Pengertian Animasi : Jenis, Teknik, dan Prinsipnya

Pengertian Animasi – Kali ini, pada kesempatan yang membahagiakan ini essay.co.id akan menjelaskan tentang apa itu animasi. Dimana pada penjelasan kali ini akan menjelaskan mengenai pengertian animasi, jenis-jenis dari animasi, bentuk animasi, serta proses dari pembuatan animasi yang akan dibahas secara lengkap danĀ  mudah untuk dipahami. Untuk penjelasan lebih lanjutnya mari kita simak bersama-sama penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Animasi

Animasi merupakan sebuah gambar yang bisa bergeran, yang mana gambar tersebut berasal dari objek yang telah disusun dengan sedemikian rupa dari berbagai objek baik itu berbentuk tulisan, hewan, tumbuhan, manusia dan masih banyak lagi.

Animasi merupakan suatu grafik dengan sebuah gerakan yang berurutan secara cepat sehingga membuat objek tersebut terlihat seperti hidup. Dengan adanya perencanaan yang benar dan mengikuti alur dengan matang sehingga pergerakan dari ainimasu tersebut akan terlihat menjadi lebih indah. Jika masuk kedalam dunia multimedia, animasi merupakan sebuah cara program yang menggunakan komputer sebagai media untuk bergeraknya suatu objek di layar. Untuk orang yang suma membuat animasi sendiri disebut dengan animator.

Pengertian Animasi

Sekarang ini istilah animasi sudah tidak asing lagi ditelinga orang-orang, sebab sekarang kita sudah bisa melihat animasi melului siaran teluvisi maupun disebuah internet. Pada umumnya orang orang sekarang sudah mengetahui animasi melalui film-film yang ditonton. Sebab sekarang ini film animasi sudah banyak produksinya, sehingga banyak orang yang menyukai animasi.

Sekarang ini ada banyak sekali perusahaan film yang sudah membuat animasi dengan hasil yang sangat memukau, misalnya seperti Disney, DreamWork, Pixar, dan masih banyak lagi perusahaan film yang membuat animasi.

Jenis-Jenis Animasi

Berikut adalah beberapa jenis dari animasi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Jenis Animasi Berdasarkan Bentuk Karkternya

  • Stop Motion Animation atau Claymation
    Claymation merupakan suaty teknik yang ada dalam pembuatan animasi yang ditemukan oleh Blankton sekitar tahun 1906. Dimana teknik ini sendiri menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek pembuatannya. Teknik animasi jenis clay ini sering kali dipakai agar bisa memperoleh visual eek dalam pembuatan film-film animasi pada tahun 1950-1960.
  • Animasi 2 Dimensi
    Pasti anda sering mendengar suatu animasi disebut dengan kartun. Kartun atau cartoon merupakan suatu gambar yang lucu, ada banyak sekali contoh kartu yang pastinya sering kali kita lihat dan sifatnya menghibur. Contoh dari kartun yaitu seperti Tom & Jerry.
  • Animasi 3 Dimensi
    Dengan semakin berkembangnya teknologi terlebih lagi dari teknologi komputer sehingga memumunculkan animasi 3 dimensi. Dimana animasi 3 dimensi ini sendiri merupakan hasil dari perkembangan animasi 2 dimensi. Dalam animasi 3 dimensi objek yang ada didalamnya ini akan terlihat seperti nyata. Sebenarnya sudah ada banyak contohnya film yang menggunakan teknik animasi 3 dimensi dan CGI (Computer Generated Imagery).
  • Animasi Jepang
    Pastinya para pembaca sekian sudah tidak asing dengan animasi jepang atau yang sering disebut dengan anime. Sekarang ini film-film animasi jepang atau anime ini banyak digemari oleh para kalangan remaja. Ada banyak sekali contoh dari film anime yang mana pastinya anda pernah melihatnya seperti Naruto, One Piece, Dragon Ball dan masih banyak lagi.

