Zaman Mesozoikum : Pembagian, Zaman, Ciri, Dan Peninggalannya Lengkap

Posted on

Zaman Mesozoikum : Pembagian, Zaman, Ciri, Dan Peninggalannya Lengkap

Zaman Mesozoikum – Zaman Mesozoikum berlangsung sejak tahun 252 hingga 66 juta tahun yang lalu. Zaman ini juga disebut sebagai zaman reptil, sebab menurut ahli paleontologi Gideon Mantell pada abad ke-19, diperkiraan periode ini didominasi oleh reptil seperti Iguanodon, Megalosaurus, Plesiosaurus, serta yang sekarang disebut Pseudosuchia.

Zaman ini adalah zaman dimana hewan reptilia terutama dinosaurus hidup dan berkembangnya amonit serta tumbuhan berbiji di zaman purba. Zaman mesozoikum berlangsung selama 186 juta tahun lalu ketika Era Kenozoikum dimulai. Pada masa ini dibagi menjadi tiga periode geologi, dari yang telama hingga ke yang termuda.

Pembagian Zaman Mesozoikum

Zaman Trias (245 juta-208 juta tahun lalu)

Adalah zaman yang dimana hewan reptil dan juga dinosaurus raksasa mulai bermunculan. Serta amonit semakin banyak, gastropoda dan bivalvia juga semakin meningkat. Selain itu, Cynodont sejenis reptilia yang mirip dengan mamalia si pemakan daging juga mulai berkembang.

Mamalia pertama yang mulai bermunculan dan juga reptilia seperti kura-kura dan penyu juga semakin banyak. dan di zaman ini benu pangea bergerak menuju ke utara dan membentuk gurun di sana. Lapisan es di sisi selatan mencair, dan juga celah yang mulai terbentuk di Pangea.

Zaman Jura (208 juta-145 juta tahun lalu)

Adalah zaman kejayaan dinosaurus yang menguasai daratan. Sedangkan lautan dikuasai oleh reptilia laut seperti misalnya Ichthyosaurus dan Plesiosaurus. Dan di udara dikuasai oleh reptilia terbang seperti Pterosaurus dan Pterodactyl.

Baca Juga :  Sejarah, Latar Belakang Peristiwa dan Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI Lengkap

Archaeopteryx adalah jenis burung pertama yang muncul di muka bumi. Beberapa jenis buaya juga terus berkembang diikuti dengan Amonit dan Belemnit yang semakin meluas. Selain itu Tumbuhan seperti Ginko, Benetit dan Sequoia melimpah ruah, serta keberadaan konifer menjadi umum.

Pada zaman ini juga benua Pangea terpecah. Amerika Utara terpisah dari afrika, sedangkan Amerika Selatan melepaskan diri dari antartika dan juga australia. Di Indonesia sendiri sempat ditemukan fosil dari gigi Ichthyosaurus ( sejenis reptil laut yang hidup sezaman dengan Dinosaurus) di daerah pulau seram (dimana dulunya masih berupa lautan).

Zaman Kapur (145 jta-65 juta tahun lalu)

Adalah zaman kejayaan untuk dinosaurus dan reptilia terbang. Mamalia dan tumbuhan yang berbunga juga mulai berkembang menjadi beragam macam dan bentuk. Mamalia berplasenta juga muncul pertama kalinya. Di zaman ini juga iklim dan cuaca mulai muncul. Dan di zaman kapur Negara India terlepas jauh dari Afrika lalu bergerak ke Asia.

Ciri Ciri Zaman Mesozoikum

  1. Adanya banyak hewan raksasa yang disebut sebagai dinosaurus.
  2. Iklim buminya lebih stabil daripada zaman sebelumnya.
  3. Zaman Mesozoikum merupakan dasar dari kehidupan zaman modern.
  4. Berlangsung sekitar 150 – 65 juta tahun yang lalu.
  5. Adanya aktivitas tektonik, evolusi serta iklim.
  6. Benua-benua mengalami pergeseran serta saling menyatu satu sama lain.
  7. Zaman Mesozoikum adala puncak dari perkembangan dinosaurus.

Kepunahan

Peristiwa kepunahan besar-besaran terjadi pada tahap kedua di akhir periode kapur sekitar 65 juta tahun lalu yang menjadi tanda berakhirnya masa mesozoikum sekaligus awal dari masa kenozoikum. Dalam peristiwa itu ada beberapa jenis kehidupan yang punah yaitu Dinosaurus, Pterosaurus, Ichthyosaurus, Plesiosaurus serta kelompok binatang moluska (Amonit dan Belemnit) dan sebagian besar dari Brakiopoda.

