Pengertian Selat : Manfaat, Ciri, Karakteristik dan Contohnya

Pengertian Selat – Pada kesempatan yang membahagiakan ini essay.co.id akan menjelaskan tentang mengenai pengertian selat. Dimana pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian selat, ciri, nama, manfaat beserta dengan contohnya yang dirangkum secara singkat dan mudah dimengerti. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, marimak penjabarannya dibawah ini.

Pengertian Selat

Selat adalah laut yang memiliki ukuran sempit yang mana laut ini menghubungkan antara dua pulau namun memiliki jarak yang berdekatan. Salat sendiri memiliki fungsi untuk pemisah pulau dan juga berfungsi untuk menghubungkan antar dua pulau. Wilayah indonesia sendiri memiliki beberapa selat, sebab indonesia sendiri terkenal dengan nengara kepulauan maka dari itu, negara indonesia sendiri miliki banyak selat.

Contoh selat yang ada di Indonesia, diantaraya yaitu sebagai berikut:

  • Selat sunda, letak dari selat ini yaitu berada diantara pulau sumatera dan pulau jawa.
  • Selat malaka, letak dari selat malaka ini yaitu berada diantara pulau sumatera dan pulau semenanjung malaysia.
  • Selat bali, letak dari selat ini yaitu berada diantara pulau jawa dan pulau bali.
  • Selat makasar, letak dari selat makasar ini yaitu berada diantara pulau kalimantan dan pulau sulawesi.

Yang mana selat selat ini sendiri berguna sebagai sarana penghubung untuk kegiatan atau aktivitas pelayaran antar pulau.

Pengertian selat

Manfaat Selat

Karena selat ini sebagai penghubung antar pulau satu dengan pulau satunya bah kan sebagai penghubung antar negara yang lain. Pastinya selat mempunyai berbagai peranan atau fungsi yang sangat signifikan.

Selat sendiri memiliki fungsi utama sebagai penghubung suatu daratan yang terpisah dengan daratan yang lain. Tak hanya itu saja, pastinya selat memiliki peran lain yang pastinya tak kalah penting, berikut adalah manfaat dari selat diantaranya yaitu:

  • Sebagai jalur transportasi laut

Salah satu peran penting dari selat yaitu sebagai jalur transportasi laut. Indnesia sendiri negara yang memiliki pulau besar yang mana pulau terseut dipisahkan oleh lautan. Selat merupakan bagian dari laut, oleh sebab itu dengan adanya selat agar bisa terhubung dengan pulau yang lainnya. Selat merupakan jalur transportasi yang sangat penting hal ini dikarenakan dengan adanya selat dapat menghubungkan antara dua pulau yang di pisahkan oleh lautan.

  • Sumber perikanan yang melimpah

Apakah anda menyadari atau tidak, dengan adanya selat juga bisa dijadikan sebagai sumber perikanan yang sangat melimpah. Hal ini dikarenakan sebab selat termasuk dalam lautan sehingga dijadikan sebagai jalur perpindahan ikan juga.

Tak hanya itu saja, perbedaan suhu yang ada di laut lepas juga dapat mempengaruhi penyebab terjadinya banyak ikan yang berkeliaran di kawasan selat tersebut. Maka dari itu, banyak sekali orang orang yang memanfaatkan selat sebagai tempat untuk mencari ikan yang cukup strategis.

  • Sebagai pusat perekonomian masyarakat

Karena selat merupakan jalur transportasi laut yang sangat penting, dengan adanya selat juga memiliki peran penting untuk meningkatkan penduduk yang ada di sekitar selat. Tidak sedikit di area selat ini didirikan sarana publik yang dengan tujuan untuk mendukung aktivitas kapal dalam melakukan penyebarangan. Dengan adanya hal ini lah yang kemudian bisa membantu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada dikawasan selat.

Dengan adanya aktivitas kapal yang melakukan penyebrangan dengan melalui selat, tentu akan ada banyak pelabuhan yang ada di sekitar selat tersebut. Sehingga dengan adanya pelabuhan tersebut, maka dari itu banyak kapal – kapal yang bersinggah sementara sebelum melakukan penyebrangan lagi. Kapal yang biasanya singgah diselat kebanyakan adalah kapal dagang, yang mana dengan demikian dapat memberikan keuntungan untuk masyarakat yang ada di sekitar.