Jenis Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya

  • Animasi Cel
    Animasi cel yaitu kumpulan dari lembaran-lembaran gambar yang nantinya akan dibentuk menjadi animasi tunggal. Oleh sebab itu setiap cel adalah bagian yang terpisah, dimana seperti objek serta latar belakang yang terpisah, sehingga dari kumpulan lembaran-lembaran tersebut disatukan dan akan bergerak dengan sendirinya.
  • Animasi Frame
    Animasi frame atau yang disebut juga dengan teknik pembuatan animasi yang sangat sederhana. Misalnya seperti pembuatan gambar yang berbeda-beda disetiap lembarnya, sehingga kemudian lembaran tersebut dibuka secara cepat dengan menggunakan jari sehingga gambar animasi pada lembaran tersebut akan terlihat seperti sedang bergerak.
  • Animasi Path
    Animasi path ini sendiri merupakan salah satu teknik dalam pembuatan suatu animasi yang asalnya dari objek yang digerakkan. Penggerakan dari objek tersebut sebelumnya sudah ditentukan oleh sang pembuatnya. Terdapat aplikasi yang berana Macromedia Flash, dimana teknik tersebut bisa diaplikasikan dengan menggunakan aplikasi tersebut dengan memakai layer yang sudah tersedia sehingga bisa dijadikan sebagai lintasan dari onjek tersebut.
  • Animasi Sprite
    Animasi Sprite salah satau teknik yang digunakan dalam pembuatan animasi yang memungkinkan objeknya ini bisa bergerak dengan sendirinya. Sehingga objek yang lain ini hanya digunakan sebagai background atau sebuah latar belakang yang tidak bergerak.
  • Animasi Spline
    Pada pembuatan animasi dengan teknik spline ini, objek dari animasi yang digerakan tersebut tidak mengikuti lintasan garis lurus. Sehingga dengan adanya teknik ini objeknya ini akan bergerak seperti lintasan yang berbentuk seperti kurva.
  • Animasi Clay
    Teknik ini membuat animasi dengan menggunakan tanah liat sebagai objeknya. Dalam pembuatannya sudah pasti tidak menggunakan tanah liat yang seperti kita jumpai. Namun biasanya untuk pembuatan objeknya ini menggunakan palasticin yaitu suatu bahan yang memiliki sifat lentur dan elastis.
  • Animasi Vektor
    Animasi vektor merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk membuat animasi, dimana dalam pembuatan animasinya ini menggunakan rumus matematika untuk penggambaran objek.
  • Animasi Karakter
    Salah satu contoh animasi jenis ini yaitu seperti animasi 3 dimensi yang mana animasi ini sering digunakan dalam pembuatan film-film. Untuk animasi karakter ini sendiri setiap masing-masing objek memiliki ciri khas dan gerak yang berbeda. Namun setiap objek dari animasi tersebut bergerak secara bersamaan.

Prinsip-Prinsip Animasi

Ada beberapa pirinsip dari animasi yang perlu anda ketahui, berikut merupakan prinsip dari animasi yang dirumuskan oleh Frank Thomas dan Ollie Johnston dari Walt Disney Studios, diantaranya sebagai berikut:

  • Squash and stretch : Yaitu memberikan efek elastisitas pada suatu objek sehingga terciptanya sebuah ilusi yang berat serta volume ketika objek bergerak.
  • Anticipation : Yaitu sebuah gerakan periapan untuk memberi tau penonton mengenai yang akan mumcul.
  • Staging : Yaitu bentuk dari penyajian ide supaya terlihat jelas oleh penonton, baik itu penggambarannya ini melalui aksi, ekspresi, maupun pada komposisi gambar.
  • Straight ahead action and pose to pose : Yaitu dua teknik yang berbeda dalam pembuatan suatu animasi, yakni satu frame per satu frame atau bisa juga dikatakan dengan menggambar pose kuncinya dahulu.
  • Follow throug anda overlapping action : Yaitu gerakan lanjutan setelah objek berhenti akan tetapi pada bagian tubuhnya ini memiliki kecepatan bergerak yang berbeda.
  • Slow In and slow out : Yaitu untuk memperlambat suatu gerakan pada objek awal dan akhir pada suatu aksi sehingga menimbulkan gerakan yang lebih realistis.
  • Arcs : yaitu gerakan alami yang mana lebih cenderung mengikuti jalur lengkung atau arc.
  • Secondary action : Yaitu merupakan gerakan tambahan yang mana dapat memberikan efek yang membuat objek tersebut seperti memiliki banyak kehidupan dan mendukung aksi utama.
  • Timing : Yaitu kontrol dari kecepatan animasi sehingga memberikan efek emosi atau mood pada suatu karakter.
  • Exaggeration : Yaitu memperbesar gerakan sehingga menciptakan efek yang dramatis.
  • Solid drawing : Yaitu memastikan gerakan supaya memiliki keseimbangan yang konsisten.
  • Appeal : Yaitu karakter dari sebuah animasi harus terlihat menarik sehingga memberikan pada penonton.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini mengenai Pengertian Animasi : Jenis, Teknik, dan Prinsipnya. Semoga pembahasan dari essay.co.id diatas dapat membantu dan menambah wawasan anda, sekian terimakasih.