Baca Juga :  Sejarah Pergerakan Kebangsaan : GAPI (Gabungan Politik Indonesia)

Ada banyak teori yang menjelaskan tentang kepunahan di masa mesozoikum, contohnya teori tentang jatuhnya meteroit raksasa yang membentur bumi dengan dahsyat. Benturan dari meteroit ini menyebabkan panas dan kebakaran hebat, yang juga menimbulkan asap dan awan tebal.

Awan tebal itu menghalangi sinar matahari ke bumi. Hingga menyebabkan pendinginan global serta penipisan oksigen karena sebagian besar tumbuhan dan hewan pun mati. Dinosaurus pun tidak mampu hidup di zaman itu dengan iklim seperti itu. Hingga akhirnya punah.

Peninggalan Zaman Mesozoikum

Peninggalan dari zaman ini adalah fosil hewan dan tumbuhan yang pernah hidup di zaman itu. Berikut ulasan peninggalan di zaman mesozoikum :

1. Zaman MesozoikumPeninggalan Periode Trias

Periode ini adalah periode di mana kehidupan awal reptil dan dinosaurus muncul, sehingga peninggalan yang ditemukan sangat tua. Beberapa temuan fosil diantaranya sebagai berikut:

  • Postosuchus, reptil yang berperan sebagai predator bagi makhluk lain yang lebih kecil.
  • Staurikosaurus, karnivora berukuran kecil atau mini.
  • Proterosuchus, sejenis reptil yang mirip dengan buaya serta hidup di awal periode trias.
  • Cynogathus, mamalia pertama pada periode ini.
  • Plateosaurus, sejenis kadal leher panjang berukuran mini.
  • Coelophysis, spesies dinosaurus pertama di periode ini.

Di periode ini juga ditemukan beberapa peninggalan dari jenis tumbuhan. Batu bara juga dipercaya sudah ada di periode ini. Bentuk dari fosil tumbuhan yang sudah membatu dan sudah mengalami reaksi kimia, hingga bisa digunakan untuk bahan bakar.

Pada periode ini ada beberapa jenis tumbuhan seperti cemara dan pakis yang sampai saat ini sering kita temui.

2. Peninggalan Periode Jura

Berikut beberapa temuan fosil dalam periode jura :

  • Diplodocus, merupakan dinosaurus raksasa dengan leher yang panjang serta mempunyai tinggi hingga 30 meter.
  • Allosaurus, merupaka predator terbesar yang hidup pada periode jura.
  • Stegosaurus, sejenis dinosaurus darat berkaki empat dengan tulang belakang yang mirip dengan duri dan hidup mendominasi pada periode jura.
  • Arcaheopteryx, (burung primitif) sejenis dinosaurus yang dapat terbang.
  • Plesiosaurus, dinosaurus yang hidupnya di dalam laut.
  • Ichthyosaurus, dinosaurus laut yang bentuknya menyerupai lumba-lumba.
Baca Juga :  Sejarah dan Pembagian Zaman Masa Praaksara Terlengkap

Peninggalan dari periode ini berupa tumbuhan masih kita jumpai sampai saat ini. Diantaranya yaitu jenis pohon cemara, lumut, dan pakis. Sedangkan fosil tumbuhan yang sudaj punah yaitu: poho ginko, cheirolepidiaceae, dan yang lainnya.

3. Peninggalan Periode Kapur

Ada banyak fosil yang berupa hewan dan tumbuhan terkubur karena adanya kepunahan masal di zaman ini. Diantaranya yaitu :

  • Tyranosaurus rex, dinosaurus predator terbesar dan paling terkenal di periode ini. Dan menjadi salah satu temuan terpenting untuk masa mesozoikum.
  • Velociraptor, dinosaurus predator berukuran dua meter.
  • Triceratops, dinosaurus herbivora raksasa,
  • Pterosaurus, sejenis dinosaurus terbang yang berukuran besar.
  • Dischocapites, sejenis kerang yang hidup di sungai.
  • Tylosaurus, sejenis dinosaurus air.

4. Peninggalan setelah kepunahan massal

Kepunahan masal disebabkan oleh meteor yang jatuh, sehingga menyebabkan kehidupan di bumi punah seiring berjalannya waktu. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya yaitu beberapa jenis kerang, batuan, serta tanah sebab terjadinya evolusi oleh perubahan alam yang ekstrem.

Sekian ulasan tentang zaman mesozoikum yang lengkap dengan pembagian zamannya, ciri serta peninggalannya. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasan anda dalam ilmu Sejarah zaman purba. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :