Pengertian Lembaga Pendidikan : Fungsi, Ciri dan Contohnya

Pengertian Lembaga Pendidikan – Membahas Pendidikan adalah membahas tentang bagaimana membentuk karakter seseorang sebagimana yang diinginkan. Sedangkan karakter akan akan terbentuk dari begbagia factor, antaranya ialah lingkungan. Orang berbeda karakternya, diakibatkan karena hidup dan tumbuh dalam lingkungan yanng beda. Peran ligkungan sangat besar dalam membentuk karakter seseorang.

Atas dasar kenyataan itu, maka lingkup Pendidikan harus di tata dan di jaga sehingga terlihat bersih dan rapih. Lingkungan perlu dipandang Sebagian  dari Pendidikan. Lingkungan perlu dijadikan sebgai factor penting untuk membentuk kepribadian anak – anak atau mahasiswa sekalipun, yang belajar disekolah atau kampus.

Lingkungan Pendidikan, selian bersih dan rapih juga harus terjaga keindahannya. Islam mengajarkan tentang kebersihan, kerapihan serta keindahan. Oleh karena itu dilingkungan sekolah tidak boleh menampilkan kekumuhan.

Lembaga Pendidikan informal, formal atau pun nonformal merupakan tempat berbagi ilmu pengetahuan dan budaya. Melalui praktek Pendidikan peserta didik diarhkan untuk memahami Sejarah budaya yang bisa di transformasikan dalam zaman kehidupan yang akan mereka alami serta mempersiapkan peserta didik dalam mneghadapi tantangan dan tuntutan yang ada di dalamnya. Maka, makna pengetahuan dan kebudayaan sering dipaksakan untuk kombinasi karena adanya pengaruh jaman pada pengetahuan jika ditransformasikan.

Pengertian Lembaga Pendidik Secara Umum

Lembaga Pendidikan merupakan Lembaga atau wadah berlangsungnya proses Pendidikan yang disebut belajar mengajar yang dilakukan untuk mengubah tingakah laku indivisu menjadi kea rah yang lebih bagus melalui interaksi dengan lingkungan sekeliling.

Pengertian Lembaga Pendidikan

Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian lembaga pendidikan yang di kemukakan oleh para ahli, berikut diantaranya

Menurut Drs. H. Abu Ahmad dan Dra. Nur Uhbiyati

Lembaga Pendidikan merupakan badan usaha yang bergerak dan bertanggung jawab atas terselenggaranya Pendidikan terhadap peserta didik.

Menurut Enung K. Rukiyati dan fenti Himawati

Lembaga pendidik merupakan wadah berlangsungnya proses Pendidikan yang berdampingan dengan proses pembudayaan.

Menurut Hasbunallah

Lembaga Pendidikan merupakan lokasi berlangsungnya Pendidikan, terkhusus terhadap tiga lingkungan utama Pendidikan ialah keluarga, sekolah dan lingkungan Masyarakat.

Menurut Prof. Dr. Umar Tirtarahardja dan Drs. La Sula

Lembaga Pendidikan merupakan lokasi berlangsungnya proses Pendidikan  yang mencakup Pendidikan keluarga, sekolah dan Masyarakat.

Macam – Macam Bentuk Lembaga Pendidik

Lembaga Pendidikan dibedaga menjadi 3 macam, yaitu;

  1. Lembaga Pendidikan formal
  2. Lembagai Pendidikan nonformal, dan
  3. Lembaga pendididkan informal
  • Lembaga Pendidikan Formal

Pendidikan formal adalah Lembaga Pendidikan yang dilangsungkan di sekolah – sekolah dari sekolah Tingkat dasar sampai perguruan tinggi

Ciri Lembaga Pendidikan formal, sebagai berikut;

  1. Dilakukan dalam kelas terpisah mengikuti jenjang
  2. Ada jangka waktu belajar
  3. Ada persyaratan usia
  4. Ada jangkan belajar tertentu
  5. Proses belajar diataur dengan tertib dan terstruktur
  6. Materi pembeljaran di tata berdasarkan kurikulum dan di jelaskan dalam silabus tertentu
  7. Materi pembelajaran lebih banyak akademis intelektual
  8. Guru mengajar menggunakan metode, media dan urutan tertentu
  9. Ada siste raport, evaluasi belajar atau ijazah
  10. Sekolah memiliki anggaran Pendidikan yang di susun dalam kurun waktu tertentu
  • Lembaga Pendidikan Non Formal

Pendidikan non formal merupakan Lembaga Pendidikan yang dilakukan Masyarakat yang berarti Pendidikan yang dilangsungkan oleh Lembaga luar sekolah atau diluar peguruan tinggi