Selat Dalam Konteks Lingkungan

Dalam perspektif lingkungan, Selat sendiri bisa dikatakan sangat rentan dalam masalah sekologis misalnya polusi dan perubahan iklim. Hal ini disebabkan karena selat sendiri merupakan jalut utama dalam pelayaran, sehigga resiko dari tumpaham mimyak dan polusi bisa dikatakan cukup tinggi, Tak hanya itu saja dengan adanya perubahan suhu global juga bisa mempengaruhi arus yang melewati selat tersebut. Yang mana lama kelamaan akan memperngaruhi ekosistem lokal.

Konservasi selat bisa dikatakan penting karena dengan adanya konservasi dapat memjadi keseimbangan ekologis sehingga hal ini juga dapat menjadi keanekaragaman hayati yang ada didalamnya. Yang mana hal ini juga termasuk dalam pembatasa jenis dan jumlah kapal yang melintasi selat, dan ditambah adanya pengelolaan sumber daya perikanan sehingga dapat mencegat terjadinya penangkapan ikan yang secara berlebihan.

Ciri-Ciri Selat

Berikut adalah ciri-ciri selat yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Letaknya barada diantara dua pulau dengan luas yang besar
  • Letaknya berada diantara dua permukaan yang berupa daratan
  • Merupakan lauat dengan ukuran yang relatif sempit dan mengubungkan antara pulau pulau yang jaraknya berdekatan.

Selat sendiri berperan penting untuk transportasi laut, mimiliki sumber perikanan yang melimpah, serta menjadi pusat perekonomian untuk masyarakat yang berada dikawasan selat.

Karakteristik Selat

Selat juga mempunyai ciri khas sehingga membedakannya dengan bentuk bentuk geografis yang lainnya. Yang mana selat biasanya terletak diantara dua pulau besari dan sering kali digunakan sebagai jalur navigasi yang cukup penting karena memiliki rute yang lebih pendek. Sehingga dengan adanya membuat kapal bisa berpindah lebih cepat sehingga dapat mempersinkat waktu dan mengurangi biaya untuk transportasi.

Tak hanya itu saja selat juga sering menjadi titik temu arus laut yang berbeda, sehingga bisa menciptakan kondisi yang unik dalam kehidupan yang ada dilaut. Tak hanya itu dengan adanya arus ini bisa menambah nutrisi yang melimpah, serta mendukung untuk berkembangnya keanekaragaman hayati. Maka dari itu selat mempunyai peran penting dalam perikanan dan untuk konservasi laut.

Contoh selat

Contoh Nama Selat Di Indonesia

Berikut ini merupakan contoh dan nama nama selat yang ada di indonesia, berikut diantaranya:

  • Selat atlat, letak dari selat ini yaitu berada diantara pulau lombok dan pulau sumbawa.
  • Selat benggala, letak dari selat ini yaitu berada diantara pulau weh dan pulau banda aceh.
  • Selat alor, letak dari selat ini yaitu berada diantara pulau lombleum dan pulau pantar.
  • Selat badung, letak dari selat ini yaitu berada diantara pulau bali dan pulau nusa penida.
  • Selat bathai, letak dari selat ini yaitu berada pulau moyo provinsi NTB.
  • Selat bengkalis, letak dari selat ini yaitu berada di kepulauan riau.
  • Selat bunga laut, letak dari selat ini yaitu berada diantara pulau sipora dan pulau siberut.
  • Selat dampier, letak dari selat ini yaitu berada diantara pulau gam dan pulau batanta.
  • Selat dumai, letak dari selat ini yaitu berada di selatan pulau rapat provinsi riau.
  • Selat gaspar, letak dari selat ini yaitu berada diantara pulau bangka dan pulau belitung.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini mengenai Pengertian Selat : Manfaat, Ciri, Karakteristik dan Contohnya. Semoga perjumpaan kita kali ini bisa membantu dan menambah wawasan anda, sekian terima kasih.