dagang besar (wholesaler), yang merupakan perusahaan yang secara langsung membeli produk dari pabrik dalam jumlah besar. Perusahaan kemudian menjual barang-barangnya ke beberapa pedagang dengan volume penjualan yang besar. Contoh perusahaan dagang besar adalah grosir.
  • Perusahaan Dagang Perantara (Middleman), yang merupakan perusahaan yang membeli dalam jumlah besar untuk dijual. Contohnya adalah perusahaan subgrosir.
  • Perusahaan Dagang Pengecer (Petailer), yang merupakan perusahaan yang terkait langsung dengan konsumen. Pelanggan dapat membeli dalam produk ritel atau ecer yang ditawarkan. Contoh dari perusahaan dagang pengecer adalah warung, kios dan supermarket.
Baca Juga :  Pendapatan Nasional : Pengertian, Komponen, Manfaat, Konsep Dan Metode Perhitungannya Lengkap

Demikianlah artikel tentang Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Perusahaan Dagang. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam mencakup perusahaan dagang Anda. Bagi Anda yang telah membaca artikel di atas, Anda juga dapat membagikan artikel ini. Terima kasih