Ciri Lembaga Pendidikan Non Formal, sebagai berikut;

  1. Program di buat sesuai dengan kebutuhan masyrakat
  2. Materi yang diberikan bersifat praktis
  3. Waktu yang di perlukan singkat
  4. Biaya murah
  5. Usia peserta tidak ditentukan
  6. Jenjang kelas tidak menunjukan tingkatan yang jelas
  7. Kelangsungan kegiatan disusun dengan perencanaan yang baik
  8. Tujuan Pendidikan terarah untuk mendapat pekerjaan
  9. Waktu dan t empat disesuaikan dengan kebutuhan
  10. Muncul karena adanya perubahan yang pesat dalam masyarkat
  • Lembaga Pendidik Informal

Pendidikan informal Ialah Lembaga Pendidikan yang dilaksanakan dalam lingkungan Masyarakat dan keluarga.

Ciri Lembaga Pendidikan Informal

  1. Tidak terkait tempat dan waktu
  2. Tidak terikat jenjang usia
  3. Bisa berlangsung tanpa ada guru atau murid
  4. Tiodak menggnkan motode tertentu
  5. Tanpa menggunakan kurikulum

Fungsi Lembaga Pendidikan

Fungsi Pendidikan menurut horton dan hunt ialah sebagai berikut;

  1. Fungsi manifest Pendidikan
  • Untuk mempersiapkan sebuiah anggota Masyarakat dalam mencari nafkah
  • Untuk mengembangkan sebuah bakat perorangan demi kepuasan pribadi dan begi sebuah kepentingan Masyarakat
  • Untuk melestarikan suatu kebudayaan
  • Untuk menanamkan sebuah keterampilan yang harus dalam partisipasi demokrasi
  1. Fungsi Laten Pendidikan
  • Menurangi Pendidikan orang tua, yaitu dengan adanya pendididikan sekolah, orang tua biasanya melimpahkan tugas dan tanggung jawabnya dalam mendidik kepada sekolah.
  • Menyediakan sarana untuk pembangkangan, yaitu sekolah memiliki sebuah potensi untuk menanamkan sebuahnilai pengembangan di dalam Masyarakat. Hal ini disebabkan oleh tercerminya dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyrakat.
  • Mempertahankan sistem kelas social, yaitu pendididkan sekolah di harapkan supaya bisa mensosialisasikan pada para anak idiknya agar menerima suatau perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada di mayraklat. Sekolah juga diharapkan bisa menjadika penyalur mobilitas siswa ke status social yang jauh lebih tinggi, paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
  • Memperpanjnag masa remaja, Pendidikan sekolah dapat memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih bergantung secara ekonomi pada orang tuanya..

Fungsi Lembaga Pendidikan menurut David Popenoen

  1. Trasminis kebudayaan
  2. Memilih dan mengajar peran social
  3. Sekolah mengajarkan corak kepribadian
  4. Seunver inovasi social

Setriap manusia kana memerlukan untuk duniawi atau pun Pendidikan akhirat.

Contoh Lembaga Pendidikan Formal

Berikut adalah beberapa contoh dari lembaga pendidikan formal, diataranya seperti:

  1. Taman Kanak-kanak (TK)
  2. Raudatul Athfal (RA)
  3. Sekolah Dasar (SD)
  4. Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  5. Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  6. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  7. Sekolah Menengah Atas (SMA)
  8. Madrasah Aliyah (MA)
  9. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  10. Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
  11. Perguruan Tinggi, meliputi; Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi,
    Institut, dan Universitas.

Contoh Lembaga Pendidikan NonFormal

Berikut adalah beberapa contoh dari lembaga pendidikan non formal, diataranya seperti:

  1. Kelompok bermain (KB)
  2. Taman penitipan anak (TPA)
  3. Lembaga khusus
  4. Sanggar
  5. Lembaga pelatihan
  6. Kelompok belajar
  7. Pusat kegiatan belajar Masyarakat
  8. Majelis taklim
  9. Lembaga Ketrampilan dan Pelatihan “AMAL-MAS”

Contoh Lembaga Pendidikan Informal

Berikut adalah beberapa contoh dari lembaga pendidikan informal, diataranya seperti:

  1. Orang tua sebagai lembaga pendidikannya.
  2. Yayasan sebagai lembaga pendidikannya.
  3. Negara sebagai lembaga pendidikannya.
  4. Lembaga-lembaga keagamaan.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai Lembaga Pendidikan : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Contohnya. Semoga penjelasan dari essay.co.id ini dapat menambah wawasan para pembaca, saya ucapkan sekian terima kasih.