Pengertian Visi dan Misi : Para Ahli, Tujuan, Syaratnya

Pengertian Visi dan Misi – Hallo semuanya pada kesempatan ini essay.co.id akan menjelaskan mengenai apa itu visi dan misi yang meliputi pengertian, tujuan, dan syaratnya. Untuk penjelasan lebih lanjutnya anda bisa simak uraian yang telah dijabarkan dibawah ini.

Pengertian Visi dan Misi

Visi adalah sesuatu yang ditambahkan untk dimiliki dimasa yang akan dating. Visi adalah harapan atau tujuan masa depan tanpa menspesifikasikan cara-cara untuk mencapainya, visi yang membawa hasil adalah visi yang mampu membangkitkan inspirasi.
Misi adalah bentuk yang diimpikan dimasa depan. Misi adalah sebuah pertanyaan yang menegaskan visi lewt pilihan bentuk atau garis besar jalan yang akan diambil untuk sampai pada visi yang telah dirumuskan atau direncanakan.

Visi dan misi tidak memilki dimensi ukur kuantitatif ( persentase, besaran waktu). Untuk konsep yang ideal visi dan misi ini harus di terjemahkan lagi dalam konsep yang lebih nyata dan terukur yaitu tujuan ( objective).
Proses perumusan visi-misi maupun tejuan dari sebuah kelompok atau program bukanlah proses yang mudah dan tanpa perenungan. Proses ini adalah proses yang subyektif dan sangat tergantung pada iklim kelompok atau organisasi. Yang paling penting adalah nagimana cara membangun visi-misi dan tujuan melalui proses yang sedemokratis mungkin. Selanjutnya adalah bagaimana interaksi dari Bahasa Analisa SWOT, visi dan misi dapat merumuskan sebuah tujuan yang rill dan terukur dalam perjalanan roda organisasi.

Pengertian Visi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian

J.B. Whittaker

Visi Perusahaan adalah ilustrasi masa depan yang akan dipilih dan yang akan diwujudkan pada suatu saat yang direncanakan

Wibisono

Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakaan cita-cita atau Impian sebuah kelompok atau perusaaan yang ingin dicapai dimasa yang akan datang. Juga dapat diartikan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau Perusahaan. Visi merupakan hal yang sangat sulit bagi Perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka Panjang. Dalam visi kelompok atau orgnisasi terdapat juga nilai aspirasi serta kebutuhan organisasi dimasa depan seperti yang diungkapkan oleh kloter yang dikutip oleh Nawawi, Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang dieskpresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang bisa ditanggulangi, kelompok Masyarakat yang dilayanai, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan tujuan masa depan. Visi yang efektif haru mempunyai karakteristik seperti berikut;

  • magible ( dapat dibayangkan)
  • Desirable ( menarik )
  • Feasible ( realistis dan dapat dicapai)
  • Focused ( jelas )
  • Flexible ( aspiratif terhadap perubahan lingkungan )
  • Communicable ( mudah dipahami )

Kotler

Visi adalah pernyataan tentang cita-cita atau tujuan organisasi yang di ekspresikan dalam bentuk pelayanan yang ditawarkan, organisasi Masyarakat yang dilayani, nilai yang diperoleh serta aspirasi dan tujuan masa depan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Visi peruisahaan adalah pandangan terhadap suatu masalah, wawasan, kemampuan untuk melihat inti persoalan.

Sinamo

Secara ringkas visi adalah apa yang diidamkan organisasi untuk bisa dimiliki atau tercapai dimasa depan. Sedangkan misi adalah dambaan tentang kita ini akan menjadi apa dimasa yang akan datang.

Gaffar

Visi adalah cara pandang yang jauh, dalam dan luas, merupakan cara fikir abstrak yang memiliki kekuatan amat dahsyat dan dapat menembus Sebagian batas-batas fisik, waktu dan tempat.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut diatas visi Perusahaan dapat disimpulkan bahwa visi Perusahaan adalah pandangan jauh ke masa depan, kemana Perusahaan akan dibawa atau gambaran apa yang dinginkan oleh Perusahaan. Visi Perusahaan harus memperlihatkan suatu kondisi ideal tentang masa depan yang nyata, dapat dipercaya, meyakinkan, serta mengandung daya Tarik.

Visi adalah pernyataan yang merupakan sarana untuk:

  • Memperlihatkan framework hubungan antara kelompok orgaisasi dengan sumber daya manusia organisasi, konsumen/citizen, pihak lain yang terlibat,
  • Menyatakan sasaran utama kerja organisasi dalam arti pertumbuhan dan perkembangan
  • Mengkomunikasikan alasan keberadaan organisasi dalam tujuan dan tugas-tugas pokok
  • Pernyataan visi perlu ditfsirkan dengan biak, tidka mengandung multi makna sehingga dapat menjadi acuan yang mempersatukan semua pihak didalam suatu organisasi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan visi

  • Visi harus disebarkan dikalangan kelompok organisasi
  • Visi harus digunakan untuk menyebar luaskan Keputusan dan Tindakan organisasi yang penting
  • Visi harus memberikan panduan atau petunjuk dan motivasi

Syarat dan kreiteria visi perusahaan

  1. Penetapan visi perushaan harus memenuhi persyaratan dan kriteria. Berikut persyaratan dan kriteris visi Perusahaan;
  2. Dapat dikomunikasikan dan dapat dipahami oleh seluruh jajaran didalam organisasi Perusahaan
  3. Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi Perusahaan
  4. Mempunyai nilai yang memang diinginkan oleh jajaran Perusahaan
  5. Wawasan jangka waktu Panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman
  6. Terfokus pada permasalahan instansi Perusahaan agar dpaat beroperasi

Tujuan penetapan visi

Ada beberapa tujuan penetapan visi Perusahaan, yaitu:

  1. Mencerminkan sesuatu yan kana dicapai Perusahaan
  2. Memiliki orientasi pada masa yang akan datang
  3. Menentukan arah dan focus strategi Perusahaan yang jelas
  4. Menjamin keseimbangan kepemimpinan organisasi Perusahaan
  5. Mengakibatkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahan

Rumusan visi yang baik seharusnya memberikan isyarat:

  • Visi berorientasi ke masa depan, untuk jangka panjang yang lama
  • Menunjukan kepastian masa depan yang jauh lebih baik, sesuai dengan norma dan harapan Masyarakat
  • Mampu menjadi dasar dan mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan kea rah yang lebih baik
  • Menjadikan dasar perumusan misi dan tujuan organisasi
  • Visi organisasi harus mencerminkan standar keunggulan dan tujuan yang dingin dicapai

Pengeretian Misi Menurut Para Ahli

Misi adalah pertanyaan mengenai hal-hal yang harus dicapai organisasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dimasa depan. (akdon, 2006:97)

Menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8)

Dalam misi barang dan jasa yang dihasilkan oleh Perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut. Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang diminati oleh Perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut diman mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan.

Menurut Drucker (2000:87)

Pada intinya misi adalah alas an mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, utamanya ditingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis Perusahaan. Jadi perumusan misi adalah realisasi yan akan menjadikan suatu organisasi menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas yang memenuhi kebutuhan, tujuan dan harapan pelanggan.

Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono

Misi adalah rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alas an eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh Perusahaan kepada Masyarakat.

Pernyataan ini merupkan sebuah Kompas yan membantu untuk menemukan arah dan menunjukan jalan yang tepat dalam rimba bisnis sat ini. Tujuan dari pernyataan misi adalah mengkomunikasikan kepada stakeholder, dalam ataupun luar oganisasi, tentang alasan pendirian Perusahaan dan ke mana Perusahaan akan menuju. Rangkaian kalimat dalam misi sebaiknya dinyatakan dalam satu Bahasa dan komitmen yang mudah di mengerti dan dirasakan relevannya oleh semua pihak.